5 TIPS MEMBUAT SLIDE PRESENTASI MENARIK

tips membuat slide presentasi yang menarik



[ewafebri.com] | 5 TIPS MEMBUAT SLIDE PRESENTASI MENARIK
.

Pernah gak sih kalian diminta membuat slide presentasi padahal belum pernah membuatnya ? Udah gitu deadlinenya mepet banget lagi. Ini yang saya alami beberapa waktu lalu. Untung saya punya trik jitu untuk solusinya. Dan seperti biasa, saya akan bagikan ke kalian semua, hihihi.. 

5 TIPS MEMBUAT SLIDE PRESENTASI MENARIK


Buat kalian yang sudah bekerja ataupun masih sekolah, terkadang kita dituntut tak hanya berbicara di depan umum, tapi juga mesti melengkapi diri dengan dengan data atau informasi dalam bentuk visual. Hal ini yang membuat kita juga harus memiliki kemampuan dalam membuat slideshow untuk presentasi.

Video slide show yang baik, mesti mampu menonjolkan aspek penting yakni estetika dan informasi. Keduanya harus saling berkesinambungan dan tak berlebihan. 

Pertama, estetika mencakup tampilan visual. Meski untuk kebutuhan presentasi kerja ataupun tugas kuliah, slide show harus melibatkan aspek kreativitas yang enak dipandang saat menampilkannya lewat proyektor. 

Kedua, aspek informasi. Setelah menciptakan desain slideshow yang menarik, jangan lupa untuk tetap konsisten dalam menyampaikan informasi penting lewat tayangan slide. 

Slide show bisa menjadi elemen kunci dalam sebuah presentasi. Baik memberikan laporan, materi public speaking, hingga proses pitching klien, usahakan untuk membuat slideshow yang berkualitas baik dari segi desain hingga penyampaian informasi. 

Penasaran bagaimana caranya membuat slideshow video untuk presentasi? Ikuti tips berikut! 

1. Ciptakan Hasil yang Konsisten 



Ciptakan gaya slideshow berdasarkan konten yang kita inginkan, namun tetaplah mengusung konsistensi. Hal ini dilakukan agar audiens mampu melihat karakteristik yang ingin kita tonjolkan dari slide ke slide. 

Beberapa aspek yang harus kita buat konsisten antara lain font, bingkai, serta template background. Buat elemen tersebut sama, boleh dibedakan asal tidak lebih dari dua jenis. 

2. Pakai Template Sesuai Tema 


Kalo boleh jujur, ada beberapa slide presentasi yang menggunakan tenmplate terlalu formal. Kadang kita sebagai audience jadi kurang tertarik untuk menyimak ya ? Padahal faktanya, desain yang hadir dengan tema sesuai, dapat ikut mengantarkan pesan secara efektif. 

Sebagai manusia kadang informasi dalam bentuk visual lebih mudah diterima dan dinikmati, hehehe.. Apalagi kalo visualnya enak dipandang mata, yekan ? Ini bisa membuat kita bisa lebih memahami pesan yang disampaikan. 

Oleh karena itu, gunakanlah platform desain yang menyediakan banyak stok template untuk dipilih. Cara ini dapat mempermudah dalam menentukan template yang diinginkan. Namun, kita juga bisa membuat sendiri template jika ingin menciptakan desain otentik. 

3. Informasi Harus Jelas dan Tepat Sasaran 


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita mesti mampu mengantarkan pesan atau informasi dalam slide secara efektif. Mulailah dengan membuat judul presentasi. 

Slide judul harus mampu mewakili keseluruhan presentasi. Semakin singkat, padat, dan jelas, tentu semakin menarik para audiens. Setelah itu, susun materi berdasarkan outline. 

Cara ini dilakukan agar kita tidak lepas dari konteks utama. Belajar dari pengalaman, banyak slideshow presentasi kerja yang bagus secara visual, namun buruk ketika berbicara pesan di dalamnya. Jangan sampai ini terjadi pada kita semua ya ? hahaha..  

4. Memaksimalkan Kesederhanaan Desain 


Terkadang kita memiliki hasrat untuk membuat slideshow yang mewah dan luar biasa secara visual. Namun sayangnya, hal itu tidak baik jika dilakukan secara berlebihan ! Ya kan, emang segala sesuatu yang berlebihan itu malah mengaburkan makna dan tujuan yang sebenarnya. Hihihi..

Intinya, jangan membuat hasil presentasi menjadi rumit. Banyak mencantumkan elemen, bukan berarti itu adalah hal yang baik. Beberapa hal yang mesti digarisbawahi, antara lain: 

  • Jangan banyak mencantumkan teks. 
  • Pakai palet warna yang konsisten 
  • Tempatkan satu poin per slide 
  • Jangan tumpuk banyak poin dalam satu slide 
  • Berikan space kosong pada setiap slide 

5. Tinjau Sebelum Ditampilkan 


Jika sudah siap, ada baiknya kita meninjau keseluruhan slideshow sebelum ditampilkan pada audiens. Minta rekan atau anggota sesama tim untuk melihat hasil presentasi kita. 

Masih merasa kurang? Mungkin kita dapat menambahkan elemen lain seperti slide effect atau audio. Tak perlu banyak, jadikan saja sebagai pelengkap untuk hasil yang lebih baik. 

CARA MEMBUAT SLIDE PRESENTASI 


cara membuat slide presentasi yang menarik

(Sumber: https://static.canva.com/static/images/canva_templates_array.jpg)




Setelah mengetahui 5 tips dalam membuat presentasi, kali ini saya akan membocorkan bagaimana saya membuat slide presentasi yang menarik. 

Kalian pernah mendengar Canva ? hihihi.. Design Maker yang udah gak asing untuk para Blogger, hehehe.. Pun ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun, gak harus Blogger. Apalagi canva hadir gak cuma secara online melalui desktop tapi juga berbentuk aplikasi yang mudah dibawa kemana-mana. Hihihi..

Kemudahan inilah yang membuat saya bisalebih kreatif dalam membuat design di mana pun. Tapi khusus untuk presentasi, sesuai pengalaman, saya lebih menganjurkan melalui dekstop untuk hasil yang maksimal. 

Dan berikut ini tahapan saya dalam membuat presentasi : 


  • Kumpulkan materi presentasi. Buat timeline apa saja yang ingin diinformasikan kepada audiens. 
  • Jangan lupa simulasi alur infonya, supaya lebih mudah dalam menyusun slidenya.
  • Sign in ke Canva >> kalo kalian tidak punya akun, bisa membuatnya lebih dulu. Pun gampang kok, asal punya akun gmail juga sudah bisa. 
  • Pilih template presentasi sesuai dengan yang kalian inginkan. Ada banyak pilihan tema yang disediakan, atau kalian bisa membuatnya sesuai dengan keinginan. 
  • Simpan dalam format yang inginkan. Biasanya saya menyimpan dalam bentuk video dan pdf. Siapa tahu ada yang ingin mencetaknya. Hahha.. 
  • Buat yang ingin menjadikannya .ppt juga gampang. Biasanya format pdf dari canva saya transfer ke Power Point. Tinggal ditambahkan image pdfnya pada tiap layer, plus bisa ditambahkan elemen yang dibutuhkan dan simpan file dalam format ppt

Gampangkan ? Apalagi kalo dikejar deadline. Kita gak perlu menyusun satu per satu desainnya. cukup memanfaatkan template dan tinggal menyesuaikan materi, font, tone warna sesuai dengan keinginan kita. 

KESIMPULAN

Membuat presentasi kini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Apalagi ada banyak aplikasi atau layanan customr design yang membantu kita. Salah satunya adalah Canva, yekan ? Hayo siapa Blogger yang belum mengenal Canva ? Hehhe.. ?

Jadi Canva gak juga bisa kita manfaatkan untuk mempercantik foto di sosial media maupun Blog, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menyusun slide presentasi yang keren. Hasilnya pun bisa kita simpan dalam bentuk format yang berbeda-beda. Bisa video, jpeg dan png (image), ataupun pdf. 

Itulah trik jitu yang saya bagikan pada pembaca ewafebri. Semoga tips ini bisa membantu kalian yang diberi tugas untuk membuat slide presentasi dengan keren. hehe.. 


Post a Comment

0 Comments