BULLET JOURNAL INDONESIA | PRE-SETUP 2017


Bullet Journalist Indonesia
Bullet Journalist Indonesia


Tidak terasa kita sudah memasuki penghujung tahun ya ?.

2016 adalah tahun yang luar biasa buat saya, ada begitu banyak peristiwa yang saya pelajari dan syukuri, baik itu buruk maupun baik, kalo saya tulis disini satu persatu , 1 minggu rasanya tidak cukup, hihi.. (lebay ... " masih jaman istilah lebay kan ya ? hihi, biar tetep kekinian")



Yang paling signifikan adalah perubahan tingkah laku, manajemen waktu, produktifitas dan semuanya mengarah ke arah yang lebih baik.
bullet journal benar-benar merubah hidup saya, diawali dengan penasaran tentang bullet journal, berlanjut dengan iseng-iseng mencoba dan berakhir dengan merasakan manfaatnya, hehe..

Sebenarnya saya pernah mencoba menggunakan metode planner yang berpatokan pada to do list dan event saja tapi entah kenapa justru saya jatuh cinta dengan sistem bullet journal ini. (padahal sebenarnya sama saja ya..? hahaha )mungkin karena sifat bullet journal yang fleksibel dan modular, saya selalu mempunyai rasa penasaran untuk mencoba terhadap suatu komponen atau modul yang baru, dan yang pasti hal yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Dan jika ada beberapa modul yang gagal , jangan kuatir, you're not alone. hihi.. entah berapa banyak modul yang saya coba dan gagal, tapi tetep asyik-asyik aja. hihi..

Setahun sudah saya menggunakan sistem ini dan dampaknya memang luar biasa sekali, nah tahun depan saya juga ingin tetap menggunakan sistem ini, belum bosan soalnya. hahaha..

Dan berikut ini adalah skema ide bullet journal yang ingin saya gunakan untuh tahun 2017, rasanya udah gak sabar buat setup bullet journal untuk tahun baru ya..?
sebelum saya memutuskan apa saja yang ingin saya migrasi di bullet journal tahun ini, saya membuat mind mapping terlebih dahulu. langkah ini membantu saya untuk mendapatkan ide-ide apa saya yang ingin saya gunakan nantinya.


mind mapping bullet journal 2017


Dengan bantuan mind mapping seperti gambar diatas saya bisa mendapatkan gambaran akan seperti apa isi bullet journal saya nantinya (the power of brain storming).

Dan berikut ini garis besar yang ingin saya gunakan dalam bullet journal saya di Tahun 2017 :


1. Goal yang terbagi dalam 1 year goal dan juga monthly goal
2. collection yang meliputi tentang self improvement challange, project ideas, book to read, resep makanan dll (yang belum saya tentukan hihi, mungkin harus bikin mind mapping lagi ini)
3. future log yang terdiri dari calendex dan monthly log
4. rapid log yang penerapannya bisa dikembangkan dalam weekly layout ataupun daily layout.

Saya pribadi belum mendapatkan cara yang pas dalam setup layoutnya , jadi masih sering mencoba merubah layout dari waktu ke waktu dan mencoba beberapa ide layout.

Itulah tadi beberapa hal yang ingin saya coba gunakan untuk bullet journal 2017, buat yang ingin mencoba bullet journal, semoga postingan diatas bisa sedikit membantu mendapatkan ide tentang apa saja yang ingin di terapkan dalam bullet journalnya.

Selanjutnya semoga saya bisa memposting setup sepenuhnya untuk bullet journal di tahun 2017 nanti.

Terima kasih sudah menyempatkan diri singgah disini, silahkan bertanya dikolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan, atau bisa ke IG dan line : ewafebri . 

HAPPY BUJOING !



Post a Comment

2 Comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏