BOOK JOURNAL

Book Journal



[ewafebri.com] | BOOK JOURNAL. 

Apakah kalian berencana membuat Blog dan mengisinya dengan mereview buku yang telah kalian baca ? Masalahnya kalian bingung bagaimana memulainya padahal sulit sekali merangkai tulisan untuk dijadikan postingan Blog. 

Tenang ! kalian bisa melatihnya dengan membuat Book Journal. Journal yang melatih kalian dalam membuat review buku sebelum dipublis di Blog. 

BOOK JOURNAL 


Bagi sebagian orang menulis review buku itu sulit banget padahal rasanya di kepal kita banyak sekali hal yang ingi diceritakan, yekan ? 

Nah kalo kalian dalam waktu dekat berencana membuat Blog tentan buku tapi merasa kurang percaya diri untuk langsung mempostingnya di Blog, kalian bisa membuat journal khusus buku. 

APA SIH BOOK JOURNAL ? 


Book Journal adalah Journal yang didekasikan untuk merekam semua kegiatan yang kalian lakukan terkait dengan buku. Misalnya mencatat buku apa saja yang pernah kalian baca. 

Mencatat tentang isi / materi buku yang kalian suka, maupun mencatat quote-quote yang kalian anggap menginspirasi. 

MANFAAT BOOK JOURNAL





Buat kalian yang suka banget membaca buku, Book Journal juga bisa berfungsi sebagai dokumentasi pribadi tentang buku yang sudah kalian baca. Berfungsi sebagai tracker sehingga suatu hari jika kalian membutuhkan informasinya, kalian bisa dengan mudah mencarinya. 

Selain itu Book journal juga bisa menjadi media kita untuk belajar membuat review / resensi tentang buku yang sudah kita baca. bahkan tanpa kita sadari, nantinya bisa mengasah kemampuan kita dalam merangkai tulisan. 

Kalian yang suatu hari ingin menjadi penulis atau seorang librarian, bisa banget menggunakan Book Journal sebagai sumber inspirasi di masa mendatang. hehehe.. 

Hal ini juga sangat berguna bagi kalian yang ingin membuat Blog. Kadang saat mereview buku, kita tidak langsung membuat postingan di draft kan ya ? Nah supaya informasi penting yang ingin kalian bagikan dipostingan tidak hilang begitu saja, kalian bisa mencatatnya di Book Journal

STRUKTUR BOOK JOURNAL


Contoh Book Journaling



Ada banyak contoh yang bisa kalian gunakan sebagai referensi ketika ingin membuat Book Journal. Bisa berbentuk tracker atau pun layout seperti contoh yang saya gunakan. 

Hal terpenting yang harus kalian buat adalah The Index. Halaman ini nantinya akan membantu kalian apabila ingin mencari informasi tentang buku yang ingin kalian baca di masa mendatang.  

Sebagai contoh gambar yang saya bagikan ya.. saya membuat struktur isinya sesuai dengan struktur yang ada di Blog saya. Yaitu meliputi : 

  • Informasi tentang bukunya. Dari mulai pengarang, judul, tahun terbit, Blurb dll. Makin lengkap makin bagus. 
  • Mungkin akan menjadi lebih baik apabila kalian juga menempel gambar sampul bukunya, hehehe.. tinggal diprint di atas kertas sticker, dan tempel sebagai pelengkap. 
  • Alasan : sebagai kesan personal, jangan lupa sertakan alasan kenapa kalian membaca bukunya. Nantinya ulasan ini bisa membantu kalian saat menyusun postingan di Blog. 
  • Isi Resensi : saatnya kalian menulis tentang isi / materi buku yang kalian review. Supaya mudah, jangan lupa menerapkan 5W1H. Dengan begitu, ulasan kalian akan lebih menarik dan lengkap. 
  • Impresion / Kesimpulan : selanjutnya tentang impression / kesimpulan yang kalian dapatkan setelah membaca buku tersebut. Apa yang kalian rasakan setelah membaca buku tersebut ? Pelajaran apa yang kalian dapatkan setelah membaca buku tersebut, dll. 
  • Quote / kalimat bermakna/berkesan : mungkin kalian ingin mendokumentasikan kalimat atau quote dari penulis yang sangat menyentuh jiwa, tak ada salahnya kita tulis juga. Hihi.. siapa tahu suatu hari bisa menginspirasi kita.

Poin di atas adalah beberapa topik yang bisa kita tulis dalam membuat Book Journal. Meskipun begitu, isinya tak harus mengikuti yang saya tuliskan ya ? Poin tersebut hanya sebagai referensi aja jika kalian bingung apa yang ingin ditulis. 

COLLECTION 


Terlepas dari struktur penulisannya, kita juga bisa membuat collection seperti halnya di Bullet Journal. Misalnya saja tentang Book To Read, Reading Challnge, Reading Tracker, Kumpulan Quote, Informasi Tentang Penulis, dll. 

Tentang Collection ini bebas ya.. ? Kalian bisa membuat sesuai dengan kebutuhan saja. Yang terpenting informasinya mendukung dan melengkapi informasi tentang buku. 

KESIMPULAN 


Membuat Book Journal pada dasarnya sama saja seperti membuat Journal lainnya. Yang terpenting kita paham tentang struktur yang ingin dibuat dan bagaimana informasi tersebut bermanfaat untuk kita. 

Kira-kira, siapa dari kalian yang pernah membuat Book Journal ? Share di kolom komentar yuk ! Apa aja sih poin yang sering kalian tulis di journalnya ? Dan apa kelebihan Book Journal kalian ? Hehehe.. yuk silakan bercerita, ditunggu ya !
 
 


Post a Comment

0 Comments