PIXMA GM2070 REVIEW : PRINTER EKONOMIS UNTUK PENULIS

Pixma GM2070 Review Printer ekonomis

[ewafebri.com] | PIXMA GM2070 REVIEW : PRINTER EKONOMIS UNTUK PENULIS.

Pixma GM2070 adalah printer dari Canon yang tidak hanya handal dalam performanya, tetapi juga memiliki keuntungan tentang efisien biaya alias ekonomis. Seperti apa sih pembahasanannya ? Kok bisa dianggap Ekonomis ? Yuk kita coba buktikan ! hihihi..

PIXMA GM2070 REVIEW : PRINTER EKONOMIS UNTUK PENULIS

Canon Printer Pixma GM2070 Review

Ada gak sih yang masih suka menggunakan buku atau kertas fisik untuk dibaca atau dipelajari, meski sekarang sudah banyak produk digital seperti ebook yang bisa kita akses di mana aja ? Hehehe.. Kalo kalian salah satu pencinta buku fisik, selamat ! Kamu tidak sendiri, karena saya juga suka.

Sejujurnya, meski saya membuat Ebook tetapi saya juga pencinta buku atau tulisan dalam bentuk fisik. Bagi saya yang sering menulis Ebook, format digital menjadi pilihan yang mudah untuk disebarkan dibandingkan dalam bentuk fisik. Terlebih kan ebook yang saya publikasikan sifatnya free download atau gratisan. Kalo saya cetak lebih dahulu tentu akan memakan biaya lebih. Hehehe..

Tetapi juga sebaliknya. Saya tetap membutuhkan buku fisik dalam bentuk kertas untuk beberapa alasan. Jadi ceritanya, beberapa kali saya mengikuti kelas online, di mana para pengajar memberikan file buku digital yang bisa di download. Di sinilah saya membutuhkan buku fisik agar mudah dibaca kapan saja tanpa berlama-lama memandangi layar, pun juga bisa dicorat-coret. Tak hanya itu sebagai penulis saya juga banyak membutuhkan refereni untuk bahan riset, dan bagi saya seorang pengguna kacamata, membaca materi riset dalam bentuk buku fisik lebih nyaman. Pun sekaligus saya memiliki data dalam bentuk hardcopy-nya. Emang boleh separadoks itu ? Hihi.

Alhamdullilah ! Akhirnya saya menemukan perangkat printer asik dan ekonomis yang bisa membantu mencetak buku digital ke buku fisik. Pada dasarnya saya memang tidak terlalu membutuhkan buku fisik yang fancy untuk belajar. Yang saya butuhkan adalah materi pelajarannya. Meski begitu, hasil cetakan yang bagus dan jernih tentu akan bisa membantu proses belajar agar lebih mudah dan lancar. Iya kan ? Dan pilihan perangkat itu, jatuh pada Printer Canon Pixma GM2070.

Ada beberapa alasan mengapa saya tertarik untuk menggunakan Pixma GM2070, di antaranya kita bisa lihat dari segi :

Desain dan Kemudahan Penggunaan


Printer ekonomis Pixma GM2070

Salah satu faktor "mengapa saya tertarik dengan printer ini ?" karena penggunaannya yang mudah. Apalagi penulis amatiran seperti saya ini terkadang membutuhkan perangkat yang ekonomis serta mudah digunakan agar tidak menambah beban pikiran. Hehehe..

Desain Pixma GM2070 terlihat sangat modern dan keren loh. Cocok diletakkan di ruang mana pun bahkan ruang kerja kantor sekali pun. Kapasitas kertasnya juga lumayan besar kan ? Setidaknya bisa mencapai 350 lembar kertas, jadi kita gak perlu ngisi kertasnya berulang-ulang kali. Kecuali memang bahan materi yang kita cetak lumayan banyak banget, hehehe. Pun untuk volume cetaknya bisa antara 150 hingga 1500 lembar agar hasilnya maksimal. 

Udah gitu, kita juga bisa mencetak file dari smartphone dan tablet langsung loh. Kita hanya perlu menggunakan aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY. Jadi enggak perlu ditranfer ke laptop atau PC terlebih dahulu. Asyik kan ? Apalagi zaman sekarang kan kita bisa mengakses file digital hanya lewat smartphone saja, asalkan jaringan internetnya aman. Jadi koneksinya ada dua pilihan gaes, bisa wireless dengan bantuan aplikasi dan juga bisa menggunakan Lan Nirkabel (koneksi langsung).

Buat yang ingin mencetak menggunakan Laptop, baiknya sih sudah menggunakan Windows 10, atau setidaknya sudah di atas Windows 7 ya ? Karena di bawah itu sudah gak bisa lagi. Pilihan setting bahasanya juga lumayan kok, ada sekitar 32 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Kita bisa lebih mudah membaca instruksinya nih. 

Kecepatan dan Kualitas Cetak

Yang kedua faktor kecepatan dan kualitas cetakan. Dengan kecepatan standar ISO (A4) hingga 13.0ipm untuk mencetak warna monokrom hitam dan putih, Pixma GM2070 menawarkan efisiensi waktu yang sangat luar biasa, ya kan ?

Hasil cetakannya juga sangat tajam dan jelas, jadi sangat cocok nih bagi penulis seperti kita yang membutuhkan bahan materi riset. Biar hasil risetnya juga valid, ya kan ? Kalau buram atau gak jelas, takutnya kita salah dalam memahami materi yang disampaikan. Iya gak sih ? Eits, tak hanya itu, Pixma GM2070 bisa juga loh buat dokumen profesional, seperti bikin laporan. surat atau artikel lainnya. Jadi kita bisa memiliki file dokumen yang tajam dan jelas. Dalam sekali cetak waktu yang dibutuhkan antara 9 untuk monokrom hingga 14 detik (untuk berwarna) saja loh. Cepat juga ya ?

Efisiensi Biaya

Rekomendasi printer untuk penulis

Nah ini, faktor yang paling paling penting dan menguntungkan nih. Terlebih bagi freelancer yang mendapatkan gaji tak tentu waktunya, hihihi. Ekonomis adalah jalan ninjaku !  Dengan botol tinta berkapasitas besar, bahkan mampu mencetak hingga 8.300 halaman, membuat Pixma GM2070 menjadi pilihan bagi pekerja rumahan / freelancer ataupun kantor. Kapasitas yang cukup besar ini mampu digunakan untuk jangka panjang, hal ini tentu menghemat biaya operasional ya ? Terkadang kalo kita sering gonta-ganti tinta karena kapasitasnya yang rendah, tentu saja terasa lebih boros kan ? Iya gak sih ? Pasti pekerja lepas seperti saya pernah merasakan derita ini ! Tenang, ternyata Canon punya solusinya.

Gak berhenti sampai di kapasitas saja loh yang bikin ekonomis, karena desain botolnya pun dibuat Anti-tumpah. Desain ujung botol dan wadah yang cukup unik ini mampu mencegah kebocoran tinta saat dituangkan. Bahkan pengisian tintanya bisa langsung berhenti loh jika ujung botol menyentuh permukaan cairan tinta. Wuich ternyata didesain pake rem cakram ya ? hehehe.. Jadi gak mubazir tuh kalo ngisi tinta.

Fitur Tambahan

Fitur Canon Printer Pixma GM2070

Meski dititikberatkan pada hasil monokrom, bukan berarti Pixma GM2070 tidak bisa dicetak untuk dokumen yang berwarna loh. Jadi jangan kuatir kalo kalian ingin hasil cetakan yang berwarna, tetap bisa kok. Selain itu, ada dua cara yang bisa digunakan untuk pengumpanan kertasnya nih. Cara yang pertama, memanfaatkan kaset depan, sedangkan yang kedua menggunakan tray belakang.

Dua cara ini bisa memberikan keuntungan buat kita juga loh. Jadi kita bisa mengisi kertasnya di dua tempat tersebut dengan jenis yang berbeda. Hehehe.. So, kapan pun kita butuhkan kertas yang berbeda, bisa langsung kita gunakan juga. Jenis tinta yang digunakan juga permanent gaes, jadi gak gampang luntur kalau jena air. Aman kan ? Siapa tahu pas kita bikin riset, trus minum air keciprat di atas kertasnya. hihihi.

Untuk harganya sendiri sih saat ini dibandrol kurang lebih 3 jutaan gitu. Tapi dengan biaya operasional yang cukup ringan, saya rasa sih, oke ya ? Kan bisa digunakan "jangka panjang" yang penting, ya kan ? hihi. Nah, gimana ? kalian tertarik untuk mencoba gak ? Siapa tahu uang yang biasanya gak bisa nabung gara-gara sering beli tinta, jadi bisa menyimpan lebih banyak setelah menggunakan Pixma GM2070 ini, iya kan ? Sok atuh buruan dibeli di toko terdekatmu. 

(Credit Images : Illustration by AI, Canon Indonesia)

Post a Comment

0 Comments