WEEK 6 : AMPERA RAYA, JAKARTA SELATAN

ampera raya jakarta selatan



[ewafebri.comAMPERA RAYA, JAKARTA SELATAN. Kalo ngomongin lingkungan tempat tinggal, kadang saya bingung. Karena tempat tinggal saya ada di mana-mana. Hahaha... 

AMPERA RAYA, JAKARTA SELATAN






Saya adalah anak Jakarta di Weekday dan anak Bogor di weekend. Menjadi anak Banyuwangi sesekali pada saat mudik lebaran. Karena waktu saya banyak terjadi di Ampera Raya, maka saya akan bercerita tentang area ini saja. Hahaha.. 

SUASANA AMPERA


gedung syntesis di ampera raya


Sejak 5 tahun lalu, saya memutuskan menjadi anak Kost. Bogor - Jakarta rasanya bikin punggung saya lama-lama sakit. Berdesakan di Commuterline, belum lagi ngejar angkot. Kalo bayar Gojek terus-terusan bodol juga dompet. Hahaa.. 

Udah gitu, sering pula kejadian terlambat gara-gara macetlah, kereta eror lah, dan kejadian tak terduga lainnya. Yang berakibat merasa bersalah dan gak enak hati nyampe tempat kerja. 

Setelah menimang dan menimbang, akhirnya saya memilih ngekost di dekat tempat kerja. Hitung-hitung harga kostan juga sama aja sama uang transportasi.

Dibilang ngirit banget, gak juga sih. Ya, mungkin kalo tiap hari naik angkot lebih ngirit Bogor - Jakarta. Mengingat kadang naik Gojek/Grab, jatuhnya sama aja. 

Sejujurnya kost di Jakarta ini memang gak murah-murah banget. Apalagi di daerah ampera raya. 1 bulan paling murah sekitaran Rp. 800.000, itu pun luas kamar sekitar 2 x 3 meter (cukup buat single bed). Belum lagi beberapa tempat air dan listrik harus bayar lagi. Alhamdulilah di tempatku sudah include semua.

Baca Juga Cerita Lainnya di 52 Weeks Journaling Challenge Ideas

Selama 5 tahun, saya udah pindah 3 kali. Saya tipikal orang yang gampang betah sih kalo ngekos. Jarang pindah-pindah, kecuali karena suatu hal yang mengharuskan pindah.

Hamdalah, area tempat tinggal saya termasuk yang bebas dari dampak banjir. Apalagi sekarang ini Jakarta lagi sering banget dilanda banjir. Seperti yang terjadi kemarin, di mana hujan memang mengguyur dari jumat malam.

Kebetulan Jumat kemarin saya lagi pergi ngumpul bareng para seniman di Kilau Art Studio. Beruntungnya hujan mengguyur ketika saya sudah sampai di tempat tujuan. Saya sengaja datang lebih awal, sepulang kerja. Tujuannya supaya terhindar terkena hujan lebat diperjalanan.

Sebagai anak Pluviophile, saya memang gak takut terkena hujan. Tapi kan gak asyik kalo pas datang ke tempat orang trus basah kuyup gak karuan. Hahaha..

Ampera Raya buat saya merupakan area yang cukup kondusif untuk ditinggali. Menjelang tengah malam pun area ini masih cukup rame dengan lalu lalang orang-orang. Buat cewek yang kadang pulang malam kayak saya ini, masih terasa aman pulang dari bepergian.

Meskipun sebenarnya area ini gak benar-benar steril dari tindak kejahatan, tapi masih cukup membuat hidup lebih damai.

KULINER


bakmi yogya di jakarta selatan, ampera raya


Ngomongin kuliner banyak macemnya di Ampera Raya mah. Tapi makanan favorite saya dan layak saya rekomendasikan adalah Bakmi Yogya Mas Tris. Mungkin banyak dari kalian yang demen makan mie, dan mengunjungi area Ampera Raya, boleh banget nie makan Bakmi Yogya di Mas Tris.

Bakmi Yogya atau lebih dikenal Bakmi Jowo sebenarnya hampir mirip kayak umumnya mie. Ada yang goreng maupun rebus.

Berhubung saya pemuja kuah garis keras, maka pilihan saya selalu jatuh pada mie rebus. Yang membuat remarkable dari bakmi yogya adalah proses memasaknya yang menggunakan tunggu dan bara. Dan tentu saja penggunaan ayam kampung beserta kuah kaldunya.

Bakmi Mas Tris ini cukup tersohor di area ini. Pengunjungnya lumayan banyak. Kadang ada waktu di mana pengunjungnya biasa aja dan kita santai menikmati makanannya, tapi ada juga waktu di mana kita harus menunggu antrian panjang yang gak kelar-kelar, hahaha. Harganya pun terjangkau. Kurleb Rp. 30.000 sekaligus minuman (tergantung menunya juga).

Area makanan lainnya yang cukup menonjol selain Bakmi Yogya adalah Ampera Garden, Rumah Makan Padang Sederhana dan tentu saja Shabu Hachi. Shabu Hachi terleta pas bersebrangan dengan Bakmi Yogya. Saya pribadi belum pernah makan di Shabu Hachi. Hahaha..

TATA KOTA





Wah, saya gak akan membahas hal ini dengan mendetail ya ? tapi yang pasti di Ampera Raya itu banyak gedung-gedung yang lumayan besar. Ada Arsip Nasional Indonesia, Akademi Ilmu Pemerintahan, Pengadilan Negeri dan ada juga kantor cabang Bank di sepanjang jalanan Ampera Raya.

Bahkan dulu jalanannya pernah dilewati Obor Asian Games Jakarta Palembang juga loh. Hahaha.. Seseru itu Ampera Raya.

Jalan Raya Ampera dilewati oleh Transjakarta yang menuju arah Ragunan - Blok M. Angkutan antara Pasara Minggu - Lebak Bulus dan Pasar Minggu - Jagakarsa. Dari Stasiun Pasar Minggu juga gak terlalu jauh. Plus dekat pusat perbelanjaan juda. Ada Pejaten Village dan Cilandak Mall.

Kalo soal macet, jangan ditanya deh. Udah pasti macet setiap sore, kecuali hari Sabtu. Lagipula, jarang ada area jakarta yang gak kena dampak macet, yekan ? hahaha..





KESIMPULAN


Itulah sekelumit cerita tentang Ampera Raya, Jakarta Selatan. Pada dasarnya areanya lumayan rame dan hectic. Tapi masih asyik untuk ditinggali. Tempatnya juga cukup strategis. Dekat dengan gerbang tol Ampera, dan tranportasipun mudah didapatkan.

So, kalo kalian jalan-jalan ke Ampera Raya, paling tidak ada gambarannya seperti apa, yekan ? hehehe.. Baiklah, sekian tulisan saya tentang area tempat tinggal. Sampai jumpa dicerita selanjutnya.


HAPPY JOURNALING !