TIPS | 7 CARA AMPUH MEMBANGKITKAN PRODUKTIFITAS KAMU !

by - September 09, 2018


Bullet Journalist Indonesia
Boost Productivity 



Menjadi produktif itu perlu usaha dan niat yang kuat gaes, apalagi dijaman serba digital seperti sekarang ini. Setiap ada waktu luang 2 menit saja, tanpa sadar kita scrolling media sosial. Lebih parahnya 10 menit setelahnya kita tetap masih dalam keadaan scrolling. Hihi.. 

Walhasil, kerjaan numpuk ! Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara supaya kita tetap berada dijalur produktif. Apa saja ? Berikut ulasannya :


7 CARA EFEKTIF MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS KAMU !


Ada banyak cara untuk meningkatkan produktifitas kamu, tapi 7 cara dibawah ini adalah  cara efektif yang pernah saya lakukan dan berhasil membuat saya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hihi..

PLAN (BULLET JOURNAL)


Sebelum saya mengenal Bullet Journal, sejujurnya saya terlalu meremehkan yang namanya " Perencanaan atau Planning ". Dulu, pas ngeliat Buku planner atau orang mencatat rencananya, dalam hati saya selalu bilang " Ya elah, Gitu doank aja pake dicatet, ngabis-ngabisin kertas aja !". Saya baru sadar, bahwa dengan planning sebenernya kita sedang merangsang otak kita (Brainstorming) tentang hal yang (tanpa sadar) kita anggap lebih prioritas untuk dikerjakan dibandingan dengan kerjaan lainnya.


Bullet Journalist Indonesia
Planning Time 


Pada proses planning biasanya kita akan berfikir tentang  " hal mana dulu yang harus saya kerjain nih ? ", dibandingkan dengan pekerjaan yang bisa menunggu giliran dikerjakan. Hihi.

Ada beberapa manfaat yang kita peroleh dengan kegiatan planning. Manfaat ini saya rasakan setelah saya menggunakan Bullet Journal sebagai sistem planning saya.

  • Lebih Fokus terhadap pekerjaan
  • Menyadari mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu (prioritas)
  • Kerja gak grusa grusu (terburu - buru) , karena kita sudah tahu apa yang kita kerjakan.
  • Bisa menikmati progress yang sedang kerjakan. Jadi rasanya kerjaan kita gak sia-sia, karena kita bisa merasakan apa saja yang sudah dan mampu kita selesaikan. Sering merasakan kayaknya kerjaan gak kelar-kelar kan..? Mungkin itu karena kita gak pernah menyadari seberapa banyak hal yang mampu kita selesaikan.
  • Lebih produktif tentu saja ! 


SETUP GOAL


Membuat Goal bisa menjadi salah satu motivasi untuk membuat kita makin produktif. Dengan adanya Goal memudahkan kita untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai. Misalnya : Goal Minggu adalah Viewer Blog 10.000. Dengan mengetahui goal yang ingin kita capai, kita jadi bisa menentukan langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mendapatkan Viewer 10.000 dalam seminggu.


Buat batasan waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah kalian daftar. Misalnya, Jam 8 pagi sampai jam 9 pagi, ngerjain pekerjaan rumah (beberes), jam 10 sampai jam 11 bikin draft Blog, jam 2 siang sampai jam 4 sore ketemu klien, dst.     Saran saya pada saat mengerjakan pekerjaan, jauhkan hal yang bisa mengalihkan perhatian kalian. Misalnya notifikasi HP atau chatingan. Hihi.. Dengan meminimalisir gangguan, tentu pekerjaan lebih mudah terselesaikan.     Untuk pekerjaan yang memakan waktu lama dan menjenuhkan, kalian bisa menggunakan teknik Pomodoro. Yaitu Teknik waktu yang memiliki rumus 25 menit Kerja , 5 menit berhenti untuk Istirahat. Jika butuh waktu lebih lama lagi, kalian bisa menambahkan waktu istirahat menjadi 15 menit, setelah melakukan rumus yang pertama 2 -  3 kali berturut-turut.
Weekly Goals !



TO DO LIST 


Nah.. Kalo sudah mengenal yang namanya Planning, maka kita gak asing dengan yang namanya To Do List. Alat yang paling ampuh untuk meningkatkan produktifitas kita. Sebelum saya menjadi Bullet Journalist aktif, saya membuat daftar pekerjaan di secarik kertas untuk membantu saya lebih fokus dalam menyelesaikan semua task. Isi To Do List saya, mulai dari yang sepele sampai yang urgent. Setelah itu saya membuat daftar To Do List, biasanya saya memberikan label pekerjaan. Mana yang Regular, Important, Urgent

Untuk pemula, mungkin aktivitas ini terasa sulit. Sebelum mengenal planning dan bullet journal, saya bahkan merasa sangat kesulitan untuk membuat daftar pekerjaan. Karena bingung memulainya dari mana.. hahhaa.. Nah supaya teman-teman tidak mengalami hal seperti yang terjadi pada saya, saya akan memberikan tips mudah gimana menyusun To Do List.


  • Ambil kertas dan tulis semua yang ada dipikiran teman-teman saat itu. Dari yang mulai sepele banget (pingin ngupil misalnya * ya kale :))) *), sampai hal yang paling darurat. Lakukan sebanyak yang kalian mampu tulis. (Saat pertama kali saya buat, saya butuh 3 lembar kertas kosong yang kemudian saya isi dengan hal yang mustahal hahaha.. susah gaes kalo gak biasa)
  • Dari catatan kertas yang sudah kalian hasilkan, pilih pekerjaan atau kegiatan yang ingin kalian selesaikan dalam kurun waktu 1 minggu ke depan, dan tulislah dikertas lainnya. 
  • Berdasarkan catatan yang ingin kalian selesaikan dalam satu minggu kedepan, kelompokan kedalam pilihan HARUS, PENTING dan SEPELE (BIASA) aja. Hihi.. atau kalian bisa juga menggunakan kode Urgent ! , Important , dan Reguler. Istilahnya terserah kalian. Bebas...
  • Selamat kamu sudah memiliki (To Do List) daftar pekerjaan atau hal yang akan kalian kerjakan selama 1 minggu kedepan. Berdasarkan To Do List itu , sekarang kalian bisa memilih hari yang tepat untuk menyelesaikan daftar pekerjaan tersebut. (Kalian bisa memilih 3 prioritas pekerjaan (atau lebih) dalam satu hari. Bisa 2 jenis pekerjaan berkategori berat , 1 pekerjaan berkategori lebih ringan ataupun sebaliknya) 
  • Kerjakan pekerjaan yang berkategori berat atau memakan waktu lama, terlebih dahulu dibandingkan pekerjaan yang membutuhkan waktu lebih singkat. Kerjakan disaat energi kalian masih besar (misalnya pagi hari). 

Kalo kalian sudah mulai bisa beradaptasi menggunakan sistem planning, sudah saatnya kalian memutuskan untuk menggunakan Bullet Journal ! Biar hidup kalian bisa membahana.. Hahaha.. 

TIME BLOCKING


Buat batasan waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah kalian daftar. Misalnya, Jam 8 pagi sampai jam 9 pagi, ngerjain pekerjaan rumah (beberes), jam 10 sampai jam 11 bikin draft Blog, jam 2 siang sampai jam 4 sore ketemu klien, dst. 

Saran saya pada saat mengerjakan pekerjaan, jauhkan hal yang bisa mengalihkan perhatian kalian. Misalnya notifikasi HP atau chatingan. Hihi.. Dengan meminimalisir gangguan, tentu pekerjaan lebih mudah terselesaikan. 

Untuk pekerjaan yang memakan waktu lama dan menjenuhkan, kalian bisa menggunakan teknik Pomodoro. Yaitu Teknik waktu yang memiliki rumus 25 menit Kerja , 5 menit berhenti untuk Istirahat. Jika butuh waktu lebih lama lagi, kalian bisa menambahkan waktu istirahat menjadi 15 menit, setelah melakukan rumus yang pertama 2 -  3 kali berturut-turut.


Buat batasan waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah kalian daftar. Misalnya, Jam 8 pagi sampai jam 9 pagi, ngerjain pekerjaan rumah (beberes), jam 10 sampai jam 11 bikin draft Blog, jam 2 siang sampai jam 4 sore ketemu klien, dst.     Saran saya pada saat mengerjakan pekerjaan, jauhkan hal yang bisa mengalihkan perhatian kalian. Misalnya notifikasi HP atau chatingan. Hihi.. Dengan meminimalisir gangguan, tentu pekerjaan lebih mudah terselesaikan.     Untuk pekerjaan yang memakan waktu lama dan menjenuhkan, kalian bisa menggunakan teknik Pomodoro. Yaitu Teknik waktu yang memiliki rumus 25 menit Kerja , 5 menit berhenti untuk Istirahat. Jika butuh waktu lebih lama lagi, kalian bisa menambahkan waktu istirahat menjadi 15 menit, setelah melakukan rumus yang pertama 2 -  3 kali berturut-turut.
Time Blocking (Morning dan evening Routine ideas)

MORNING ROUTINE DAN EVENING ROUTINE


Menciptakan rutinitas dipagi dan sore hari bisa membantumu lebih produktif loh gaes.. !  Buatlah list pekerjaan wajib yang harus kalian lakukan setiap harinya (daily routine). Misalnya Nyapu lantai, minum kopi (hihi), masak, baca kitab suci, journaling, planning, studying dll.

Setelah terkumpul pekerjaan rutin itu kemudian pikirkan mana yang harus dikerjakan pagi hari dan mana yang harus dikerjakan malam hari.

  • Morning routine : nyapu lantai, minum kopi, masak, beberes rumah, Studying, crafting
  • Evening routine : Baca Kitab Suci, Journaling, planning, studying  dll.. 


Kalian bisa menempatkan 2 kegiatan yang sama dalam dua waktu tersebut. Misalnya belajar.. pagi membaca pelajaran yang akan kalian pelajari hari ini (pemanasan 😁) , sore hari mengulang pelajaran atau menyelesaikan tugas atau PR, dsb.

BREAK INTO SMALL STEP 


Bullet Journalist Indonesia
Brainstorming (Mind Map)


Melihat daftar kerjaan kayaknya sumpek banget ya Gaes.. jadi males ngerjainnya nih ! Eiiits.. ! Jangan menyerah dulu gaes. Bikin sumpek, mungkin karena kita melihat pekerjaan tersebut banyak yang harus dikerjakan dan bikin puyeng. Nah , cara saya mengatasi masalah ini adalah dengan memecah pekerjaan tersebut menjadi beberapa langkah.

Yang baru-baru ini saya kerjain adalah Redesign Blog. Yang notobene banyak kerjaan printilannya, iya kan.. ? Nah sebelum saya mengeksekusi Redesign Blog, saya membuat Brainstorming tentang apa saja yang harus saya lakukan. Misalnya :

REDESIGN BLOG 



  • TAMPILAN 
  • SEO
  • CONTENT 


TAMPILAN 



  • SIDEBAR
  • STATIC PAGE
  • PAGE LIST
  • LABEL
  • HEADER
  • MOBILE VERSION
  • WIDGET, dll.

SEO 


  • OPTIMASI IMAGE
  • OPTIMASI CONTENT
  • OPTIMASI KEYWORD 
  • SETUP GOOGLE ANALYSTIC
  • SEARCH CONSOLE, dll


CONTENT 


  • CATEGORIES
  • BLOG CONTENT IDEAS
  • BLOG PLANNING SYSTEM (SCHEDULING)
  • RESEARCH , dll



Bullet Journalist Indonesia



Nah, jika kita sudah tahu step-step yang ingin kita lakukan, saatnya mengeksekusi pekerjaan. Misalnya dimulai dengan ngerjain Tampilan. Bagian Sidebar apa saja yang ingin kalian tampilkan dan perbaiki ? Widget apa saja yang harus ditampilkan , ukuran widgetnya, color palete sidebar, tata letak / layout. Editting kode html. dsb.


Bullet Journalist Indonesia
Planning Time


Masukkan brainstorming tersebut kedalam Planning kalian, dan tentukan kapan waktu yang tepat untuk dijalankan. Jika sudah selesai beri tanda dan lanjut ke pekerjaan berikutnya. Dengan cara begitu, kita jadi lebih fokus mau ngerjainnya yang mana ? Sekaligus kita bisa melihat progress , apa saja yang sudah kita kerjakan. Hehe.. Terakhir jangan lupa bersyukur, tentang pencapaian yang kalian dapat hari itu. Misalnya , bersyukur udah bisa utak-utik kode html, yang biasanya gak pernah dilakukan. Itu pencapaian loh Gaes.. sudah sewajarnya kita bangga dan bahagia. Hihi..

ISTIRAHAT CUKUP


Dari sekian banyak rutinitas yang sudah kalian kerjakan, jangan lupa untuk istirahat yang cukup (jangan kekurangan apalagi kelebihan " itu mah mager, hahaha"). Usahakan untuk mensetup waktu tidur dan mematuhinya. Misalnya jam 10 malam atau jam 11 malam harus tidur. Jam 5 pagi bangun dan mulai beraktivitas dengan melakukan morning routine. Atau jika punya waktu untuk istirahat siang lakukan ( maksimal 1 jam-an atau  bisa kurang bisa lebih tergantung schedule masing-masing). Selebihnya pergunakan untuk aktivitas normal.

Jika Bunda yang memiliki bayi atau anak, mungkin akan berbeda juga ya ? Yang pasti aturlah aktivitas bunda dengan baik.


Bullet Journalist Indonesia
Weekly overview


Tips khusus dari saya (yang mengerjakan semuanya tanpa bantuan si embak) : 



  • Saya biasanya mencuci pakaian 2 sampai 3 kali seminggu. Sengaja gak saya kumpulin full satu minggu, supaya gak berasa capek.
  • Disela-sela waktu 2 - 3 kali mencuci itu, saya selipkan schedule untuk menyetrika pakaian yang sudah kering. 
  • Hari libur saya gunakan untuk kerjaan beberes rumah (ngepel atau Konmari). Dan nglakuin pekerjaan hobbi.
  • Nyapu, ngrapiin kamar tidur, meja kerja dll, saya lakukan setiap hari (saya masukkan ke morning routine dan evening routine). Dengan begitu saat libur kita bisa mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan waktu paling lama. Misalnya mengeksekusi project sampingan, crafting, jalan-jalan atau quality time bersama keluarga.


Itulah 7 cara efektif untuk meningkatkan produktivitas kamuh.. Dari 7 daftar diatas, yang paling utama adalah Niat Gaes.. ! Hahaa.. karena 7 list diatas tetap gak akan berhasil, kalo kalian tak punya niat untuk mengerjakannya. 

Terkesan rumit ya gaes, tapi kalo sudah menjadi lifestyle biasa aja kok. Sebagai peringatan (halaaah) hahha.. waktu terberat menjalankan habit (kebiasaan) tersebut adalah Satu Bulan pertama. Kalo gak terbiasa, rasanya nyiksa banget Gaes.. Tapi jika kita sudah bisa beradaptasi, manfaatnya mulai terasa. Jangan menyerah ! Karena manfaat yang kalian daat nantinya luar biasa. Hihi... 

Karena setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda, saat kalian membuat planningpun pasti berbeda-beda. Disesuaikan sama kebutuhan kita aja ya.  Baiklah, sekian dulu tips produktif dari saya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 


HAPPY PLANNING !


You May Also Like

6 comments

  1. Wah keren banget mbk. Aku juga sering bikin to do list, tapi gk sebagus ini. Menginspirasi. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak.. bisa mulai coba Bullet Journal mbak , biar makin kece.. hehhe..

      Delete
  2. Mbaaaaaaaaaaaaak bagus banget catatannya super rapi dan terstruktur abis. saya biasanya cuma to do list di sticky note biasa, trus dibuang.
    jadi pengen bikin bullet journal kayak giniii. Makasih mbak sudah sharee menginspirasi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbaaak.. hihi biar makin greget hidup kita ya.. ❤️❤️❤️

      Delete
  3. Keren, aku suka baca blog postnya ini dan berharap bisa seorganized itu tiap harinya hehehe.. So far yang agak sukses baru bikin point2 to do list kerjaan per hari pake Google Keep; rasanya puas kalo udah bisa centang semua listnya di penghujung hari ^^

    Thank u for sharing this ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. terima kasih mbak.. ❤️ , Rasanya bersyukur ya bisa mnyelesaikan tugas hari itu 😁 .. lega..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏