MOLESKINE HACK

Moleskine hack



[ewafebri.com] | MOLESKINE'S HACK.

Moleskine hack.. ? Pernahkah kalian mendengar istilah ini ? hihihi.. Istilah yang cukup aneh untuk sebuah project DIY hahaha.. Dengan istilah ini, kalian bisa membuat kesan personal pada journal kalian loh. 

MOLESKINE'S HACK 


Moleskine Hack sebenarnya adalah cara kita mengubah cover moleskine menjadi lebih personal. Kita tahu beberapa cover Moleskine memiliki tema gambar yang berbeda-beda. Ada yang Snoopy, ada yang Starwars, ada juga yang Le Prince

Biasanya harga Moleskine dengan tema khusus juga gak kira-kira, Muahaal. Padahal kadang kita pingin banget memiliki Cover Moleskine dengan selera kita sendiri. Inilah yang kemudian membuat saya untuk mengacak-acak Cover Moleskine sesuai dengan keinginan sendiri. 

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat Moleskine sesuai dengan keinginan (Project DIY) di antaranya : 

COLLAGE


Moleskine Cover hack




Buat kalian yang hobi tempel-tempel sticker kayak saya, bisa juga mengubah cover moleskine kamu yang polos dengan menghiasinya sesuai dengan keinginan. Gak hanya dengan sticker, kalian juga bisa memanfaatkan mixed media. 

Barangkali contoh di atas memang kurang menarik, hahaha.. tapi setidaknya bisa dijadikan referensi aja. hihihi.. maaf ya Gaez, selera seni saya memang acak adul. hahaha... 

PAINTING

Moleskine Cover Painting
Moleskine dengan Hardcover



Moleskine memiliki 2 jenis cover, soft dan hardcover. Untuk bisa membuat lukisan di atasnya sebagai kesan personal, kalian harus memilih jenis sampul yang Hardcover.  Karena bahan yang digunakan lebih tebal sehingga bisa menyerap cat acrylic maupun cat air dengan lebih baik.

Untuk hasil maksimal, pastikan memproteksi lukisan yang sudah kalian lukis. Sehingga lebih aman, terutama jika terkena cipratan air atau semacamnya. Untuk material cat yang digunakan, kalian bisa menggunakan cat berbahan dasar air (waterbased) seperti acrylic, aquarelle, gouache maupun tempera. 

LEATHER COVER


Leather Cover For Moleskine



Buat kalian yang suka dengan kesan klasik dan vintage, bisa banget loh moleskinenya dilapisi sampul yang terbuat dari kulit. Saya sendiri pernah mempratikkannya dan membuatnya sendiri. Hasil DIY project. hihihi.. 

Saya membeli lembaran kulit dan menjahitnya secara manual. Ternyata gak semudah bayangan saya. Hahaha.. Apalagi bahan yang saya gunakan merupakan kulit yang memiliki ketebalan tipis. Hihihi.. Tapi setidaknya, meskipun sekali saya pernah membuatnya dengan tangan sendiri. Hehehe..

Sebenarnya Leather Cover ini dulu saya buat untuk moleskine yang memiliki softcover. Apalagi Moleskine yang di dalamnya memiliki kertas dengan tekstur dotted hanya diproduksi dengan softcover. alias tidak ada pilihan untuk hardcover. Dengan alasan untuk menjaga supaya sampul tidak cepat sobek/rusak, maka saya membuat sampul dari kulit ini. 

Ngomong-ngomong di atas kulit itu saya lukis menggunakan cat acrylic ya. Walaupun gak ada kesan artistiknya, setidaknya gak banyak model cover yang kayak gitu. hahaha... 

KESIMPULAN


Pada dasarnya banyak sekali Moleskine Cover Hack yang bisa kalian temui di luar sana. hahah.. Yang tentunya lebih bagus. Beberapa contoh gambar di atas hanya sebagian kecil yang bisa kalian gunakan untuk gambaran saja. 

Jujur sebenarnya ini adalah postingan yang sudah lama sekali. Saya membuatnya di tahun 2015, hanya saja karena isi dan materinya acak adul, maka saya memutuskan untuk merevisi dan melengkapinya. Supaya yang udah terlanjur mampir ke sini gak kecewa-kecewa amat gitu. Hihihi.. 

Buat kalian penggemar Moleskine, kira-kira cara yang mana yang ingin dicoba untuk membuat kesan personal pada buku kalian ? Yuk share di kolom komentar. hehhe..  Owh iya, hack ini gak cuma bisa buat Moleskine aja loh ya ? kalian bisa menerapkannya untuk merk buku apapun. 

Post a Comment

0 Comments