TIPS MEMBUAT COVER BUKU KEREN DENGAN CANVA

TIPS MEMBUAT COVER BUKU KEREN DENGAN CANVA



[ewafebri.com] | TIPS MEMBUAT COVER BUKU KEREN DENGAN CANVA
.

Membuat cover buku yang keren, bakal berdampak besar. Semakin apik desainnya, tentu semakin banyak pembaca tertarik dan membayangkan isi buku yang menggugah. Ingin tahu tipsnya seperti apa? Simak bersama-sama lewat artikel ini kuy!


TIPS MEMBUAT COVER BUKU KEREN DENGAN CANVA



Cover buku adalah sampul paling depan yang tugasnya melindungi isi buku per halaman. Namun, fungsi sebuah cover tak hanya sampai situ. Ia turut menjadi penarik minat seseorang saat hendak membaca atau membeli sebuah buku. 

Ia harus jelas, menyajikan desain yang mudah diingat, serta mewakili isi lewat teks-teks singkat yang bikin penasaran. Baik dijual secara komersial atau disebarkan pada situs seperti Wattpad, terapkan tips membuat cover buku yang keren sebagai berikut... 

Tips Membuat Cover Buku Keren

Buat kalian yang berencana membuat Ebook atau Zine, trus kemudian ingin membuat cover bukunya, Kalian bisa memanfaatkan aplikasi tercinta kita semua, yaitu Canva. hahahha.. Berikut ini saya bagikan beberapa tips membuat cover buku keren dengan canva.

1. Pilih Template Cover Buku 


Tips pertama membuat cover buku adalah memilih template cover buku yang paling sesuai. Hal tersebut bisa dilihat dari seperti apa isi buku, kategorinya, dan lain-lain. Anda dapat memilih template cover buku pada sejumlah platform desain terkini, sebagai contoh Canva. 

Coba satu per satu jenis cover buku agar tidak keluar konteks. Sebagai contoh, buku fiksi bakal menggunakan template atau layout yang lebih imajinatif dan liar, sementara cover buku non-fiksi pada umumnya tampak lebih formal dan menonjolkan kekuatan teks. 

2. Pasang Gambar Terbaik 


Beberapa penulis biasanya menggunakan gambar seperti foto untuk ditaruh pada sampul buku. Jika kalian hendak mengikuti cara ini, pasanglah gambar terbaik yang mampu mewakili pesan. Lebih bagus lagi jika gambar tersebut memiliki resolusi besar dan tidak pecah. 

Pelajari buku dengan genre yang berbeda. Semisal pada buku horor, ia menggunakan gambar yang gelap, menakutkan, serta mencekam. Jika buku romantis, ia dikemas secara ringan serta penuh gambar mesra seperti hati dan bunga-bunga. Intinya, pilihlah gambar sesuai konteks. 



3. Warna Juga Harus Mendukung 


Kita juga bisa mengubah skema warna gambar apa pun secara mudah pada platform desainnya loh. Namun pertanyaannya, apakah warna yang kita pilih sudah tepat ? Merumuskan warna tak kalah pentingnya dengan gambar. Semakin tepat, tentu semakin berpengaruh pada emosi pembaca. 

Masih sejalan dengan contoh di atas. Buku horor identik dengan warna-warna kelam seperti hitam, biru tua, hingga merah darah. Sementara buku romantis, erat kaitannya dengan warna segar seperti pink, kuning, putih, dan lain-lain. 

Setiap warna membangkitkan emosi universal tertentu, itulah sebabnya genre tertentu biasanya menggunakan paletnya sendiri. Ambil gambar yang bagus dan jadikan lebih kuat dengan menambahkan warna yang kuat. 

4. Sertakan Kutipan Teks yang Bikin Penasaran 


Pada laman sampul paling depan, biasanya buku melibatkan testimoni dari tokoh besar agar menarik minat pembaca untuk membelinya. Namun jika tidak ada, kita bisa kok menambahkan kutipan yang diambil dari buku atau buah pemikiran sendiri. 




Sementara buat laman sampul belakang, beri ringkasan sekitar dua sampai tiga paragraf yang mampu mewakili isi buku. Jika itu adalah buku fiksi, tekankan kisah unik di dalamnya. Sementara buku non-fiksi, beri penjelasan mengapa buku ini penting dibeli. 

5. Fokus pada Emosi, Bukan Detail 


Banyak penulis terlalu fokus dengan detail sampul buku, namun ia mengabaikan emosi. Padahal, detail belum tentu menjadi kunci ketertarikan orang lain. Beri kekuatan detail, khususnya judul yang singkat, padat, dan jelas. Warna, font, dan desain mesti bisa berpadu dengan baik. 

KESIMPULAN


Itulah tadi tips membuat cover buku keren dan mampu menarik minat pembaca. Baik untuk dijual ataupun sekadar hobi. Meskipun begitu, kita mesti total dalam menciptakan desain sampul buku berkualitas. Yekan.. ? hehehe.. 


Post a Comment

0 Comments