WEEK 23 : MY BESTFRIEND !

52 Weeks Journaling Challenge Idea My Bestfriend


[ewafebri.com] | #52WeeksJournalingChallengeIdeas WEEK 23 : MY BESTFRIEND ! Saya gak akan membahas tentang My bestfriend berbentuk manusia di sini. Hihi.. Tapi justru hal lain yang menemani hari-hari saya melewati rintangan dan hambatan. Penasaran ? Baca sampai akhir ! hihihi..

WEEK 23 : MY BESTFRIEND !


Jujur saja saya agak sedikit trauma membahas tentang My Bestfriend dalam bentuk manusia. Mengingat ada beberapa orang yang saya anggap bestfriend trus gak mengakui saya. hahaha.. Demi kenyamanan bersama, maka saya gak akan mengganggu hidup mereka semua. Hahaha.. 

Bestfriend yang akan saya bahas di sini adalah beberapa barang pribadi yang menurut saya selalu setia menemani saya apapun yang terjadi. Dan asyiknya curhat sama mereka itu, gak pernah dapet feedback jelek. Karena mereka tergolong tipe pendengar setia. Mhuahaha.. 

Saya itu tipikal yang bisa terbuka juga bisa tertutup sama sekali. Jadi ada hal yang bisa saya share tanpa terbebani, ada juga hal yang saya mikir berkali-kali buat ngeshare pun dengan orang terdekat. Kecuali saya bisa menerima konsekuensi tentang feedback mereka. Kalo sekiranya, feedbacknya akan menyakitkan, mending telen sendiri aja. hahaha... 

JOURNAL 


Teman setia saya yang pertama tentu saja Journal. Saya bisa tanpa beban menulis apapun di journal. Mau itu hal yang menyakitkan, menyenangkan, ataupun menyebalkan, Bebas ! Dan saya tipikal yang "gak papa kalo sampai suatu hari ketahuan orang lain" Toh ketika hal tersebut terjadi saya gak bikin rusuh di kehidupan mereka. Hihihi.. 

Beberapa hal yang membuat saya memilih journal dibandingkan dengan curhat ke orang lain : 

  • Setelah saya pikir-pikir, ada banyak orang yang butuh didengarkan tapi males mendengarkan. Nah kadang mereka juga gak peduli sama cerita atau keluhan kita. Daripada sakit hati tapi dada sesak, saya memilih meluapkan emosi ke dalam journal. Biasanya nie, kalo habis nulis, tegangnya langsung hilang, jadi lebih rileks. 
  • Ada juga orang yang mau mendengarkan tapi kadang memberikan feedback yang gak ingin kita dengar. Padahal memang alasannya kadang cukup masuk akal. Nah untuk menghindari hal ini, mendingan saya nulis di journal lagi aja. hahaha.. 
  • Gak sedikit orang yang memberikan feedback hanya karena merasa "daripada saya gak jawab apa-apa" , nah yang begini kadang gak bener-bener aware sama masalah yang kita hadapi kan, hahaha.. Jadi curhat di journal tetap lebih aman. 
  • Tanpa kita sadari, banyak juga orang yang merasa terbebani setelah mendengar curhatan kita, daripada makin tambah bikin kehidupan orang lain runyam, saya lebih seneng curhat di Journal saja. Sampai ada loh yang mengira saya baik-baik saja dan bahagia setiap hari, hanya karena gak pernah curhat dan ngeluh sama mereka / sosmed. hahaha.. 
  • Kadang kita tahu banget lah ya, bahwa sebenarnya saat kita curhat tuh gak butuh feedback macem-macem. Cuma butuh meluapkan emosi yang ada di kepala dan hati aja kan ? Menurutku, Journal itu merupakan media yang cocok buat menumpahkan unek-unek. Dan gak perduli kapan waktunya, kita bisa bercerita dengan leluasa. 

Itulah kenapa kedudukan Journal saya lebih penting dari manusia. Hihihi.. Ada juga sih yang merasa takut kalo journalnya dibaca oleh orang lain. Kalo saya biasanya jarang menuliskan nama orang yang bersangkutan (kecuali kesel pake banget !) dalam journal.

Saya lebih sering menuliskan tentang suatu peristiwa atau kondisi tertentu, sekaligus beberapa hal yang seharusnya saya lakukan. Semacam mereview kehidupan pribadi gitu. hahaa,,

DRAFT BLOG 


Entah berapa banyak curhatan saya yang hanya menjadi penghuni draft di Blog, hahaha.. Maklum kadang saya tuh rasanya pimgin banget share curhatan di blog ini, tapi kemudian ingat, " apa faedahnya ? " , dan berakhir dengan tidah pernah saya publish. Hahaha.. 

Sama halnya dengan journal, Blogging juga menjadi salah satu media curhat yang asyik bagi saya. Hanya saja ada batasannya, " perlu atau tidak untuk dipublish ! ". Buat saya yang terpenting adalah tidak terlalu banyak menyimpan hal-hal yang bikin runyam di kepala. Apapun medium, tak menjadi masalah tapi yang penting saya berusaha mengurangi curhat ke sesama manusia secara langsung (kecuali pake tulisan, hahaha.. kayak sekarang ini !).

PERALATAN MENGGAMBAR


Awal saya membuat Blog ini, ada segmen khusus tentang Art Therapy. Kegiatan yang membantu saya melewati kebiasaan Overthinking. Menggambar dan melukis juga menjadi sahabat saya dalam meluapkan emosi, kalo kata orang-orang gaul mah " Katarsis ". 

Sama halnya seperti journal dan Blog, peralatan melukis dan menggambar merupakan medium yang cocok buat saya untuk berkeluh kesah. Hasilnya pun kadang terefleksi meskipun tak banyak orang yang memahaminya. Dan tentu ini sangat baik buat saya.. hahaha.. 

Bagi yang takut ketahuan apa yang sedang terjadi di dalam otak, melukis atau menggambar menjadi medium yang asyik. Tak perlu melibatkan banyak deskripsi dan penjelasan, dan biarkan orang yang paham saja yang tahu maksudnya, 

Uniknya dari kegiatan menggambar atau melukis itu adalah kita mengekspresikan diri lewat visual yang juga berakhir menjadi karya seni. Yang terpenting berusaha untuk jujur sama hati saja. Bahkan gara-gara hobi ini, saya bisa bikin porfolio ewafebri juga nie. hehehe.. 

Dan asyiknya setiap orang akan memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang gambar / lukisan yang telah dibuat. Hahaha.. Biasanya beda kepala emang beda memaknainnya, dan itu kelebihan dari lukisan. 

KESIMPULAN 


Makin tua saya makin sadar, tak perlu banyak berkomentar atau berkeluh kesah kepada orang lain atau sosial media. Terutama karena saya sudah menemukan medium yang cocok untuk menjadi tempat curhat. 

Pun saya udah gak terlalu berharap banyak dari feedback curhatan, hahaha.. Selain kadang bikin tambah puyeng, juga kadang bikin orang lain gak merasa nyaman. Enaknya curhat di Blog itu saya gak ngracunin timeline orang lain layaknya sosial media. Saya yakin, orang yang membaca tulisan curhatan di Blog ini memang yang pingin baca aja, bukan yang saya cekokin keluahan tiap hari, hihihi.. 

Saking jarangnya curhat di Sosmed, beberapa orang beranggapan bahwa saya happy-happy aja alias gak punya masalah hidup. Ya gak gitu juga Cuy ! Selama masih bernafas, masalah akan tetap ada dengan porsi yang berbeda. Nanti kalo saya curhatin semuanya, yang ada saya akan dicap sebagai Toxic People ! hahaha.. 

Begitulah tentang cerita sahabat saya kali ini. Hihihi.. Saya kuatir kalo saya tulis nama sahabat yang berbentuk manusia, ada yang lainnya merasa cemburu juga. Etapi jangan-jangan ini hanya alibi karena saya gak punya sahabat manusia ? hahaha.. Adanya cuma Bowgel dan Iwawa ! Terserah, boleh dianggap apapun, bebas ! 

Kalo kalian, siapa nie sahabatnya ? share yuk ! apakah ceritanya mirip saya ? atau justru berbeda sama sekali ? tulis di kolom komentar ya ? 



Post a Comment

0 Comments