BOOK REVIEW | JEANETTE INGOLD - PAPER DAUGHTER

by - June 24, 2019

book review by ewafebri


Book review kali ini adalah Paper Daughter karya Jeanette Ingold. Cover cukup menarik. Apakah isi bukunya menarik juga ? Mendingan baca reviewnya yuk ! Hihi.. 

BOOK REVIEW | JEANETTE INGOLD - PAPER DAUGHTER 


book review paper daughter

⭐⭐⭐




JUDUL : PAPER DAUGHTER
PENULIS : JEANETTE INGOLD
GENRE : YOUNG ADULT FICTION
TAHUN PENERBITAN : 2010
ISBN :   9780544104846
JUMLAH HALAMAN : 229
BAHASA : INGGRIS


BLURB




Maggie Chen was born with ink in her blood. Her journalist father has fired her imagination with the thrill of the newsroom, and when her father is killed, she is determined to keep his dreams alive by interning at the local newspaper.

While assisting on her first story, Maggie learns that her father is suspected of illegal activity, and she knows she must clear his name. Drawn to Seattle’s Chinatown, she discovers things that are far from what she expected: secrets, lies, and a connection to the Chinese Exclusion Era. Using all of her newspaper instincts and resources, Maggie is forced to confront her ethnicity—and a family she never knew.


THE REASON I READ 


Saya membaca buku ini karena pemberian seorang teman. Kebetulan dia hobbi membaca dan banyak memiliki buku yang sering direkomendasikan ke saya. 

CHARACTER 


Maggie Chen adalah putri seorang jurnalis yang sangat dihormati. Gara-gara sang Ayah, ia mulai bermimpi menjadi seorang journalis juga. Maggie membuktikan mimpinya dengan bekerja di The Herald. Kantor pemberitaan terkenal yang memberikan kesempatan padanya untukm di musim panas.

Tanpa Maggie sadari, ia terlibat pada sebuah investigasi yang tentang kegiatan illegal yang dilakukan oleh pejabat setempat. Dan tanpa ia duga, ia menemukan keterkaitan ayahnya dengan kegiatan ilegal tersebut.

" A Mysterious death, a web of lies, and family from secret pas "

Stephen Chen adalah nama sang ayah. Ia mendadak meninggal dunia dengan cara misterius. Selama menjadi journalis, sang ayah menyimpan banyak rahasia dan kebohongan yang membuat Maggie tak percaya. 

Benarkah sang Ayah terlibat kegiatan ilegal tersebut ? Apakah kebohongan dan rahasia sang ayah berhubungan dengan kegiatan legal tersebut ? Hmmm... 

MY IMPRESSION



review buku paper daughter


Membaca buku ini rasanya banyak yang harus saya korbankan. Waktu, pikiran, bahkan rasa nyaman. Karena membaca paper daughter membuat saya jadi kebingungan. 

Alur cerita bolak-balik membuat saya struggle dalam membaca buku ini. Butuh pemahaman yang tinggi untuk mencerna apa sebenarnya yang sedang terjadi.

Mungkin penulis ingin menawarkan plot yang lain dari yang lain. Memang benar, tapi sayangnya berujung pada kebingungan. Saya tidak bisa menikmati alurnya dengan lancar layaknya wavin ( air mengalir sampai jauh). Halaaah.... !

Beberapa chapter saja rasanya membuat saya ingin menyerah. Kalo gak inget lagi pingin nyuksesin reading challenge, mungkin buku ini saya tinggal gitu aja. Hahaha.. 

Untungnya cover buku ini bagus, hihihi.. Desain dan tektur kertasnya saya suka (paperback). Ini menjadi salah satu nilai positif dari buku ini.

Hal lain yang membuat saya tetap melanjutkan membacanya adalah rasa penasaran akan keterlibatan Ayahnya dalam kegiatan ilegal tersebut.

Sebagai pecinta buku yang mengangkat tema-tema investigasi, saya selalu berusaha membacanya hingga akhir, meski kadang ceritanya berasa tanggung. Biar gak penasaran sama endingnya aja. Hahaha.. 

WHAT I LEARN 


Membaca buku ini tuh harus sabar, teliti dan penuh imajinasi. Kalo tidak, kalian butuh 1 kali baca lagi (reread) untuk memahami apa yang terjadi. 🤭

Penilaian ini sifatnya subyektif ya Gaes. Tapi jujur, setelah membaca buku ini saya hanya mendapatkan rasa hampa di relung hati. Gak ada jejaknya gitu. Duh... ! 


FAV. QUOTE




paper daughter quote


Mungkin ini hanya terjadi di saya aja. Bahkan sangat sulit untuk mendapatkan quote yang nendang 🤣🤣. Ealaaah... 

Review saya bukanlah hasil mutlak ya Gaes. Hanya saja menurut saya buku ini gak masuk kategori berkesan. Toh kenyataannya review buku ini di Goodread juga bagus kok. Saya aja yang mungkin kurang punya sense humour yang baik.

RECOMMENDATION 





Sejujurnya buku ini jauh dari ekpektasi saya. Unsur investigasi yang ingin ditonjolkan dalam buku ini tadinya menjadi hal yang saya tunggu-tunggu. Tapi sepertinya tak sesuai bayangan saya.

Terima kasih sudah membaca review ini. Jika ingin mendapatkan sensasi berbeda, saya rekomendasikan untuk membaca buku ini. Tapi jika tak ingin buang-buang waktu, kalian bisa mencari rekomendasi buku lainnya di halaman ini.

HAPPY READING !

You May Also Like

0 comments