BULLET JOURNAL INDONESIA | 3 TIPS MUDAH MENYAMBUT 2018 DI BULLET JOURNAL KAMU !



Surat Untuk Pembacaku,

Hallo teman-teman.. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan blog ini. Tanpa kalian semua, blog ini hanyalah halaman dengan debu-debu digital belaka.. 😂.
Terima kasih sudah memberikan banyak respon positif yang bikin saya makin tambah semangat buat ngeblog dan berbagi ilmu tentang journal dan lainnya.
Betapa bahagianya saya saat menemukan beberapa ungkapan cinta dari kalian untuk blog ini. Luar biasa..



Thank you @august. Senang rasanya blog ini bisa membantu apa yang kamu cari.



Thank you kak athaya dan kris sudah singgah dan ungkapan ❤ nya.. Hihi..



And thank you fiya yang bikin saya semangat ngeblog kalo moodnya ngedrooooops bikin blog. 😂😂

Dan masih banyak ungkapan cinta teman-teman yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dipelbagai platform media sosial saya.. 😘😘😘. Terima kasih banyak untuk cinta kasih kalian semuanyaa.. Kalian membuat saya semakin semangat , semakin positif dan semakin produktif.

Dan sebagai ungkapan rasa terima kasih saya kepada pembaca blog tercinta ini, saya ingin memberikan tips supaya bujonya ditahun 2018 makin ngehits.


3 TIPS (BUJO'S HACK) MENYAMBUT 2018 DI BULLET JOURNAL KAMU ! 



Siapa yang sudah menentukan Goal 2018 nanti.. ? Hihi..
Setelah 2 tahun lebih saya mengenal bullet journal. Tak henti-hentinya saya mengingatkan diri sendiri bahwa Goal itu penting !. Goal itu yang akan membantu kita fokus menjalani hidup kita nantinya. Dengan membuat goal, kita bisa lebih aktif dan termotivasi untuk lebih produktif.



Goal saya tahun ini lebih fokus pada aspek pengetahuan dan Self Improvement sebenernya. Mencoba untuk memiliki kehidupan yang bernilai, tidak hanya sekedar menghembuskan nafas saja. Haha..

Untuk mengingat goal apa saja yang ingin saya capai sepanjang tahun, saya menggunakan teknik Tip In pada bullet Journal saya.



Tip in atau tuck spot adalah teknik penambahan ruang (ekspansi ruang) dengan menambahkannya pada pinggiran buku atau kertas (atau juga bisa dibagian tengah) dengan bantuan perekat.



Teknik ini bisa untuk materi apa saja. Saya sendiri menggunakannya untuk keperluan Color Code, Master Task List, Goal, dan Key Bullet. Mungkin bisa juga untuk pengingat (reminder) yang lainnya.



Tips selanjutnya adalah Envelope Ideas. Ide ini muncul setelah membaca sebuah artikel tentang walt whitman yang sering kali menyimpan ide-idenya ke dalam amplop. Cerita ini sendiri pernah saya sebutkan di postingan tentang Ideas Journal.

Saya menggunakan tips ini untuk menyimpan reward bulanan saya. Untuk meminimalisir pengeluaran, saya akan membuat aturan budget, dimana saya hanya boleh membelanjakan uang untuk kepentingan hobby, hanya jika saya bisa mengerjakan atau melengkapi goal bulanan yang saya buat. Jika tidak maka uang tersebut hanya boleh di tabung dan didonasikan. 😔😔😔 (bisa gak ya.. ?!? Harus Dicoba !).

Selain menyimpan reward, saya juga akan menggunakannya untuk menyimpan hasil illustrasi ataupun challenge yang sifatnya
Privasi.
Seperti contoh di bawah ini.



Selanjutnya adalah DIY Pocket. Sebenarnya di moleskine sendiri sudah ada pocket di bagian belakang buku. Tapi saya pingin bikin, ya udah gak apa-apa kan yah bikin ? Haha.. Biar hati seneng dan semangat buka buku. Haha..



Lucuuuu kan.. ? Si bowgel akuuuuh.. Hihi.. Karena saya menggunakan color code, dan mengantisipasi sewaktu-waktu saya gak bawa pulpen warna. Saya menambahkan pocket itu untuk tempat post it warna pengganti pulpennya.



Tabs.. Atau kertas label ini juga berguna untuk pembatas dan pengingat kita. Kita bisa menuliskan bulan ataupun kategori lain yang ingin kita tuliskan. Selain tab, kalian juga bisa memanfaatkan washitape untuk digunakan.

.




Terima kasih sekali lagi buat teman-teman semuanya.
Sampai Jumpa kembali di tahun depan.

Jangan lupa follow 12 Months Bujo Challenge. Subscribe blog ini, youtube, follow my instagram untuk postingan terupdate dan pinterest untuk board-board kreatif dan tips lainnya.

See ya..

Jakarta, Desember 2017
Salam Hangat

 ewafebri.