WHAT I LEARN

what i learn



[ewafebri.com] | WHAT I LEARN

Ngomongin tentang hal apa yang bisa dipelajari ? Tentu banyak sekali, apalagi kalo kita mau mencari. Bahkan nonton ocehan bu Tedjo pun kita bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga. Hehehe.. 

Setelah apa yang saya lewati dalam Minggu ini, kira-kira pelajaran apa saja yang bisa saya ambil ya ? Hmmm.. 

WHAT I LEARN


Belajar tentang sesuatu tak harus yang berhubungan dengan skill saja, ada juga pelajaran tentang nilai-nilai hidup bahkan spiritual. Hal yang kadang bisa kita dapatkan dari pengalaman yang biasa atau sederhana. 

BULLET JOURNAL ITU PENTING


Pelajaran pertama yang saya dapat adalah bahwa Bullet Journal itu penting, terutama dalam kehidupan saya. Hahaha.. Tanpa Bullet Journal, banyak hal yang seharusnya menjadi prioritas malah gak bisa dilakukan karena sering terlewati. 

Membuat To Do List maupun menuliskan Goal membantu saya bisa lebih fokus terhadap hal-hal yang harus diselesaikan lebih dulu. Apalagi saya ini semacam multitasking orangnya. hahaha.. Apa aja dikerjain, yang bikin capek sendiri. 

KOMITMEN MENULIS


Menjaga mood untuk terus berkarya dan menulis itu juga dibutuhkan komitmen tinggi ternyata. Terkadang ada kalanya saya ingin istirahat, tanpa melakukan apapun sama sekali dalam beberapa waktu. Tapi kemudian saya ingat tentang komitmen pada diri sendiri, bahwa saya ingin publish tulisan minimal 1 artikel per minggunya. Hahaha.. 

Ada alasan kenapa saya kekeh untuk tetap berkomitmen menulis meski kadang badan tuh lelah banget. Salah satunya saya tidak ingkar janji pada diri sendiri. Tak masalah orang lain bakalan ingakar janji saya saya, tapi setidaknya saya tidak melakukan pada diri sendiri. Siapa lagi yang bisa kita percaya kalo bukan diri sendiri, yekan ? hahaha.. 

BE QUIET


Pernah gak sih kalian berpikir, " mendingan tadi gw diem aja !", karena menjelaskan sesuatu pada orang tapi ditangkapnya dengan maksud yang berbeda, pun setelah kita sampaikan berulang-ulang. Kayak berasa, " 1000 kali gw jelasin juga sama aja, gak akan dimengerti juga karena dia berpikir dari sudut pandang lainnya". 

Beberapa waktu lalu saya berasa menyesal mengeluarkan opini/pendapat. Hahaha.. Ya kadang diem dan dianggap bodoh itu lebih membuat hidup tenang. Hahaha.. Gak perlu puyeng mikirin pendapat orang.  Meskipun kadang sering dicap gak perduli. hihihi.. 

Makin tua saya jadi makin memahami, bahwa ada masanya kita itu ingin di-highlight oleh orang lain menjadi sesuatu. Akan tetapi hal yang begini kadang bikin lelah juga sih.. Buang-buang energi rasanya.  So cara bijaknya adalah kembali ke default mode, Listener.

GAK SEMUA YANG TERLIHAT PINTAR ITU DEWASA


Dulu kala saya sering terjebak dalam lingkaran ini. Merasa punya kesempatan untuk berkomentar kemudian berkomentarlah dengan frontal, menurut saya itu sudah paling benar. Entahlah, dulu mungkin tujuan saya supaya dianggap kritis dan pintar, walaupun kenyataannya otak mah tetap biasa aja. hahaha.. Nyali sama ego doank yang di atas rata-rata. hihihi.,

Yang menjadi masalah ternyata, perilaku saya itu gak sedewasa yang saya bayangkan. Masih aja baper dan berakhir dengan bikin postingan sindir menyindir di sosmed. Hal itu juga masih saya temukan tuh di bagian feed saya. Gara-gara hal itu, yang tadinya saya tidak tahu persoalan rumah tangga orang lain, jadi tahu deh. hehehe... 

Sekarang saya lebih menikmati bahwa segala sesuatu yang terjadi itu baiknya penyelesaiannya behind the camera. Entahlah, berasa lebih wise aja, ngahahaha.. Plus urat malunya sudah mulai tumbuh lagi.  Karena jejak digital itu memang terbukti, dan saya selalu menyesal setiap diingatkan Facebook tentang memories saya jaman terdahulu. 

Tapi sayangnya kadang beberapa orang menganggap postingan saya di sosmed merupakan hal yang sebenarnya terjadi. Padahal kebanyakan mah buat seru-seruan aja. Dan berakhir dengan dijawabin via No-Mention. Hehehe..  

Saya hanya akan serius posting di halaman Blog ini  aja kok Gaes. Seperti contohnya tulisan ini. Hehehe..  Jadi sebagian besar apa yang terjadi di blog ewafebri merupakan pengalaman yang bisa dipercaya. hahaha.. Ya meskipun cara membalut ceritanya gak seasyik orang lain, karena kadang sangat membosankan, hehehe.. Maap yak  ?

KESIMPULAN


Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam hidup ini. Tak melulu tentang skill saja, bahkan persona, perilaku hingga bersikap pun bisa dipelajari. Bagi saya belajar tentang bersikap dalam hidup itu juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. 





Post a Comment

0 Comments