Saturday, November 05, 2016

BULLET JOURNAL INDONESIA : DUOLINGO ( Kursus Bahasa Asing online , gratis !)

hallo there , hehe.. ketemu lagi ya..

semoga gak pernah bosan mampir ke blog saya yang acak adul ini.. hihi..

hari ini saya ingin berbagi pengalaman belajar bahasa perancis dengan hanya menggunakan aplikasi dan gratis (gak gratis-gratis amat sih, karena tetep harus pake kuota. ) hehe.. tapi lumayan kan, kita bisa belajar dimanapun dan yang penting bisa sambil bersenang-senang.

menggunakan bullet journal itu banyak sekali manfaatnya, apalagi jika kita sudah mulai menggunakan a wheel of life sebagai tracker kita dalam menjalani hidup, hihi. bawaannya semangat untuk memenuhi tracker itu dengan hal-hal yang baru.




untuk memenuhi kebutuhan dalam aspek knowledge / pengetahuan , bulan ini saya memutuskan untuk belajar bahasa asing. tujuannya untuk menambah pengetahuan dan wawasan. hehe..
awalnya saya berpikir bahwa belajar bahasa asing itu akan sangat merepotkan, saya harus meluangkan waktu khusus untuk pergi ke tempat les bahasa asing, dan yang pasti saya harus mengeluarkan uang ekstra untuk biaya les ( hihi.. pelit banget), belum lagi kalo harus membayar lagi tiap tingkatannya / ujiannya, apalagi kalo gak bisa-bisa, hihi.. makin stress aja rasanya ya. be;um mulai belajar udah nyerah duluan ini mah judulnya. haha..

Dan beberapa hari yang lalu saya mendapatkan solusinya. yup, belajar dengan cara santai, menyenangkan, bisa dimana saja, dan yang penting gratis. hahaha..
jaman internet seperti sekarang ini memang membuat kita mudah mengakses informasi apapun.
dan daripada saya menggunakan internet untuk nge-share hal-hal provokatif yang sifatnya negatif, berita hoax yang belum tentu kebenarannya, mending saya berbagi pengalaman yang berguna dan menyenangkan. iya kan ... ?

DUOLINGO

Duolingo adalah sebuah website dan juga aplikasi yang menyediakan tempat untuk belajar bahasa asing. dengan cara yang menyenangkan. dalam duolingo ada level yang harus kita lewati seperti layaknya kita main game. dengan model belajar yang seperti ini menurutku lebih menyenangkan dan gak bikin deg-degan. kita juga bisa mengulang levelnya sampai kita paham.

tidak seperti kebanyakan cara belajar bahasa asing di kelas-kelas kursus bahasa asing yang kadang saya sudah terintimidasi lebih dahulu dengan tata bahasanya, dalam duolingo kita diajarkan lewat gambar dan juga suara. jadi kita juga bisa belajar cara pengucapannya juga.

seperti apa duolingo ?

berikut ini beberapa screenshot yang saya sudah buat untuk mengetahui gambaran dari aplikasi ini. bagi pengguna windows phone bisa klik link ini  DUOLINGO .




dalam duolingo ada beberapa pilihan bahasa yang bisa kita pelajari yang kesemuanya adalah bahasa dari benua Eropa (siapa tahu suatu saat nanti saya bisa mengunjunginya, hehe..).



dalam duolinggo juga ada level-level yang harus kita lalui seperti dalam sebuah permainan, untuk membuatnya menarik dan menyenangkan, juga ada bonusnya hehe.. 






nah untuk membuatnya lebih mudah saya ingat dan untuk makin dikembangkan lagi, saya mencatatnya di bullet journal. jadi seolah-olah kayak belajar beneran gitu ya, hahaha.. sayangnya di duolingo belum ada pilihan bahasa asia, seperti jepang, korea atau mandarin. semoga suatu saat nanti ditambahkan bahasanya ya. untuk sementara belajar bahasa yang ada dulu aja ya. hihi.. 

bagaimana saya mencatatnya dalam bullet journal ?  gambar-gambar dibawah ini adalah contohnya. 







supaya lebih menarik lagi , saya tambahkan doodle ewastiker , hehehe... biar makin semangat belajarnya hahaha..




dalam duolingo kita bisa belajar tentang perbendaharaan kata dan juga penggunaan kata tersebut dalam sebuah kalimat, karena itu buat saya penting sekali untuk saya catat supaya saya bisa mengungatnya juga. 




dan kenapa saya menggunakan warna hijau sebagai highlight ? karena warna hijau saya gunakan sebagai simbul warna untuk aspek pengetahuan dalam wheel of life. plus biar seger dimata. hahaha.. 

eits.. tapi ini hanya salah satu alternatif media belajar yang menyenangkan ya, tapi bagaimanapun belajar secara langsung dengan mendatangi tempat les atau kuliah itu lebih bagus dibandingkan hanya belajar otodidak lewat aplikasi seperti ini. hihi.. buat orang yang males dan perhitungan kayak saya, belajar lewat sistem ini lebih menyenangkan sih.
pertama waktu belajar lebih fleksibel dan bisa dimana saja. kedua secara emosional saya lebih santai belajarnya, gak berasa diburu-buru harus bisa (pake banget) , beda kalo bayar ya.. ? hahaha.. 

baiklah, sekalian dulu informasi tentang duolingo. semoga bermanfaat. Hape gak perlu yang mahal, yang penting kita bisa memaksimalkan kegunaannya.

happy weekend.



No comments:

ewafebri newsletter