Skip to main content

BULLET JOURNAL INDONESIA : 3 TIPS MUDAH MENYAMBUT 2018 DI BULLET JOURNAL KAMU !



Surat Untuk Pembacaku,

Hallo teman-teman.. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan blog ini. Tanpa kalian semua, blog ini hanyalah halaman dengan debu-debu digital belaka.. 😂.
Terima kasih sudah memberikan banyak respon positif yang bikin saya makin tambah semangat buat ngeblog dan berbagi ilmu tentang journal dan lainnya.
Betapa bahagianya saya saat menemukan beberapa ungkapan cinta dari kalian untuk blog ini. Luar biasa..



Thank you @august. Senang rasanya blog ini bisa membantu apa yang kamu cari.



Thank you kak athaya dan kris sudah singgah dan ungkapan ❤ nya.. Hihi..



And thank you fiya yang bikin saya semangat ngeblog kalo moodnya ngedrooooops bikin blog. 😂😂

Dan masih banyak ungkapan cinta teman-teman yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dipelbagai platform media sosial saya.. 😘😘😘. Terima kasih banyak untuk cinta kasih kalian semuanyaa.. Kalian membuat saya semakin semangat , semakin positif dan semakin produktif.

Dan sebagai ungkapan rasa terima kasih saya kepada pembaca blog tercinta ini, saya ingin memberikan tips supaya bujonya ditahun 2018 makin ngehits.


3 TIPS (BUJO'S HACK) MENYAMBUT 2018 DI BULLET JOURNAL KAMU ! 



Siapa yang sudah menentukan Goal 2018 nanti.. ? Hihi..
Setelah 2 tahun lebih saya mengenal bullet journal. Tak henti-hentinya saya mengingatkan diri sendiri bahwa Goal itu penting !. Goal itu yang akan membantu kita fokus menjalani hidup kita nantinya. Dengan membuat goal, kita bisa lebih aktif dan termotivasi untuk lebih produktif.



Goal saya tahun ini lebih fokus pada aspek pengetahuan dan Self Improvement sebenernya. Mencoba untuk memiliki kehidupan yang bernilai, tidak hanya sekedar menghembuskan nafas saja. Haha..

Untuk mengingat goal apa saja yang ingin saya capai sepanjang tahun, saya menggunakan teknik Tip In pada bullet Journal saya.



Tip in atau tuck spot adalah teknik penambahan ruang (ekspansi ruang) dengan menambahkannya pada pinggiran buku atau kertas (atau juga bisa dibagian tengah) dengan bantuan perekat.



Teknik ini bisa untuk materi apa saja. Saya sendiri menggunakannya untuk keperluan Color Code, Master Task List, Goal, dan Key Bullet. Mungkin bisa juga untuk pengingat (reminder) yang lainnya.



Tips selanjutnya adalah Envelope Ideas. Ide ini muncul setelah membaca sebuah artikel tentang walt whitman yang sering kali menyimpan ide-idenya ke dalam amplop. Cerita ini sendiri pernah saya sebutkan di postingan tentang Ideas Journal.

Saya menggunakan tips ini untuk menyimpan reward bulanan saya. Untuk meminimalisir pengeluaran, saya akan membuat aturan budget, dimana saya hanya boleh membelanjakan uang untuk kepentingan hobby, hanya jika saya bisa mengerjakan atau melengkapi goal bulanan yang saya buat. Jika tidak maka uang tersebut hanya boleh di tabung dan didonasikan. 😔😔😔 (bisa gak ya.. ?!? Harus Dicoba !).

Selain menyimpan reward, saya juga akan menggunakannya untuk menyimpan hasil illustrasi ataupun challenge yang sifatnya
Privasi.
Seperti contoh di bawah ini.



Selanjutnya adalah DIY Pocket. Sebenarnya di moleskine sendiri sudah ada pocket di bagian belakang buku. Tapi saya pingin bikin, ya udah gak apa-apa kan yah bikin ? Haha.. Biar hati seneng dan semangat buka buku. Haha..



Lucuuuu kan.. ? Si bowgel akuuuuh.. Hihi.. Karena saya menggunakan color code, dan mengantisipasi sewaktu-waktu saya gak bawa pulpen warna. Saya menambahkan pocket itu untuk tempat post it warna pengganti pulpennya.



Tabs.. Atau kertas label ini juga berguna untuk pembatas dan pengingat kita. Kita bisa menuliskan bulan ataupun kategori lain yang ingin kita tuliskan. Selain tab, kalian juga bisa memanfaatkan washitape untuk digunakan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa saya sampaikan untuk mempercantik bullet journal kalian. Dan juga ada beberapa bujo's hack lainnya yang pernah saya posting disini.
Atau juga bisa melihat postingan videonya berikut ini.




Terima kasih sekali lagi buat teman-teman semuanya.
Sampai Jumpa kembali di tahun depan.

Jangan lupa follow 12 Months Bujo Challenge. Subscribe blog ini, youtube, follow my instagram untuk postingan terupdate dan pinterest untuk board-board kreatif dan tips lainnya.

See ya..

Jakarta, Desember 2017
Salam Hangat

 ewafebri. 

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..