BOOK REVIEW | JULIE ANNE P - BY THE TIME YOU READ THIS, I'LL BE DEAD !

by - May 27, 2019

by the time you read this i'll be dead book review


Ingin membaca buku yang mengangkat isu tentang Bullying dan Self awareness ? Buku ini bisa menjadi pilihannya. Tapi harus diperhatikan, saat membaca buku ini, saya sarankan ketika kita sedang dalam keadaan jiwa yang sehat. Supaya tak tergelincir pada solusi yang salah. 

BOOK REVIEW | JULIE ANNE P - BY THE TIME YOU READ THIS, I'LL BE DEAD !



review buku by the time you read this, i'll be dead

⭐⭐⭐⭐⭐



JUDUL : BY THE TIME YOU READ THIS, I'LL BE DEAD
GENRE : YOUNG ADULT
TAHUN PENERBITAN : 2009
ISBN :   9781423116189
JUMLAH HALAMAN : 200
BAHASA : INGGRIS


BLURB


Daelyn Rice is broken beyond repair, and after a string of botched suicide attempts, she’s determined to get her death right. She starts visiting a website for “completers”— www. through-the-light.com. 

While she’s on the site, Daelyn blogs about her life, uncovering a history of bullying that goes back to kindergarten. When she’s not on the Web, Daelyn’s at her private school, where she’s known as the freak who doesn’t talk.

Then, a boy named Santana begins to sit with her after school while she’s waiting to for her parents to pick her up. Even though she’s made it clear that she wants to be left alone, Santana won’t give up. And it’s too late for Daelyn to be letting people into her life... isn't it?

National Book Award finalist Julie Anne Peters shines a light on how bullying can push young people to the very edge.


THE REASON I READ


Alasan saya membaca buku ini karena terprovokasi oleh judulnya. Tadinya saya berfikir ini tentang kisah cinta yang berakhir membuat putus asa. Bukan kisah kehidupan seseorang secara general.

Sejujurnya saat membaca buku ini perasaan saya seolah campur aduk (bahkan sampai mual). Ada rasa marah, kesal, sedih, dan penasaran yang tinggi.

Apalagi saat si penulis menggambarkan setiap kejadian dengan bahasa yang terlalu terang dan gamblang. Saya tak menyarankan untuk membaca bagi yang memiliki sensitivitas tinggi. Terlalu berbahaya !

CHARACTER


Daelyn Rice adalah remaja putri yang beberapa kali berusaha untuk bunuh diri, meskipun selalu gagal. Keputusasaanya berawal dari peristiwa bullying yang ia alami saat kecil. Rasa percaya diri dan keinginannya untuk hidup perlahan makin sirna. Yang dia pikirkan hanya tentang bagaimana dia menghilang tanpa rasa sakit.

Kegagalan dalam melenyapkan diri tak membuatnya berhenti untuk terus mencoba melakukan tindakan bunuh diri. Bahkan dia selalu mencari metode baru melalui internet untuk melakukan percobaan ke berikutnya. Dia butuh cara cara cepat tanpa rasa sakit.

Santana adalah laki-laki yang teguh untuk terus berusaha berkomunikasi dengan Daelyn, meski ia seringkali dikacangin tapi tetep gak menyerah begitu saja. 

Kadang butuh orang-orang seperti Santana dalam hidup kita, Orang yang mengingatkan harapan baru tentang kehidupan. Orang yang tak mudah menyerah pada keadaan. Orang yang menebarkan virus positif di atas kebencian. 

MY IMPRESSION



tenor.com


[WARNING ALERT !] Membaca  buku ini mengingatkan saya tentang kasus yang menimpa seorang komedian beberapa tahun lalu. Saat itu sang komedian terlibat kasus narkoba dan melakukan aksi nekat saat di tangkap. Contoh aksi yang pernah ia lakukan j itu, menjadi salah satu bahasan serius dalam buku ini. 

Pun buku ini juga menyoroti tentang dampak kasus bullying. Bullying adalah istilah yang belakangan ini makin santer di sosial media. Beberapa kasus bullying bahkan menelan korban jiwa. 

Keinginan menyudahi hidup sering kali menjadi pilihan para korban bullying. Sangat disayangkan perilaku bullying ini terus merajalela di dunia maya dan nyata. 

Bahkan sebagian orang menganggap bullying ini dalam kategori bercanda. Padahal bagi korban, ini bisa menjadi acuan untuk melakukan kekerasan pada diri sendiri.


quite by the time you read this i'll be dead



Saat kalian akan membaca buku ini pastikan diri kita dalam keadaan aware. Karena salah mempersepsikan ceritanya justru membahayakan diri kita sendiri. 

Gaya penulisan Julie Anne yang terkesan terlalu gamblang "raw" dan apa adanya, justru bisa membuat sebagian orang terprovokasi untuk melakukannya. 

Ingatlah apapun alasannya, menyakiti diri bukanlah solusi yang tepat. Selain merugikan diri sendiri, juga membuat sedih orang di sekitar yang mencintai kita. 

WHAT I LEARN


Penting bagi kita semua terutama orang tua untuk memberikan waktu luangnya mendengarkan keluh kesah anaknya. Setiap keputusan yang diambil, jangan lupa untuk mempertimbangkan keinginan sang anak. Karena beberapa menit saja, mampu merubah kehidupan seseorang selamanya.

Cara berpikir orang yang menjadi korban bullying tentu berbeda. Saya pun dulu begitu. Setiap hal yang ada seolah merupakan petaka buat kita. Amat disayangkan juga, umumnya kasus bullying justru bermula dari ruang lingkup keluarga.



by the time you read this i'll be dead quote



Perasaan tak percaya diri, terabaikan, pesimis dan insecure sudah menjadi santapan sehari-hari. Karena bagi saya (dulu), tak ada orang yang bisa dipercaya, kecuali diri sendiri. Dan ketika saya tak lagi mampu menolong diri sendiri, di situlah putus asa mulai menghantui. 

Buku ini salah satu alasan saya untuk mengubah diri dan belajar tentang self development. Karena buku ini juga akhirnya membawa saya pada aktivitas journaling hingga saat ini. 


FAV. QUOTE


  
bullying book by the time you read this i'll be dead


Penyakit mental memang tak kasat mata. Tak ada bekas luka, tapi tetap saja harus diperhatikan dengan seksama. Beruntung saya diberikan kesadaran secepatnya sebelum rasa putus asa menguasai pikiran saya. 

Jika tak bisa menemukan solusi atas permasalahan kita, ingatlah selalu bahwa Tuhan itu ada. Memintalah perlindungan padaNya, terlebih perlindungan dari pikiran negatif kita sendiri.

RECOMMENDATION 


warning recommendations

Meski saya sangat menyukainya (karena saya kasih bintang 5 hihihi... ). Saya harus berhati-hati soal merekomendasikannya. Karena dampak yang kita rasakan setelah membaca buku ini pada setiap orang berbeda-beda.

Saya tidak menyarankan untuk dibaca saat hati sedang tak karuan. Bacalah buku ini dengan penuh tanggung jawab, karena isinya cukup "raw" bagi sebagian orang.

Pesan saya hanya satu.  Jika kalian ingin membaca buku ini, bacalah hingga akhir ! Jangan berhenti di tengah jalan, supaya tahu pesan moral apa yang tersimpan di dalamnya. 

Terima kasih sudah membaca review ini. Jika ingin membaca review buku lainnya kalian bisa langsung ke halaman ini


HAPPY READING !


You May Also Like

0 comments