MENCIPTAKAN HABIT (RUTINITAS) ALA EWAFEBRI


Menciptakan habits ala ewafebri




[ewafebri.com] | MENCIPTAKAN HABIT (RUTINITAS) ALA EWAFEBRI.

Hidup di daerah baru dengan aktivitas baru tentu harus beradaptasi kembali dengan hal yang telah dibangun sebelumnya. Bagaimana membuat rutinitas baru yang mampu mendukung tujuan hidup yang baru pula. 


MENCIPTAKAN HABIT (RUTINITAS) ALA EWAFEBRI


Buat kalian yang sedang berjuang untuk menata kembali kehidupan, yuk kita sama-sama belajar bareng. Hihihihi.. Belakangan ini saya sedang belajar untuk menciptakan habit baru karena kebiasaan terdahulu sudah berubah semua. Hehehe..

BRAINSTORMING


Tahapan penting dalam mengubah atau menata kehidupan adalah brainstorming terlebih dahulu, yekan ? Hahaha.. mari kita sisihkan waktu sejenak untuk menjernihkan pikiran dan membuat rencana ke depannya seperti apa. 

Tuangkan segala hal yang ada dalam pikiranmu ke atas kertas / buku. Tanpa kita sadari seringkali ada beberapa ide yang ikut tertuang di dalamnya. Dan setiap ide yang muncul berpotensi menjadi sesuatu yang besar (walaupun gak tahu yang mana ?) Hahaha.. 

Brainstorming membantu otak kita untuk mengorganisir segala hal yang ada di dalam kepala. Kita bisa melihat mana yang harus diambil tindakan, mana yang harus disisihkan atau justru dibuang. 

Dari brainstorming tersebut kita bisa mengambil tindakan (action) untuk mewujudkan ide-ide yang muncul. 

TIME MANAGEMENT


Bagi saya, time management adalah tahapan yang paling sulit dalam menciptakan rutinitas. Hihihi.. karena kita dituntut untuk disiplin dengan jadwal yang telah kita tentukan tersebut. 

Langkah awal dalam membentuk time management adalah mempelajari diri kita sendiri. Terutama mempelajari tentang waktu yang kita lalui sehari-hari. 

Misalnya saja dalam menentukan waktu bangun pagi. Meskipun terlihat sepele, waktu bangun pagi adalah salah satu hal penting dalam membuat time management. 

Ciptakannya Morning Routine. Jadwal pagi yang harus kita taati setiap hari, sehingga di waktu selanjutnya akan lebih mudah diaturnya. 

Masalahnya, kadang kita terlena di jam-jam bangun pagi ini. Hahahaa.. seringkali terjadi, saat alarm jam berbunyi, kita tanpa sadar mematikannya dan tidur kembali. Hehehe.. morning routine ini adalah perjuangan awal dalam hal menyukseskan program time management. Hahaha.. 

Tips dari saya supaya gak males-malesan saat bangun pagi adalah dengan cara :

lekas bangun, bersyukur dan cuci muka di kamar mandi. 

Hahaha.. Sangat berguna sekali kan tipsnya ! InshaAllah mata cepat terbuka dan segar kembali. Setelah itu, mulailah dengan kegiatan yang sudah ditentukan. Hehee.. 

DISIPLIN DAN KONSISTEN 


Wah ini yang paling sulit dilakukan, tapi di saat bersamaan, disiplin dan konsisten (istiqomah) adalah kunci kesuksesan membangun rutinitas baru, hihihi.. 

Dalam hal apapun, 2 hal ini yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Sayangnya 2 hal ini juga menjadi tantang terberat dalam kehidupan. Hihihi.. 

Tapi jangan patah semangat dulu sebelum mencobanya. Ya paling tidak kita berusaha membuat target yang kecil lebih dulu. Misalnya saja, kita membuat target : 

Satu hari (24 jam) mengikuti jadwal yang ditentukan.

Setelah berhasil, tingkatkan kembali dengan menambah target waktunya. Misalnya saja 24/7 hari harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dst. 

Supaya makin semangat, boleh kok memberikan reward pada diri sendiri. Hihihi... Ya paling tidak kita berusaha yang terbaik. 

Bagaimana ? Serukan ? Hahhaa.. Jadi yuk gaes bareng-bareng berjuang menciptakan habit baru. Hehehe.. biar makin kece aje ! 

Post a Comment

0 Comments