7 TIPS AMAN BERTRANSAKSI ONLINE

by - December 17, 2018

7 Tips aman Bertransaksi online


Jaman sekarang, belanja itu bisa dilakukan di mana saja. Tak perlu pergi ke pasar atau Toko yang menjual produk yang kita inginkan, tapi bisa dilakukan dengan duduk manis sambil pegang handphone saja. Untuk masalah belanja online, saya tipikal yang gak pernah membabi buta. Saya hanya akan belanja online apabila barang yang saya cari sulit diketemukan di area sekitar tempat tinggal saya. Selebihnya, saya lebih suka datang ke ke tempat penjualan barang dibandingan melalui online.

7 TIPS AMAN BERTRANSAKSI ONLINE


Meski berbelanja online relatif mudah dan efisien, tentu kita juga harus memperhatikan keamanan selama berbelanja. Jangan sampai kita terjebak pada penipuan. Kita udah terlanjur tranfer, eh ternyata barang tak tarkirim. Ada beberapa tips yang sering saya gunakan supaya aman bertransaksi online.


7 cara aman Bertransaksi online


BACA REVIEW


Sebelum bertransaksi, budayakan membaca review dari orang lain. Misalnya tentang kualitas barang, sampai tidaknya barang ke konsumen, cara pengiriman dll. Setiap hal yang pernah disampaikan oleh pelanggan lain itu sangat berarti. Teliti sebelum membeli, jangan sampai kita terjebak dalam penipuan hanya karena harga barang cenderung lebih murah dibandingkan tempat lainnya.



BERTRANSAKSI DENGAN SITUS E-COMMERCE TERPERCAYA 


Ada banyak start up e-commerce yang bermunculan. Nah kalian bisa menggunakan jasa Third Party seperti ini untuk bertransaksi. Dengan situs-situs belanja seperti ini, kita relatif aman saat bertransaksi.

Situs Belanja favorite saya diantaranya Tokopedia, Lazada, Shoppe, dan Buka Lapak. Atau jika kalian ingin melakukan transaksi online secara personal, tanpa menggunakan jasa situs online, lakukan juga dengan aman. Misalnya dari akun-akun Instagram atau di  Facebook Market.


7 cara Bertransaksi online
Contoh testimoni dari kak Jagung Manis Jalan - Jalan karena membeli sticker Bowgel 😁


Seperti yang saya sampaikan di atas, jangan lupa untuk melihat review atau testimoni dari akun tersebut. Biasanya akun-akun di Instagram akan memberikan screenshot testimoni di feed mereka atau di Instastory. Nah pastikan kalian melakukan transaksi jika akun tersebut mengunggah banyak testimoni dari para pembeli sebagai acuan kita.

MEMBERIKAN FEEDBACK ATAU REVIEW SETELAH MELAKUKAN TRANSAKSI


Untuk membantu para pembeli lainnya, jangan lupa untuk meninggalkan review, testimoni atau rating bagi pemilik toko online. Dengan begitu kita juga membantu terciptanya transaksi online yang aman.

MENYIMPAN BUKTI TRANSAKSI 


Sebelum bukti transaksi kalian buang, tunggu dulu hingga barang ada di tangan. Dengan begitu kita bisa memiliki bukti apabila terjadi hal yang tidak kita inginkan. Kita bisa melakukan laporan dengan bukti tersebut.

HATI-HATI SAAT MEMBERIKAN INFORMASI PENTING ANDA




Selain berhati-hati tentang bertransaksi, kita juga harus berhati-hati dalam memberikan informasi penting. Biasanya Situs online hanya membutuhkan informasi seperti :

  • Sign up atau daftar pada situs tersebut supaya mudah mengecek transaksi kita
  • Detail barang yang dibeli (jenis dan kuantitinya)
  • Alamat penerima barang yang dituju 
  • Bukti tranfer transaksi kita. 

Jika pihak situs meminta informasi lebih, hati - hati ! Seperti email dan password kita, atau verification code. Jangan diberikan ya Gaes. Hati-hati.. Browsing informasi dulu sebelum memberi. 


LAPORKAN JIKA ADA TINDAK PIDANA


Untuk melakukan transaksi yang aman, jangan lupa untuk melaporkan jika mengalami tindak pidana. Supaya tidak banyak memakan korban, dan membuat jera para pelaku penipuan.

Selain melaporkan langsung ke kantor kepolisian, kalian juga bisa melaporkan secara online melalui situs berikut ini



Atau kalian bisa datang langsung ke Bank atau via telpon dan melaporkan nomor rekening si pelaku penipuan supaya terblokir (blacklist)

TIPS AMAN TERHINDAR DARI KEBANGKRUTAN BERBELANJA


Pas penghujung tahun biasanya banyak situs yang memberikan diskon gede-gedean. Meskipun begitu jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan masalah keuangan. Jangan sampai gara-gara asyik belanja online, kita jadi boros dan tak terkendali. Hihihi..



Berikut ini tips aman terhindar dari kebangkrutan. Hahha.. 


  • Belilah barang yang memang dibutuhkan, jangan yang asal diinginkan. Biasanya jika kita membeli barang yang kita inginkan, buntut-buntutnya cuma nganggur tuh barang. Hihi.  
  • Beli barang yang fungsional dan memiliki nilai atau value, jadi kita gak mubazir gitu rasanya Gaes. Hihihi.. 
  • Sebelum melakukan transaksi jangan lupa untuk memiliki beberapa opsi lainnya, terutama soal harga. Siapa tahu dapet lebih murah. Hahaa.. 
  • Belilah barang yang sesuai kemampuan kita, supaya kita tidak banyak memiliki tanggungan hutang yang menumpuk. 
  • Budayakan menabung sebelum membeli barang, hahhaa.. supaya kita memiliki budget khusus dan tidak menggunakan budget keperluan yang lainnya. 

Begitulah beberapa tips aman bebas kebrangkutan versi ewafebri. Hahaha.. Selain aman aman bertransaksi online, juga kita lebih aman dari masalah finansial. Karena kadang kita lupa diri jika menghadapi yang namanya Diskon. Hahha.. Soo... jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik ya.. ? Hehe.. salam..  

Selamat Bertransaksi Gaes... !

You May Also Like

23 comments

  1. aku pernah kena tipu. huhuhuhu..
    lagi cari barang yang agak susah emang sih. terus ada penjual yang jual, biasanya udah sold out kan. nggak tahunya dia nipu. beli di lazada padahal. sebelumnya nggak pernah bermasalah beli di lazada, ini kok kayak gini. jadi agak kapok beli di lazada lagi. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan saya yang baru sempet balas ya Gaes.. Gak nyangka challenge ini menguras energi. Alhamdulilah kelaar. Bisa blogwalking tanpa tekanan. Haha.. Saya Lazada alhamdulilah baik-baik aja mbak. Asal belinya yang banyak bintangnya.

      Delete
  2. Sejauh ini transaksi online saya baru satu hp dan satu baju LOL ;) itupun bajunya sesak ... tubuhku kenapa jadi begini hiks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. saya kalo elektronik malah pede-an beli di tempatnya langsung mbak. Haha.. ngeri-ngeri sedap kalo beli online. Hihi

      Delete
  3. Wah terima kasih informasinya,, kadang bertransaksi online itu rawan penipuan...tapi ada juga yang jujur kak

    ReplyDelete
  4. mbak ev, bikin stiker kroninya bowgel dong...
    ngko aku belanja oleng lagi ke dirimu... hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iya nie.. teman-temennya juga harus di bikin kayaknya. Kyaaa !

      Delete
  5. Sejauh ini, masih aman transaksi online. Soalnya kalau mau belanja online, sering berrtanya ke saudara yang suka belanja one

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. penting ada rekomendasi dulu supaya gak terjebak penipuan.

      Delete
  6. Pernah ketipu 2x di IG, dan kapok deh abis itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah saya aman. Belinya yang ada testimoninya mbak. (Ya walaupun bisa saja editan, hihi.. )

      Delete
  7. Saya jarang belanja online mba, kecuali emang butuh banget.
    Alhamdulillahnya, karena saya gak gampang percayaan ama orang, saya lebih suka belanja dari ecommerce yang terkenal dan jualan barang sendiri.
    Misal beli baju di Hijup, beli make up di Oriflame, udah percaya deh dengan keasliannya.

    Kalau beli di e-commerce lainnya kayak Shopee kadang deg-degan, tapi Alhamdulillah udah 5 kali beli melalui Shopee selalu memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. selama barang masih gampang dicari di sekitar rumah mah saya belinya di Toko Fisik. Kalo susah, nah baru. Hahaha..

      Delete
  8. baru tahu akun buat laporan, makasi yaa

    aku kalo mo belanja malah kebanyakan baca review, trus galau maju mundur mo beli apa enggak, haha.

    eia itu si bowgel meni kiyuutt :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. ada ternyata mbak yang online juga. Tapi semoga kita dijauhkan dari tindak penipuan. ❤️

      Delete
  9. Tumben mb ew blom nyampe hari ke 29...

    Klo ngeolshop biaanya aku ceki cekinya di label mn yg star seller mana yg ga, trus yg bintangnya byk pa ngga nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa lelaah aku tuh mbak. Hahha.. barangkali karena udah mau berakhir, boleh sedikit santai. Haha..

      Delete
  10. Mantaaaap nih sampe tips aman dari kebangkrutan juga adaaa hahaha..ini paling penting nih menabung sebelum membeli. Susah diterapkan kalo pegang kartu kredit, selalu pengennya gesek dulu pay later ckckck...*ngomong ama diri sendiri, ditoyor netijen* 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa.. salah satu alasan saya takut punya kartu kredit itu, Boros ! Saya bukan tipikal yg pinter mengelola uang. Jadi harus mau gak mau punya batesan 🤣🤣🤣

      Delete
  11. Kalu belanja online, saya cenderung Belanjanya pilih ke lapak yang sudah dikenal karena rekomendasi teman. tapi kadang ya tertarik juga mampir ke berbagai lapak, terutama kalau ada gambar-gambarnya yang lucu macam kartunnya bogwel ini. Pinter banget sih , mbak buat tokoh kartunnya. sukaaa

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏