INSPIRING PEOPLE | BULLET JOURNALING WITH PLANNERADDICT727


INSPIRING PEOPLE | BULLET JOURNALING WITH PLANNERADDICT727



[ewafebri.com] | INSPIRING PEOPLE | BULLET JOURNALING WITH PLANNERADDICT727

Inspiring People kali ini adalah salah satu Bullet Journalist dari Amerika Serikat. Jadi e-wawancara pun menggunakan bahasa Inggris dengan terjemahan Bahasa Indonesia. 

Today's Inspiring People is a Bullet Journalist from United States. That's Why, i try my best to write this content using both Indonesian language and english. But, first i have to admit that my grammar is not good at all. So pardon my english and correct me if it's wrong. Thank You ! And Enjoy to read it ! 


INSPIRING PEOPLE | BULLET JOURNALING WITH PLANNERADDICT727


Sebenarnya tulisan ini pernah saya publish beberapa bulan yang lalu. Akan tetapi, karena adanya kesalahan, tulisannya jadi menghilang. Nah.. supaya tetap berfaedah dan menginspirasi, saya republish dengan format yang lebih enak dibaca. Hehehe.. 

Well, actually this article had been published several months ago. Due to accidently a mistake, now the article is no longer exist. But.. i think this interview is very inspiring and useful for other, that's why i decide to republish. 


E-INTERVIEW WITH PLANNERADDICT727


Artikel di bawah ini merupakan hasil dari e-wawancara dengan Marcia a.k.a Planneraddict727.

Saya mencoba mentranslatenya menggunakan Bahasa Indonesia. Meskipun tatanannya tidak sama, saya berharap kalian tetap bisa memahami maknanya. Hehehe.. 

PROLOG 





Dear Marcia, 


I am evva , i would like to say Thank you so much, both for your precious time and accepting my invitation to be my blog’s guest. You can’t imagine how happy i am right now. 

Saya evva, Saya ingin mengucapkan terima kasih karena kamu sudah meluangkan waktu dan menerima undanganku sebagai tamu di Blog saya ini. Kamu tidak bisa bayangkan betapa bahagianya saya saat ini.

But first of all, i have to be honest, i am not really good in english, especially grammar. 😁 .. So if i make some mistakes, will you help me to correct my questions ? 

Tapi pertama-tama, saya harus jujur. Bahasa Inggris saya tidak bagus terutama tentang Grammar 😁, jadi apabila nanti ada kesalahan, bersediakah untuk membantu mengkoreksinya ? 😊.

And of course… Today i do need your help to answer these questions. 

Dan tentu saja.. Hari ini saya juga sangat membutuhkan bantuanmu untuk menjawab pertanyaan berikut ini.

Q & A WITH PLANNERADDICT727


E : Before we talk about my favorite (our favorites , maybe hihi..) topic, would you like to tell us about yourself ? And where do you live ?


(Sebelum kita membicarakan tentang topik favorit saya (favorit kita, mungkin), bersediakah kamu menceritakan tentang kehidupan (keseharian) kamu ? Dan dimana kamu tinggal ?)

----------

My name is Marcia, and I was born and raised in Hawaii. I currently live in Northern California. I moved here 14 years ago. I am married, and I have 1 son (23-y.o.) and 2 miniature dachunds.

(Nama saya Marcia, saya lahir dan dibesarkan di Hawaii. Saat ini saya tinggal di California Utara. Saya pindah kesini sekitar 14 Tahun lalu. Saya sudah menikah dan memiliki putra berumur 23 tahun. Dan juga 2 ekor dachund (jenis anjing) kecil.

I work full time for a large health care company as a Trainer. Aside from planning and journaling (and anything related to stationery), I enjoy spending time with my family/friends, traveling, adventures with my husband riding our motorcycles, and getting time in at the target range. 

Saya bekerja sebagai pelatih di salah satu perusahan besar di bidang perawatan kesehatan. Selain planning dan journaling, saya menikmati waktu bersama keluarga dan teman, berpetualang menggunakan motor dengan suami saya, dan memanfaatkan waktu luang yang ada.)


E : I’ve been following your instagram’s for quite sometime. what a beautiful feed… i’ve been so curious , when do you start journaling ? 


(Saya sudah lama mengikuti Instagrammu, feed yang sangat Indah, saya jadi penasaran, kapan kamu memulai journaling ?) - ini sih pertanyaan paling kepoo.. Hihi..

----------


Inspiring people Bullet Journaling Idea With Planneraddict727
Journaling by Marcia


I started journaling....oh...as far back as middle school, I believe. I have always enjoyed writing, planning, scrapbooking, memory keeping, and journaling. So this hobby has been a great platform for me to combine all three of my interests.

Saya memulai journaling, oh.. Sudah lama sekali, saat saya SMA rasanya. Saya selalu menikmati kegiatan seperti menulis, planning, scrapbooking, memory keeping, dan journaling. Jadi kegiatan journaling ini merupakan hal yang tepat untuk menggabungkan semua hobbiku.


E : Have you ever tried many types of journaling (except bullet journal) ? Such as a traditional journal, art journal, junk journal, book journal etc ? And which one is your favorite ? 


(Pernahkah kamu mencoba beberapa tipe journal (selain bullet journal) ? Seperti tradisional journal, art journal, junk journal, jurnal buku dll ? Dan yang manakah favoritmu ?)

----------

Yes! I actually do traditional journaling (I try to do daily), memory keeping, and art journaling. I feel that journaling is a great way to document and revisit memories.

Yaa.. ! Sebenernya saya juga membuat tradisional journal (saya mencoba melakukannya setiap hari), memory keeping dan juga art journal. Saya merasa bahwa journaling adalah cara terbaik untuk mendokumentasikan dan melihat kembali kenangan.

And bullet journaling is an important part of my daily routine. It keeps me organized, focused, and helps me to achieve my goals at work and at home

Dan bullet journal juga merupakan bagian terpenting dari rutinitasku sehari-hari. Dengan bullet journal, semua lebih terorganisir, fokus dan juga membantuku meraih target dalam pekerjaan maupun di rumah.)


Baca juga : Belajar Cat Air Dengan Esperoart

E :  When it comes to the reason why we love journaling, i think we have so many reasons. For me as an example, i start journaling (a traditional journal, like tracking how i feel and etc) and fall in love with it since i knew that journaling is one of the solutions how to keep our mental health. And it helps me a lot. How about you ? What is the reason you love journaling/bullet journal ?


(Ketika kita membicarakan tentang kenapa kita menyukai journaling, kita memiliki banyak sekali alasan. Sebagai contohnya adalah saya. Saya memulai dan mencintai journaling semenjak saya mengetahui bahwa journaling juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan mental kita. Dan terbukti sangat membantu saya. Bagaimana dengan kamu ? Apa alasan kamu mencintai journaling/bullet journal ?)

-------

Journaling by marcia (planneraddict727)



I love journaling because I think it’s a great way to document things you want to remember. I often find myself flipping back through my pages to look things up, and to be able to have a hard copy of things I will always want to remember.

Saya suka journaling karena menurut saya journaling adalah cara terbaik untuk mendokumentasikan sesuatu yang ingin kamu ingat. Bahkan tanpa saya sadari saya sering membolak balik halaman demi halaman untuk melihat-lihat kembali , selain itu, journaling juga bisa menjadi salinan nyata dari rekam jejak kenangan yang ingin selalu saya ingat.

I incorporated bullet journaling when I caught wind of it through social media...and I instantly fell in love with keeping a bullet journal. It allows me to be creative with layouts, and also helps keep things in order. 

Saya mengenal Bullet journal dari sosial media. Dan saya langsung jatuh cinta. Dengan bullet journal saya bisa lebih kreatif sekaligus juga bisa lebih fokus.



bullet journal ideas by planneraddict727
Bujo karya Marcia

Does Bullet Journal or Journaling effect your life ? And How ? 


( Apakah Bullet Journal atau Journaling mempengaruhi hidupmu ? Seperti apa ? )

-------

Absolutely! It helps me remember to do things, and helps to make sure I stay focused and productive throughout my days. I also love that it is a creative outlet for me to come up with different layouts, and to be able to use fun things like stamps, stickers, washi tape, paper die cuts, etc.

( Tentu saja ! Bullet journal membantu mengingatkanku untuk melakukan sesuatu, dan membantuku untuk tetap fokus dan produktif setiap hari. Dan saya sangat menyukainya kerena bullet journal juga bisa menjadi sarana untuk menuangkan kreativitasku terutama saat membuat layout dan menghiasnya dengan benda-benda lucu seperti stamp, sticker, washitape, paper die cuts dll.)


Decorating Using Washitape 


Do you have a perfect time (or an ideal time) for journaling ? And how do you do journaling/bujoing ? (Is it a correct question ?) 😁


( Apakah kamu punya waktu khusus untuk journaling ? Dan bagaimana cara kamu berbullet journal ? ) 

-------

I usually write out my regular, recurring tasks and work schedule at the end of each month for the following month. I really try to stay a month ahead. Then, as the days and weeks go by, I will fill in things as they come up, so I don’t forget anything along the way. 

( Saya biasanya menulis tentang jadwal keseharian, rutinitas pekerjaan dan jadwal kerja pada akhir bulan untuk jadwal kegiatan bulan depan. Saya benar-benar mencoba untuk mengatur jadwalnya selama sebulan penuh kedepan. Kemudian, seiring dengan berlalunya hari dan minggu saya juga mengisinya dengan beberapa hal atau peristiwa yang terjadi saat itu sehingga saya tidak lupa tentang kejadiannya. )

For my journaling, I usually do it at night, after my husband goes to bed. It is a great way for me to unwind, and recap the day’s events. It also helps me stay organized, as I make sure to document important things that happened, as well as to take some time to review the day ahead. This way, I know what to expect the following day as far as for my schedule and tasks. 

( Untuk journaling, saya biasanya melakukannya di malam hari, setelah suami saya pergi tidur. Ini menjadi waktu yang tepat untuk saya mengingat kembali kejadian hari itu. Dan juga cara ini membantu saya untuk tetap terorganisir dalam mendokumentasikan hal penting yang telah terjadi, sekaligus untuk mereview kegiatan untuk keesokannya. Dengan cara ini, saya jadi tahu benar tentang bagaimana jadwal dan kegiatan yang akan saya lakukan selanjutnya. )




You always have beautiful layouts/spreads. Where/how do you get the inspirations ? (I wish i had your skill of beautifulness 😄😄😄)


( Kamu selalu memiliki layout dan spread yang indah. Dimana dan bagaimana kamu mendapatkan inspirasinya ?)

-------

Aww thank you! I love your beautiful and creative layouts as well. So talented! I am inspired by the things that I see on social media - like through Instagram, Facebook, YouTube, and Pinterest. There are so many inspirational people on social media, and I love seeing what other people create. 

( Aww terima kasih ! saya juga suka dengan lauyout kamu yang indah dan kreatif . Sangat berbakat! {ehmm... ini gak mengada-ada loh ya ? 😃}. Saya terinspirasi dari sosial media - seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Pinterest. Ada begitu banyak orang yang inspiratif di sosial media. Saya suka melihat apa yang orang lain kreasikan. )

I also try to come up with things that will work for me and my lifestyle - layouts, habit trackers, etc. And just as I’m grateful and inspired to see what other people share, I enjoy sharing my projects, ideas, and experiences. The online planner and journaling community is amazing. And I love that we have this space to share what we’re doing with people who understand the “addiction”. 

( Saya juga mencoba untuk membuat layout, habit tracker dll, yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan saya. Dan seperti halnya saya bersyukur dan terinspirasi oleh karya orang lain, saya juga senang berbagi project, ide-ide dan pengalaman dengan orang lain. Komunitas planning dan journaling online sungguh luar biasa. Dan saya senang kita bisa memiliki wadah dimana kita bisa berbagi dengan orang lain yang memiliki "kecanduan" yang sama.)



Lettering

What are your essential tools ? Do you have favorite brand of it ? 


( Alat-alat penting apa saja yang selalu kamu miliki ? apakah kamu memiliki merk favorit ? )

-------

I love so many things! Lol! For bullet journaling, my favorite is Taroko Shop Breeze bullet journal notebook - a high quality Tomoe River Paper dot grid notebook, with page numbers. I’ve also recently gotten addicted to the Jibun Techo, that I currently use one for work (A5 slim) and one for my on the go planner (B6 slim). Those have Kokuyo MIO paper, which I’ve come to love. Like tomoe paper, it handles ink and pens very well. 

( Saya suka banyak hal ! haha..! untuk Bullet Journal, favorite saya adalah notebook dari Taroko Shop Breeze - notebook dengan tektur dotted yang memiliki kualitas kertas Tomoe River terbaik dan juga memiliki nomor halaman. Baru-baru ini saya juga kecanduan Jibun Techo , saya menggunakan ukuran A5 slim dan B6 slim yang selalu saya bawa kemanapun. Jibun techo menggunakan kertas kokuyo MIO yang saya sukai. Seperti halnya Tomoe river, kokuyo MIO juga bisa mengadaptasi pulpen dan tinta dengan baik. )

I also like to use a Hobobichi Cousin (for daily journaling). As for supplies, I use a lot of stamps. My favorites include StudioL2E, Mommy Lhey, and Sweet Stamp Shop. The inks I use for my stamps include StazOn, Mommy Lhey, and Versa Magic chalk inks. For lettering, I use Tombow Fudenosuke and Pentel Sign Pens. I letter daily, for practice, and to decorate my pages and layouts. I also like using Zebra Mildliners for highlighting and accenting my layouts and journal entries.

Saya juga senang menggunakan Hobobichi Cousin (untuk journaling setiap hari). Untuk pernak-pernik, saya menggunkan banyak stamp. Tinta yang saya gunakan untuk stamp saya diantaranya StazOn, Mommy Lhey, dan Versa Magic chalk inks. Sementara untuk lettering, saya menggunakan Tombow Fudenosuke dan Pentel Sign Pens. Saya menulis (lettering) setiap hari untuk latihan,dan untuk mendekorasi halaman dan layout-layout saya. Saya juga senang menggunakan Zebra Mildliners untuk highlight dan memberikan aksen pada layout ataupun journal. )

When you are in travelling, what are essential tools of bujo that you must have in your bag ? Or do you always carry a bujo ? Because i do.. 😁😁 


( Ketika kamu dalam perjalanan (bisa liburan ataupun bisnis ya..? ) , apa peralatan bujo yang penting yang selalu kamu bawa ? apa kamu selalu membawa bujo ? karena saya begitu. )

-------

I always carry my on-the-go bujo/planner, a B6 slim Jibun Techo Biz - but aside from that, I just normally carry my pen (my current favorite is a 0.4 Pilot Frixion pen). Since most of my planning and journaling I do at home, I don’t carry any washi or stickers or stamps with me. The only stickers I carry are small icon stickers in my work planner, to use when I take notes in meetings.

( Saya selalu membawa bujo ataupun planner , B6 slim Jibun Techo Biz - tapi selain itu saya hanya membawa pulpen saja. pulpen favorit saya saat ini adalah 0.4 Pilot Frixion pen. Karena saya melakukan planning dan journaling di rumah, saya tidak membawa washi, stiker ataupun stamp. Salah satu stiker yang selalu saya bawa adalah sticker icon kecil untuk planner kerja saya , saya gunakan pada saat saya mencatat di pertemuan. ) 


Stamping Out

And this is the last questions. Do you have any suggestions or tips for newbies who want to try a bullet journal/journaling ? 


( Dan ini adalah pertanyaan terakhir, apakah kamu punya tips untuk yang ingin mencoba journaling ataupun bullet journal ? )

-------

My best tip or advise for newbies is to not think too much about it. Let your creativity flow...be inspired by people who share styles you like. There is absolutely no wrong way to bullet journal or journal. You should try different things to find what works best for you. Different people have different styles, and you should tailor your journal to your own identity. 

( Tips atau saran terbaik saya adalah jangan terlalu banyak berfikir tentang hal itu. Biarkan kreativitasmu berkembang.., carilah inspirasi dari orang-orang yang kamu sukai gayanya. Tidak ada cara yang salah dan benar dalam berbullet journal ataupun journaling. Kamu harus mencoba hal yang berbeda-beda sampai kamu menemukan apa yang cocok untukmu. Setiap orang memiliki gaya yang berbeda-beda, kamu harus membuat journalmu sesuai dengan kepribadianmu sendiri.

Don’t feel bad for trying and not liking things other people swear by. What works for you is what’s important. And we should never forget that. Sometimes we can feel pressure to make things perfect, but if it’s something you created, then that’s what’s perfect for you☺️

Jangan merasa bersalah (takut) untuk mencoba dan tidak menyukai sesuatu yang orang lain sukai, Apa yang berguna dan berhasil untukmu adalah yang terpenting. Jangan lupakan itu ! Kadang kita selalu ingin membuat segalanya menjadi sempurna, tapi jika memang itu sesuatu yang ingin kamu kreasikan, maka itulah hal sempurna untukmu, ) 

-----------------------------------------------

Once again, Thank you so much Marcia for your precious time and energy for us. And please help me to answer those questions. And i hope you won’t be confused with my questions 😁.. Because sometime google translation doesn’t work really well. Hihi.. 

( Sekali lagi, terima kasih banyak Marcia atas waktu dan tenaganya untuk kami. Dan Mohon bantuannya untuk menjawab pertanyaan itu. Saya harap kamu gak bingun dengan pertanyaan-pertanyaan saya, karena kadang google translate gak selalu benar. hihi.. )


Thanks.. Have a nice day.

-----------------------------------------------

Nah, itulah tadi wawancara saya dengan PLANNERADDICT727. kalo teman-teman masih penasaran sama karyanya Marcia, silahkan follow instagramnya. Dijamin suka ! Ada beberapa poin yang saya setuju dengan Marcia, terutama tentang tidak adanya kebenaran mutlak dalam berbullet journal. dan juga tentang definisi kesempurnaan. Apapun yang kamu ciptakan, itulah yang sempurna untukmu.

Terima kasih sudah membaca blog ini, Jangan lupa subscribe dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye !


Post a Comment

0 Comments