7 TIPS AMAN BERTRANSAKSI ONLINE

by - December 17, 2018

7 Tips aman Bertransaksi online


Jaman sekarang, belanja itu bisa dilakukan di mana saja. Tak perlu pergi ke pasar atau Toko yang menjual produk yang kita inginkan, tapi bisa dilakukan dengan duduk manis sambil pegang handphone saja. Untuk masalah belanja online, saya tipikal yang gak pernah membabi buta. Saya hanya akan belanja online apabila barang yang saya cari sulit diketemukan di area sekitar tempat tinggal saya. Selebihnya, saya lebih suka datang ke ke tempat penjualan barang dibandingan melalui online.

7 TIPS AMAN BERTRANSAKSI ONLINE


Meski berbelanja online relatif mudah dan efisien, tentu kita juga harus memperhatikan keamanan selama berbelanja. Jangan sampai kita terjebak pada penipuan. Kita udah terlanjur tranfer, eh ternyata barang tak tarkirim. Ada beberapa tips yang sering saya gunakan supaya aman bertransaksi online.


7 cara aman Bertransaksi online


BACA REVIEW


Sebelum bertransaksi, budayakan membaca review dari orang lain. Misalnya tentang kualitas barang, sampai tidaknya barang ke konsumen, cara pengiriman dll. Setiap hal yang pernah disampaikan oleh pelanggan lain itu sangat berarti. Teliti sebelum membeli, jangan sampai kita terjebak dalam penipuan hanya karena harga barang cenderung lebih murah dibandingkan tempat lainnya.



BERTRANSAKSI DENGAN SITUS E-COMMERCE TERPERCAYA 


Ada banyak start up e-commerce yang bermunculan. Nah kalian bisa menggunakan jasa Third Party seperti ini untuk bertransaksi. Dengan situs-situs belanja seperti ini, kita relatif aman saat bertransaksi.

Situs Belanja favorite saya diantaranya Tokopedia, Lazada, Shoppe, dan Buka Lapak. Atau jika kalian ingin melakukan transaksi online secara personal, tanpa menggunakan jasa situs online, lakukan juga dengan aman. Misalnya dari akun-akun Instagram atau di  Facebook Market.


7 cara Bertransaksi online
Contoh testimoni dari kak Jagung Manis Jalan - Jalan karena membeli sticker Bowgel 😁


Seperti yang saya sampaikan di atas, jangan lupa untuk melihat review atau testimoni dari akun tersebut. Biasanya akun-akun di Instagram akan memberikan screenshot testimoni di feed mereka atau di Instastory. Nah pastikan kalian melakukan transaksi jika akun tersebut mengunggah banyak testimoni dari para pembeli sebagai acuan kita.

MEMBERIKAN FEEDBACK ATAU REVIEW SETELAH MELAKUKAN TRANSAKSI


Untuk membantu para pembeli lainnya, jangan lupa untuk meninggalkan review, testimoni atau rating bagi pemilik toko online. Dengan begitu kita juga membantu terciptanya transaksi online yang aman.

MENYIMPAN BUKTI TRANSAKSI 


Sebelum bukti transaksi kalian buang, tunggu dulu hingga barang ada di tangan. Dengan begitu kita bisa memiliki bukti apabila terjadi hal yang tidak kita inginkan. Kita bisa melakukan laporan dengan bukti tersebut.

HATI-HATI SAAT MEMBERIKAN INFORMASI PENTING ANDA




Selain berhati-hati tentang bertransaksi, kita juga harus berhati-hati dalam memberikan informasi penting. Biasanya Situs online hanya membutuhkan informasi seperti :

  • Sign up atau daftar pada situs tersebut supaya mudah mengecek transaksi kita
  • Detail barang yang dibeli (jenis dan kuantitinya)
  • Alamat penerima barang yang dituju 
  • Bukti tranfer transaksi kita. 

Jika pihak situs meminta informasi lebih, hati - hati ! Seperti email dan password kita, atau verification code. Jangan diberikan ya Gaes. Hati-hati.. Browsing informasi dulu sebelum memberi. 


LAPORKAN JIKA ADA TINDAK PIDANA


Untuk melakukan transaksi yang aman, jangan lupa untuk melaporkan jika mengalami tindak pidana. Supaya tidak banyak memakan korban, dan membuat jera para pelaku penipuan.

Selain melaporkan langsung ke kantor kepolisian, kalian juga bisa melaporkan secara online melalui situs berikut ini



Atau kalian bisa datang langsung ke Bank atau via telpon dan melaporkan nomor rekening si pelaku penipuan supaya terblokir (blacklist)

TIPS AMAN TERHINDAR DARI KEBANGKRUTAN BERBELANJA


Pas penghujung tahun biasanya banyak situs yang memberikan diskon gede-gedean. Meskipun begitu jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan masalah keuangan. Jangan sampai gara-gara asyik belanja online, kita jadi boros dan tak terkendali. Hihihi..



Berikut ini tips aman terhindar dari kebangkrutan. Hahha.. 


  • Belilah barang yang memang dibutuhkan, jangan yang asal diinginkan. Biasanya jika kita membeli barang yang kita inginkan, buntut-buntutnya cuma nganggur tuh barang. Hihi.  
  • Beli barang yang fungsional dan memiliki nilai atau value, jadi kita gak mubazir gitu rasanya Gaes. Hihihi.. 
  • Sebelum melakukan transaksi jangan lupa untuk memiliki beberapa opsi lainnya, terutama soal harga. Siapa tahu dapet lebih murah. Hahaa.. 
  • Belilah barang yang sesuai kemampuan kita, supaya kita tidak banyak memiliki tanggungan hutang yang menumpuk. 
  • Budayakan menabung sebelum membeli barang, hahhaa.. supaya kita memiliki budget khusus dan tidak menggunakan budget keperluan yang lainnya. 

Begitulah beberapa tips aman bebas kebrangkutan versi ewafebri. Hahaha.. Selain aman aman bertransaksi online, juga kita lebih aman dari masalah finansial. Karena kadang kita lupa diri jika menghadapi yang namanya Diskon. Hahha.. Soo... jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik ya.. ? Hehe.. salam..  

Selamat Bertransaksi Gaes... !

You May Also Like

23 comments