TUTORIAL DIY HARRY POTTER THEME (CHARM DEATHLY HOLLOW)

by - July 13, 2016

Apakah kamu penggemar Harry Potter ? Kalo iya, mungkin project berikut ini bisa digunakan untuk mengisi waktu luang kamu. 🤭 Kali ini saya ingin berbagi cara tentang membuat charm Harry Potter, Deadly Hollow dengan bahan material yang sangat mudah ! 

TUTORIAL DIY HARRY POTTER THEME (CHARM DEATHLY HOLLOW)


Bagi penggemar Harry Potter, mungkin sudah tidak asing dengan simbol yang satu ini. Deadly Hollow ! Simbol yang mirip (atau bahkan sama) dengan illuminati. Saya membuat ini, murni sebagai bahan project iseng-iseng ya ? Bukan karena anggota sesuatu. Hihihihu.. 

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN 


Peralatan yang dibutuhkan gak banyak sebenarnya. Cuma butuh 3 bahan utama saja, seperti penjelasan berikut ini : 




  • Wire/kawat atau paperclip. Karena saya tidak memiliki kawat, saya menggunakan paperclip. 
  • Alat bantu potong berupa tang. Saya menggunakan tang khusus untuk craft. Bentuk dan ukurannya lebih kecil.
  • Pulpen/spidol untuk membentuk lingkaran. 

CARA MEMBUAT DEADLY HOLLOW CHARM


Jika bahan sudah tersedia, saatnya kita membuat deadly hollow. Untuk memudahkan langkah membuatnya, penjelasan akan saya bagi menjadi beberapa step ya ? Sekaligus saya akan perlihatnya foto tutorialnya. 

STEP 1




Luruskan paperclip seperti contoh gambar di atas. Akan lebih baik lagi kalo hasilnya lurus sekali, hihi.. berhubung saya gak bisa lurus, saya mengawalinya dengan bentuk seperti ini saja, hahaha..

Buat teman-teman yang menggunakan kawat, tak perlu melewati proses ini, karena bentuk kawat sudah terlihat lurus.

STEP 2




Dengan alat bantu tang, kita buat tekukan seperti contoh gambar di atas. Tekukan tak perlu tajam, cukup miring beberapa derajat saja. Dan hasilnya nanti akan nampak seperti gambar di bawah ini. 




STEP 3


Dengan bantuan tang kita buat sudut pertama seperti contoh gambar dibawah ini :




STEP 4

Dengan bantuan ujung pulpen kita buat lingkaran seperti gambar dibawah ini , pastikan paperclip melilit ujung pulpen supaya lingkaran yang dihasilkan bulat.






STEP 5

setelah berhasil membuat lingkaran seperti diatas , kita lanjut ke step selanjutnya. sejujurnya, saat membuat lingkaran itu saya butuh trial beberapa kali supaya hasilnya sesuai dengan yang saya inginkan, jadi kalo seandainya nanti percobaan sekali gagal, jangan menyerah ya.. ! tetap semangat ! hihi..

step 5 ini kini kita membuat sudut kedua , langkahnya sama seperti cara membuat sudut ke 1 . dengan bantuan tang , kita tarik ujung paperclip yang panjang ke atas, dan bertemu dengan ujung paperclip lainnya.

hasilnya seperti gambar dibawah ini :


STEP 6

step ke 6 adalah membuat tekukkan ke bawah, seperti contoh gambar. caranya, sisa paperclip sudut kedua kita letakkan dibawah sisa paperclip sudut 1 , lalu kunci sisa paperclip sudut pertama dengan menarik sisa paperclip sudut kedua ke bawah.
hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :








STEP 7

step ke 7 , setelah posisi ujung paperclip ke 2 berada dibawah, seperti gambar diatas, kita tarik kembati sisa paperclip ke atas dengan cara membengkokan ke belakang sehingga mengunci bagian bawah paperclip.
gambar diwah ini adalah contoh namapk samping setelah ujung paperclip ditarik ke atas lagi.



STEP 8

Step selanjutnya kita membuat lingkaran  yang nantinya berfungsi sebagai pengait. untuk bagian ini memang agak tricky, hihi, tapi percayalah, denagn semangat luar biasa pasti akan berhasil, sebelum bisa membuat lingakaran ini, saya gagal berkali-kali. hihi...



STEP 9

Nah, step ini adalah step tersulit menurut saya , apalagi kalo sisa paperclip sedikit huhuhu.. tips melilitkan sisa paperclip sudut 1 adalah dengan bantuan 2 tang. tang 1 kita pakai di sebelah tangan kiri untuk menahan supaya paperclip mudah dililit ke bagian bawahnya, tang kedua membatu kita untuk melilit sisa paperclip. karena, setelah saya mencoba melilitnya hanya dengan menggunakan ujung jari, paperclip sulit dibengkokkan. mungkin karena jari saya kurang kuat. hehehe..




DAN...

Taraaaaa...

DEATHLY HOLLOW kita sudah jadi. hehe..


gampang-gampang susah ya.. ? hahaha..
kalo ufah jadi charm begini, kita bisa memakainya menjadi bookmarker, gelang, charm kalung, atau yang lainnya. hehhe.. 








Tinggal menambahkan tali panjang dan pengait paperclip, jadi bookmareker deh, hehehe..


'
ataupun kita bisa jadikan gelang seperti contoh diatas. hihi..
maaf ya kalo hasilnya kurang memuaskan, haha.. maklum saya orang yang kurang rapi kalo membuat sesuatu, hihi. tapi saya yakin hasil kalian pasti akan lebih bagus dari punya saya. hihi..

selamat mencoba..

original tutorial DIY nya bisa dilihat disini .

You May Also Like

0 comments