DOMAIN BLOG TIDAK BISA DIBUKA


domain blog tidak bisa dibuka



[ewafebri.com] | DOMAIN BLOG TIDAK BISA DIBUKA
.

Pernah gak kalian mengalami domain Blog tidak bisa diakses/dibuka ? Padahal tadinya baik-baik saja. Ini yang terjadi beberapa waktu lalu di Blog ewafebri. Kira-kira apa sih penyebabnya ? Baca sampai akhir ya ? Drama Blogging 2020 pun dimulai, ini lebih seru daripada Blogging war loh. Percaya deh ! hahaha..

DOMAIN BLOG TIDAK BISA DIBUKA


10 Oktober 2020 bagi saya adalah hari panik, bagaimana tidak, mendadak domain ewafebri tidak bisa dibuka / diakses. Bingung dengan apa yang terjadi akhirnya saya mencari jawaban lewat mbah Google. Sayangnya nihil. Tapi saya gak menyerah begitu saja. 

Awalnya saya bingung. kok bisa domain saya mendadak menghilang. Padahal seingat saya tidak ada tindakan ekstrem yang dilakukan sebelumnya. Jangan-jangan ada yang pingin nge-hack ini. Apalagi sebelumnya, saya mendapatkan pesan tentang kode OTP yang terkirim di hape. Wah, ini sih ada yang mau iseng keknya. Hahaha.. 

UPDATE SEARCH CONSOLE


Tapi untungnya sebelum marah-marah membabi buta gara-gara asumsi itu, saya menyadari suatu hal. Huft.. So.. Sebelum Blog ewafebri menghilang dari peredaran, saya melakukan indexing lewat search console. 

Salah satu kebiasaan saya adalah indexing post manual setiap kali satu artikel publish (padahal kan udah pasti di-crawl secara otomatis ya ?). Kebetulan hari itu saya akan mengindex tulisan 4 Rekomendasi Buku Teknik Informatika. 

Saat saya melakukan pengindexan, ternyata salah satu daftar domain property saya mendadak menghilang. Setelah saya cari, ternyata berpindah pada bagian paling bawah, alias di tempat Unverified

Panik dengan apa yang terjadi, saya berusaha memindahlan domain propertynya ke tempat semula. Namun yang sayangnya yang saya dapati justru berita bahwa saya harus memasukkan kode Cname ke DNS management di area CPanel

UPDATE DNS MANAGEMENT


Dengan semangat membara akhirnya saya menuju ke CPanel. Kebetulan saya menggunakan layanan domain dari rumahweb. Dan sebenarnya, ini bukan kali pertama saya blusukan ke Cpanel, tapi entah kenapa hari itu saya melakukan kesalahan fatal. 

Ketika akan membuat New Record sesuai permintaan Search Console, saya membaca sebuah pesan di bagian Clientzone untuk melakukan pengupdatean. Dan tanpa membaca dengan seksama, saya langsung klik tombol update tersebut. 

Setelahnya saya melakukan input new record sesuai dengan kode yang diberikan oleh Search Console. Semua /proses berjalan dengan lancar, hingga saya kembali ke lama Google Search Console. Dan benar saja, domain property saya sudah kembali ke tempat asalnya dan tertulis verified. Huuuft.. Legaaaa ! Hahaha.. 

Setelah itu saya pun melakukan inspeksi url secara manual. Untuk melihat hasilnya, saya mulai mencari di mesin pencarian apakah tulisan saya sudah terindex sempurna oleh Google. hihi.. dan berhasil. Karena link tulisan saya sudah muncul. hehehe.. 

Ngomong-ngomong Request Indexing secara manual kayaknya gak bakalan bisa dilakukan lagi ya ? karena kemarin saya baca tweet dari webmaster bahwa fitur ini akan dihilangkan. Hahaha.. ya mungkin ini ditujukan buat orang-orang yang punya kesabaran kayak saya ini. Dikit-dikit indexing. Hahahha.. 

URL ERROR


Domain Blog Tidak Bisa Diakses



Eitss.. Ternyata drama blogging ini justru baru dimulai. Iseng-iseng saya mengklik url yang muncul di mesin pencarian. Yang membuat saya kaget adalah ternyata Blog saya menghilang alias tidak bisa diakses sama sekali. Lalu kepanikan baru pun mulai menyerang. hahaha.. 

Saya kembali ke Cpanel dan menelusuri apa saja hal yang sudah dilakukan. Kebetulan dalam Cpanel ada 3 layanan domain yang saya kelola. Saya pun mulai mencocokkan satu sama lain, terutama mencari konfigurasi di DNS yang tidak sama. 

Jika ada konfigurasi CName atau new record yang kurang, saya pun menambahkan dengan membuat yang baru. Saya menyamakan dengan konfigurasi domain lainnya. Setelah saya yakin semua sama, saya kembali mengakses Blog. Dan hasilnya ? NIHIL ! Whoaaaaa.. Blog saya ilang !

BANTUAN CS


Masih dengan kepanikan dan kekesalan sama diri sendiri akhirnya saya menggunakan senjata pilihan terakhir, yaitu menghubungi CS rumahweb. Hihihi.. Beruntungnya, meski waktu itu sudah malam, tapi masih ada CS yang membantu saya untuk menyelesaikan masalahnya. 

Sebelum saya diberikan arahan oleh kakaknya, saya menjelaskan lebih dulu tentang permasalahan yang terjadi. Apa saja hal yang sudah saya lakukan pada Cpanel saya, dan apa saja perubahan yang sudah saya lakukan di sana. 

Kemudian kakak CSnya pun membantu saya mengecek tentang history yang sudah saya lakukan di Cpanel. Lalu beliau menjelaskan kenapa Blog saya mendadak tidak bisa diakses. 

Kesalahan fatal tersebut terletak pada, "kesoktahuan saya mengupdate Cpanel yang sudah saya ceritakan di paragraf atas tadi. " hihihi.. Jadi seharusnya saya mengabaikan notifikasi tersebut. 

Mengapa ? 


Menurut penjelasan kakak CSnya, karena penyewaan Domain saya sudah satu paket dengan hosting, seharusnya tidak perlu diubah lagi, karena secara otomatis nameserver tersebut sudah dikonfigurasi oleh rumahweb. Mengubah konfigurasi bisa menimbulkan hilangnya Blog anda dari peredaran. hahaha.. 

Jadi wahai teman-teman saya yang budiman, hihihi.. jangan sekali-kali inisiatif mengubah Nameserver kecuali bertanya dahulu pada ahlinya. Jika tidak, bisa saja membuat Blog kamu hilang dari peredaran. 

Meskipun jeda waktu Blog hilang gak kurang dari 24 jam, tapi tetap saja bikin panik. hahaha.. Apalgi kan saya belum dapet gajian dari Adsense tercintah. hahaha. 

KESIMPULAN


Nah, buat kalian yang mengalami hilangnya Blog secara mendadak, ada baiknya dicek dulu. Apakah kalian melakukan perubahan pada nameserver ? ataukah kalian tanpa sengaja mengklik tombol update pada cpanel ? 

Apabila iya, dan bingung bagaimana mengatasinya, lebih baik langsung hubungi CSnya ya ? Jangan kayak saya sok berinisiatif memeperbaiki sendiri. Yang ada nanti malah banyak kesalahan yang kita buat. Hahaha.. 

Begitulah pengalaman saya menghadapi hilangnya Blog secara tiba-tiba ini. Hihihi.. Panik boleh, tapi jangan lupa, hidup itu harus solutip. hehehe.. 

Apakah kalian pernah mengalami hal serupa juga ? hahaha. Atau kira-kira drama Blogging apa yang membuat kalian panik tak terkira ? hahaha.. Share pengalaman di kolom komentar yuk ! hehehe.. 


Post a Comment

0 Comments