7 IDE COLLECTION BULLET JOURNAL UNTUK KESEHATAN MENTAL

Bullet Journal Untuk Kesehatan Mental



(ewafebri.com) | 7 IDE COLLECTION BULLET JOURNAL UNTUK KESEHATAN MENTAL.

Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day. Adakah Journal yang bisa membantu kita dalam menghadapi masalah ini ? Berikut ini saya akan bagikan beberapa contoh collection yang erat berhubungan dengan kesehatan mental. 

7 IDE COLLECTION BULLET JOURNAL UNTUK KESEHATAN MENTAL


Kali ini saya akan membahas tentang Peranan Bullet Journal dalam membantu kita menjaga kesehatan. Tak hanya kesehatan mental , tapi juga kesehatan tubuh kita. 

Seperti yang kita ketahui, dan tak bosan-bosan saya sampaikan, bahwa Bullet Journal memiliki potensi tinggi untuk mengubah kita menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Tak hanya soal fokus dan produktifitas, tapi juga tentang kesehatan tubuh kita. 

Dalam Bullet Journal ada elemen-elemen terpisah yang bisa kita manfaatkan untuk membantu kita menjadi lebih baik lagi, tak hanya soal task dan to do list semata. Elemen yang bisa kita manfaatkan dan optimalkan sesuai dengan kebutuhan kita sebagai penggunanya adalah Collection. 

Dan beberapa Collection berikut ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. 

MEAL PLANNING


Layout atau spread yang berhubungan dengan perencanaan bahan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh kita. Meal planning ini juga bisa membantu kita untuk mengetahui apa saja yang kita butuhkan untuk memasak makanan tersebut. 

Bukan cuma itu, meal planning juga membantu kita untuk memenentukan Bugdet soal kebutuhan makanan. Karena kan kita sudah tahu apa saja yang akan kita butuhkan sesuai planning kita.

Dengan Meal Planning kita juga bisa ngetrack , gizi dan kandungan apa saja yang kita konsumsi dalam makanan kita. Akan ketahuan apa kita kebanyakan mengkonsumsi salah satu sumber makanan atau tidak. Misalnya, ternyata kita mengkonsumsi karbohidrat lebih banyak atau tidak seimbang dengan sumber makanan lainnya. 

EXERCISE LOG


Buat yang menjaga kebugaran tubuh, bisa menggunakan tracker ini. Gerakan apa saja yang sudah kita lakukan ? Dan berapa kali normalnya melakukan olahraga. Ingat segala sesuatu yang berlebihan juga gak baik. Misal saking pingginnya kurus, kita seharian olah raga terus-terusan sampai gak peduli tubuh kita lelah atau tidak terforsir. Dengan adanya tracker kita bisa mengatur hal tersebut.

Exercise log juga bisa membantu kita lebih fokus menjalankan olahraga tertentu. Misalnya kita ingin mengecilkan bagian tubuh tertentu, kita bisa membuat tracker tentang apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengecilkan bagian tersebut.

Bukan cuma itu, Exercise log juga bisa menjadi Reminder buat kita, sudahkah hari ini kita olah raga ? Hihi..

SLEEP TRACKER


Jangan dikira masalah tidur ini hal yang sepele ya Gaes. Meskipun kelihataannya cuma gitu-gitu aja, tapi ternyata waktu istirahat kita itu ngaruh banget sama performa kita sehari-hari.

Jika tubuh kurang istirahat tentu akan menyebabkan lelah luar biasa, sementara kalo kebanyakan tidur juga bikin males luar biasa. Bahkan kadang malah bikin kepala pusing Gaes. Jadi ya mau gak mau memang harus istirahat yang cukup.

Nah, Sleep Tracker ini bisa membantu kalian dalam mengetrack apakah tubuh kalian perlu istirahat atau justru kebanyakan mager ? Hihi.. Jika kalian sudah menegetahui hasilnya, misalnya minggu ke 44 kalian kurang tidur, tentu ada penyebabnya kan ? Oh.. ternyata tanpa kita sadari kita sedang mengalami tekanan stress, nah dari analisa ini kita jadi bisa mencari solusi terbaik untuk tubuh kita.

HEALTH TRACKER


Buat teman-teman yang memiliki masalah kesehatan dan harus mengecek masalah tersebut secara rutin, kalian bisa membuat tracker tentang kesehatan kalian. Dari mulai minum obat, mengetrack tekanan darah, mengkontrol gula darah dll. Sesuaikan dengan kebutuhan kita. Bisa juga tentang meminum obat-obatan yang harus diminum setiap hari.

GRATITUDE LOG




Gratitude Log barangkali hal yang berhubungan dengan kesehatan mental kita. Meskipun bukan tidak mungkin akan berhubungan dengan  penyakit jasmani. Dengan melakukan gratitude log, kita bisa terhindar dari penyakit jasmani bahkan hypocondriac sekalipun. Karena otak kita sering diasupi dengan hal-hal yang positif, sehingga apa yang muncul dalam diri kita adalah hal yang positif juga.

Seringkali kita akan terselamatkan dari penyakit yang sangat serius karena kita memiliki pikiran yang positif dalam menghadapinya. Tidak mudah putus asa dan Ikhlas dalam menghadapinya.

NUTRITION TRACKER


Bagi yang ingin menjaga pola makan atau diet, kalian bisa memanfaatkan Nutrition tracker untuk mengkontrol nustrisi yang kita konsumsi. Dari mulai pilihan bahannya hingga berapa banyak yang harus dimakan atau tidak.

Bisa juga, dengan adanya nutrition tracker ini, kalian bisa membuat paduan campuran bahan makanan yang bisa dikonsumsi secara bersamaan. Sehingga nutrisinya gak terlalu berlebihan dan juga bisa menemukan alternatif lain soal makanan.

THE SELF CARE IDEAS


Bullet journal For Mental Health


Pernah nonton Red Table Talk ? , Saya terkesan dengan pernyataan Jada Pink Smith yang mengatakan, sebelum membuat orang lain di sekitar kita bahagia, lebih dulu kita harus membahagiakan diri sendiri. Bagaimana mungkin kita bisa membuat orang lain bahagia, sementara kita dalam keadaan terluka ? Dalam Episode terbarunya dengan Leah Ramini, Will Smith juga menuturkan " Hurt People Will Hurt People ". Yup.. untuk menciptakan lingkungan yang bahagia, terlebih dahulu kita harus bahagia.

Caranya dengan peduli akan diri kita sendiri. Peduli dengan jasmani dan kesehatan mental kita. Dan tentu saja aware dengan yang terjadi dalam diri kita. Dengan begitu kita mencari solusi jika ada masalah.

Penerapan Self Care ini sebenarnya gak sulit kok. Kita hanya perlu berinteraksi dan berkomunikasi dengan tubuh kita sendiri. Misalnya, saat kita merasa sangat lelah, jangan paksa tubuh kita bekerja. Karena hanya akan memperkeruhnya. Atau dengan merawat tubuh kita setiap hari. 

Memberikan nutrisi yang cukup pada kulit dan tidak mengeksploitasi kerja tubuh secara berlebihan (ini yang terjadi dengan saya belakangan, karena pikiran tidak tenang , badan jadi gak karuan).

YEAR IN PIXELS


Salah satu collection yang paling sering dibuat oleh para Bullet Journalist adalah Year In Pixels. Tapi ada yang unik tentang collection yang satu ini, karena setiap Bullet Journalist memiliki kategori yang berbeda-beda. 


Apa sih sebenarnya Year In Pixel ? 


Year in pixels adalah collection Bullet Journal yang berbentuk tabel (ada kolom dan baris) dan digunakan sebagai tracker dalam kurun waktu satu tahun penuh. Dalam Year In Pixel, seorang Bullet journalist  bisa memiliki kategori yang berbeda-beda tergantung keinginannya. Akan tetapi umumnya seorang Bullet Journalist merekam/tracker tentang kondisi emosinya. 

Marah, Stress, Bahagia, Sedih, dll merupakan berbagai kondisi emosi yang seringkali digunakan sebagai kategori. Untuk membedakannya, setiap emosi diwakili dengan warna yang berbeda. Di Akhir tahun inilah nantinya kita bisa melihat kondisi emosi kita dalam bentuk pixel warna-warni.

Collection ini bisa digunakan untuk merekam jejak emosi. Dengan cara ini kita akan bisa mengetahui emosi yang seperti apa yang mendominasi hari-hari kita. Jika kita sudah mengetahuinya, apabila emosi jelek yang lebih mendominasi maka kita menentukan cara untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu Year In Pixel sangat lekat dengan masalah kesehatan mental. 

Meskipun begitu, Year In Pixel juga bisa kita gunakan untuk men-tracker aspek-aspek dalam hidup kita (tidak hanya emosi). Misalnya saja kalian bisa mengganti kategori emosi dengan aspek kehidupan seperti spiritualitas, ekonomi, pendidik, keuangan, kebahagiaan, dll. 

KESIMPULAN 


Memiliki jiwa dan tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Masalahnya kesehatan ini tak sekedar bonus yang mudah kita dapatkan. Kita juga harus mengusahakannya supaya kesehatan tersebut bisa kita miliki. 

Hal yang paling saya suka dari Bullet Journal adalah potensinya dalam membantu usaha kita untuk menjadi lebih baik lagi. Tak hanya tentang to do list saja tapi juga bisa mencatat hal yang menjadi atensi kita. 

Bagaimana ? apakah kalian tertarik menggunakan ide-ide collection ini ? hehehe.. Silakan dicoba ya !



Post a Comment

0 Comments