10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMBUAT BLOG

10 alasan kenapa kamu harus membuat blog


10 Alasan Kenapa Kamu Harus Membuat Blog - Blogger Perempuan Network lagi ngadain 30 Days Challenge buat ngeblog nie Gaes.. Seru loh ! Yuk ikutan.. Hehe..  Mumpung masih hari pertama. Kegiatan ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri buat kita untuk bisa menambah karya tulisan nie. Tapi ngomong-ngomong 30 Days Blog Challenge itu apa sih kak.. ?

10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMBUAT BLOG




30 Days Blog Challenge itu adalah kegiatan ngeblog (postingan Blog) yang kita lakukan dalam kurun waktu 30 Hari (periode 20 November - 20 Desember 2018) dengan tema berbeda-beda.

BLOG CHALLENGE IDEAS


Ada promp list khusus yang sudah dibuatkan oleh BPNetwork sebagai panduan tema yang harus kita lakukan. Tema dan caranya sih mudah , yang sulit jaga komitmen ngeblog 30 hari berturut-turut. Hahhaa.... Beugh ! Perjuangan ini Gaes.. Kayak gini nie Promptnya :


Credit : Blogger Perempuan. 

*****

10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMBUAT BLOG !


2 Tahun terakhir ini Dunia Blog mulai ramai kembali ya.. Hehhe.. Berasa nostalgia seperti jaman kereta listrik bisa naik tanpa tiket tuh. Hahaha... Yes.. Awal saya ngeblog adalah saat saya menjadi penumpang tetap KRL Jakarta - Bogor.

SEJARAH NGEBLOG 


Jaman itu, masih ada warnet di sekitaran Stasiun Pasar Minggu. Setiap kali menunggu kereta yang lebih manusiawi, saya mampir ke Warnet dulu untuk buka-buka Blog, membuat postingan atau sekadar merubah layout template.

Saat itu perjam Rp 2.000-4.000 (saya lupa pastinya). Hihi.. lumayan nunggu 1 jam di warnet, sambil nunggu krl sedikit lengang.

Pertama kali membuat postingan Blog, saya menggunakan Hape Sony Ericson (Lupa Tipenya), karena di dalamnya sudah ada fitur untuk Blogger. Jadi tinggal Cekrek , Tambahin tulisan panjang.. trus posting !.

Jangan berharap tampilan Blog saya serapi sekarang ini. Haha.. Justru malah gak pernah mikirin template, apalagi SEO karena harus ke warnet dulu kalo mau merubahnya.

contoh blog yang menarik
Ngeblog di warnet stasiun Pasar Minggu


Jadi, awal mula saya mengenal Blog itu belum paham tentang manfaatnya, apalagi aturannya. Yang penting Cekrek, tambahin tulisan, trus posting !. Dulu sempet bermimpi pingin punya tampilan Blog seperti milik Benakribo, Shitlicious ataupun Yulianzone. Apalah daya, mimpi hanya mimpi.

ALASAN KENAPA SAYA MENULIS BLOG ?


Kalo gak salah di Postingan tentang Buka Inspirasi Dengan Blogging saya pernah menceritakan, apa sih peranan Blog buat saya ? Dan di Postingan tentang Blogging As Therapy  saya juga pernah mengungkapkan alasan saya membuat Blog.

kenapa ngeblog ?


Ada  10 alasan kenapa saya [tetap] suka menulis Blog, di antaranya : 


  • Menulis Blog merupakan salah satu bentuk terapi buat menjaga kesehatan mental. Mengungkapkan perasaan lewat tulisan membuat kita menjadi lebih rileks dan lebih lega. Hihihi.. 
  • Menulis Blog menjadikan saya belajar dan belajar lagi. Belajar tentang materi konten yang saya buat, belajar tentang cara menulis supaya mudah dipahami pembaca, belajar untuk mengendalikan ego dan menulis tulisan, belajar banyak hal dari Blogwalking, belajar berkomunikasi melalui tulisan, belajar marketing supaya Blog bisa dikenal. 
  • Menulis Blog membuat saya melek teknologi. Yang ini memang tidak perlu diragukan lagi. Blog adalah media informasi dan komunikasi berbasis digital. Menulis Blog gak cuma menulis biasa layaknya saya menulis Bullet Journal. Tapi menulis Blog juga harus memahami mekanismenya. Tentang optimasi konten, tampilan widget, tampilan template, Dashboard , metode penulisan dsb. 
  • Menulis Blog membuat saya bisa memahami cara pikir saya sendiri. Sama halnya dengan Journaling, menulis Blog membuat saya mengerti bagaimana otak saya mengolah informasi, dan kemudian menyampaikannya. Manfaat ini tentu gak akan dirasakan oleh orang yang suka Copas ya.. ? Hahhaa.. Karena tulisannya bukan cerminan dari pikirannya. 
  • Menulis Blog membuat saya menyadari potensi yang saya miliki. Jujur sebenarnya ini rada sedikit Narsis.. hahha.. Tapi makin sering menulis, saya makin percaya diri dengan potensi yang saya miliki. Tentang wawasan, skill (illustrasi), bahasa dan juga teknologi tadi. Kadang diam-diam saya merasa bangga sama diri sendiri karena mampu mencapai sesuatu yang sebelumnya hanya dalam mimpi. 

tips blogging ewafebri

  • Menulis Blog merangsang kepekaan saya terhadap kalimat. Dalam menulis draft Blog, saya sering melakukan edit berkali-kali, karena saya merasa tulisannya kurang enak dibaca atau dipahami. Yang seperti ini dulu gak pernah terjadi. Hihihi.. 
  • Menulis Blog membuat saya berani bermimpi lebih tinggi. Ingin bikin buku sendiri, ingin membuka lapangan kerja sendiri, ingin berpenghasilan lebih dari Blog ini. Dll.. hahaha..
  • Menulis Blog membuat saya lebih percaya diri. Hal yang paling ingin saya perbaiki adalah rendah diri. Perasaan ini yang kadang membuat saya ragu dan skeptis. " Ah gak mungkin kamu mampu melakukan A, B, C... Dst ", dan berakibat saya ragu-ragu melangkah. Tapi lain halnya ketika saya sudah mulai menulis di Blog ini. Ada rasa percaya diri bahwa saya mampu dan berani melakukan sesuatu , dalam hati " ntar kalo misalnya gagal, gak apa-apa.. Bisa buat konten di Blog bertajuk Pengalaman bla..bla..bla.. ". Hahhaa.. 
  • Menulis Blog membuat saya produktif. Lelah tapi bikin puas. Kira-kira itu yang saya rasakan setiap kali membuat tulisan. Lelah karena saya harus mencari ide, melakukan research, membuat draft, mengedit teks, menambah gambar kemudian mempostingnya dan berulang. Gimana gak lelah coba, apalagi kalo ngelakuinnya sepulang kerja. Biyuuuh.. haha.. Tapi puas rasanya, kalo tulisan itu kemudian dibaca orang lain. Hihihi.. 
  • Menulis Blog menjadikan saya makin eksis. Hahaha.. Emang pingin eksis sih.. Tapi minus Selfie. Haha.. Saya jarang memposting foto diri sendiri (karena jelek kali Vva, makanya gak mau selfi ?!? . Iya juga sih, tapi saya mensyukurinya.) Hahahaa.. Eksis di sini lebih pada ide-ide yang saya miliki. Bukan bentuk fisik yang saya miliki. Hihihi.. Zonk ya Gaes... !

Dari 10 list tentang alasan saya Ngeblog, bisa juga kalian gunakan sebagai semangat buat ngeblog. Siapa tahu kita sama-sama bisa mencapai apa yang kita mimpikan. Hihi...

Untuk Tips Blogging kalian juga bisa membaca tulisan saya yang ini : 


Meskipun Vlog dan Podcast mulai menyerang negara ini, tapi Blogging tetap menjadi primadona untuk menumpahkan segala rasa. Hehehhe..

Tetapi perlu diingat, bahwa setiap orang tentu memiliki alasan berbeda tentang Kenapa mereka menulis Blog.  Jadi satu sama lain pasti beda sudut pandangnya.

Dan Buat kalian yang berencana membuat Blog, tapi masih ragu-ragu, semoga 10 alasan di atas bisa makin mengibarkan semangat di dada kalian untuk membuat Blog, minimal menulis di Journal dulu gak masalah kok.. iya kan ? haha..

HAPPY BLOGGING !