CERITA SORE HARI | BLOGGING AS MY NEW THERAPY TOOL [PENGERTIAN BLOGGING THERAPY]

Blogger Therapy
BLOGGER THERAPY 


27 Oktober, 11 Tahun lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika kala itu , Muhammad Nuh meresmikan hari Blogger Nasional pada gelaran Pesta Blogger yang diadakan di Blitz Megaplex, Grand Indonesia.

Saya kutip dari archive detik.com, kala itu belum banyak blogger seperti sekarang ini. Mungkin baru sekitar 500an orang yang menghadiri Event akbar ditahun 2007 tersebut. Hmm.. Sayapun belum menjadi bagian dari 500 orang tersebut, hahahaa..  Karena saya baru membuat Blog ini di tahun 2010.

Selamat Hari Blogger Nasional
©Ewafebri

Menyambut Hari Blogger Nasional, saya ingin merefleksi dan mereview kembali tujuan saya berblogging ria. Setelah 2 Bulan lebih saya benar-benar aktif ngeblog (yang berfaedah), ada pergeseran nilai tentang Blog yang saya rasakan. Tak hanya sebagai media curhat dan tulis menulis semata, tapi blog juga menjadi media penenang jiwa. (yaelaaaah... ).

Sebelum saya curhat panjang lebar tentang apa makna dan alasan saya ngeblog saat ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional untuk teman-teman yang berjuang mencari informasi dan membagikannya ke para Pembaca.  Kadang gak mudah ya ? Tapi harus tetap semangat mencari Informasi yang positif dan bermanfaat untuk orang lain ya.. ?. 

•••

BLOGGING SEBAGAI ALAT TERAPI


Awal saya membuat Blog ini, kontennya hanya berisi tentang curhatan pribadi,  tujuannya yang penting di keluarkan dari dalam hati. Gak peduli ada faedahnya apa gak yang penting ditulis. Hahha.. bahkan pengalaman dan curhatan pribadi itu sifatnya gak - Sharable - (istilah macam apa ini), lawung runutannya gak jelas dan gak ngerti apa maksud dan tujuannya. Di tahun itupun saya juga gak paham tentang seluk beluk Blog apalagi Jenis-jenis konten. Yang saya tahu, saya hanya perlu punya foto, kemudian saya upload beserta keluh kesahnya. Hahaha.. 

Buat saya pribadi, saat ini Blog tidak hanya sebagai Media informasi dan Komunikasi tapi juga menjadi Alat Terapi

Kok bisa ?!? Apa hubungannya ?!?.. 

Jadi gini... (Aelaaah... Hihi... )

Buat yang sering berkunjung ke sini sudah pasti tahu bahwa Blog ini mengupas segala macam bentuk Journaling. Dari mulai Bullet journal, Doodle Journal, Gratitude Journal , Ideas Journal, Morning Journal dan bahkan Quranic Journal. Elemen terpenting dari Journaling sudah pasti Menulis. Dan menulis bisa menjadi salah satu alat Terapi yang bisa menenangkan jiwa

Journaling dan Blogging ini kan kegiatan yang serupa meski tak sama. Sama-sama menulis tapi menggunakan media yang berbeda. Journaling analog, sementara Blogging menggunakan media Digital. 

Aktivitas menulis melalui media digital inilah yang bersifat terapis bagi saya. Mengurangi tingkat stress yang cukup tinggi. Selama menjalankan kegiatan ngeblog, ada beberapa hal yang bisa saya pelajari juga rasakan (selain bentuk terapi tentunya) dan akan saya bagi dengan teman-teman semua.


Alasan Saya Ngeblog !


Apa saja yang saya dapatkan selama saya melakukan kegiatan Blogging ?


PENGETAHUAN


Selama proses Blogging sering kali saya mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya gak pernah terpikirkan. Ilmu ini saya dapat setiap kali saya ingin membuat tulisan baru. Mencari ide yang akan dikupas atau melakukan research sebelum membuat draft pada Blog. Pada proses inilah saya banyak belajar tentang hal yang sebelumnya saya gak pernah tahu. Atau kadang informasi ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi, misalnya karena saya ingin membahas tentang review produk, otomatis saya harus mencobanya dulu kan ya.. ? Dan disinilah proses belajar dan pengetahuan baru saya dapatkan. Banyak materi di Blog ini yang tak hanya tentang teori, tapi juga harus dipraktekkan. Entah itu Blogging Tips, art therapy ataupun produktivitas.

Baca juga :  Blogger Expectations vs Reality

KETENANGAN



Angry illustration
Angry illustration


Buat teman-teman yang overthinking , Blogging menjadi media terapi yang menenangkan. Bayangkan jika isi kepala kita didiamkan tanpa didistribusikan keluar, barangkali lama-lama bisa meledak karena kepenuhan pikiran.. hiya..hiya..hiya.. hahahaha.. Fungsi Blogging salah satunya adalah media untuk menumpahkan pikiran kita. Di sinilah Blogging menjadi alat terapi untuk menciptakan ketenangan dalam pikiran.

IDE BARU BERMUNCULAN


Otak kita itu diibaratkan seperti Gelas yang diisi oleh air. Air diibaratkan sebagai pikiran atau ide. Nah kalo seandainya isi yang ada di otak kita ini tidak sering dan sengaja dikeluarkan , pada saat kita menerima pikiran dan ide baru , ide dan pikiran ini akan tumpah ruah donk ya.. ? (Istilahnya ribet banget va..?).


Searching For Ideas


Supaya gak terjadi tumpah yang sia-sia, kita sebagai pemiliki gelas (baca : otak , 😁), harus dengan suka rela mengeluarkan isinya atau membagikan nya ke orang lain. Medianya bisa bermacam-macam. Di atas kertas, kanvas, dan bahkan digital seperti Blogging ini. Semakin sering pikiran dan ide saya keluarkan dan bagikan, semakin banyak ide baru yang bermunculan kembali.


" Hilang satu, tumbuh seribu "

BISA MENJADI DIRI SENDIRI (Be My Self)


Blogging itu sama halnya dengan menyuarakan pikiran kita ya Gaes ?. Semakin sering kita menyuarakan pikiran kita ke dalam Blog, semakin lama kita akan memahami tentang " sebenar-benarnya diri kita ". Ya semacam journaling gitu Gaes, etapi ini ada yang harus di garis bawahi, hihihi. Ini hanya berlaku bagi mereka yang tidak Copas tulisannya dari orang lain loh ya. Yang benar-benar mereka susun sendiri kalimat-kalimatnya. Kalo Copas mah, suara orang lain yang dibagikan. Hahahha..

Baca Juga : 6 Cara Mudah Menentukan Niche Blog

PELEPAS STRES


Mendadak dapat berita atau aksi yang bikin marah-marah, pingin banting pintu, lempar piring atau gigitin pinggiran meja dll. Eitsss... Tunggu dulu !

Jadi inget, biasanya kalo lagi emosi jiwa dan ingin marah-marah, ambil buku trus nulis apapun yang lagi bersiliweran di kepala. Dan aktivitas ini bikin lebih tenang. Masalahnya, kadang lokasi atau keadaan gak memungkinkan saya buat nulis ke dalam buku, " NJUK AKU KUDU PIYE JAL ? ".

Nah disaat kondisi yang kayak gini, Blogging is My Hero. Tinggal buka dashboard, Pilih New Post, tulis judul, bikin tulisan sepuasanyaaaaa... ! Ampe keadaan tenang kembali dan kemudian Save Draft. Perkara ini perlu di edit atau cuma penghias Draft doank juga gak masalah. Yang penting, rasa stress tadi bisa tersalurkan ke dalam tulisan. Jadi jangan heran kalo mengintip isi Draft Blog saya, ada banyak tulisan yang belum dipublish. Hanya penghias dashboard doank gitu.


Illustrated by ewafebri

Keuntungan lainnya ketika menggunakan  Blog saat sedang emosi tidak membaik adalah :

" Kita masih punya waktu untuk  mengedit Blog berulang-ulang,  sebelum mempublishnya kepada khalayak "

Trik ini yang sering saya gunakan. Meskipun proses penulisannya saya lakukan pada saat sedang emosi, bukan berarti saat itu juga tulisan langsung saya publish. Emosi tersalurkan, tapi gak bertindak ceroboh dengan langsung Hit publish. Bedanya ketika saya menggunakan Social Media, proses ini seringkali terabaikan. Saya sering terjebak kemarahan. Dan membuat kecerobohan dengan mempublish curhatan yang di masa mendatang (kemungkinan besar) akan saya sesali.

Itulah kenapa platform Blogging lebih bisa menyelamatkan saya dari " kecerobohan akibat rasa marah yang berlebihan " .

BERINTERAKSI


Saya adalah makhluk yang lebih memilih berkutat dengan buku dan alat tulis. Bukan berarti saya gak berinteraksi loh ya.. ? Hampir setiap hari saya berinteraksi secara langsung dengan customer dan orang lain. Berbincang atau sekedar say Hi.. Karena pekerjaan saya memang menuntut saya untuk selalu bertemu dengan orang lain. Selepas itu saya hanya akan berinteraksi dengan alat tulis dan Gadget.

Blogging membuat saya bisa berinteraksi dengan orang lain yang bermukim puluhan kilometer dari tempat saya tinggal. Berinteraksi dengan topik komunikasi yang berbeda-beda dan bisa belajar banyak dari interaksi tersebut. Berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh banget di mata tapi serasa dekat di hati. Interaksi bisa dilakukan dengan merespon pesan di kolom komentar atau blogwalking ke blog orang lain untuk berburu ilmu pengetahuan atau sekedar berharap BW back. Hahaha.. Tapi paling gak ada komunikasi dan interaksi kan ya.. ? Hihi..


Blogging therapy

MENINGKATKAN KETRAMPILAN / SKILL


Blogging memaksa saya untuk kreatif (emang ada yang maksa.. ? GR aja kamu va !). Gak ada yang " Maksa " sih, tapi Blogging membutuhkan sesuatu yang menarik orang lain untuk mau datang dan membaca tulisan saya. Njuk kalo gak ada yang menarik, mana ada aaang mau datang baca. Apalagi ngubek-ubek  Blog ini.

Karena kelemahan saya terletak pada bahasa dan gaya penulisan (yang ala kadarnya), elemen kreatif ini harus saya tampilkan lewat hal lainnya. Seperti pada tampilan layout dan image pada Blog ini. Di sinilah saya terpaksa harus kreatif. Demi mengumpulkan traffic untuk Blog tercinta ini.

Alasan ini pulalah yang membuat saya harus belajar tentang editing image, illustrasi dan juga cara penulisan tentunya. Jika dibaca-baca lagi, cara saya nulis dulu dan sekarang jelas beda banget ya ? Saya pribadi merasa ada peningkatan. Hihi... (Kalo kayak gini aja ada peningkatan, apa kabar dulu .. ?).

Baca Juga : 4 Langkah membuat konten berkualitas

PENGALAMAN 


Kalo yang ini sudah pasti ya.. hahaha.. Blogging mengajarkan saya tentang banyak pengalaman. Yang berhasil maupun gagal !. Dan itu tidak masalah. Saya menikmati proses belajarnya, meskipun orang lain ngeliatnya biasa aja. Hahhaa..

Banyak pengalaman yang akhirnya membuat saya belajar lagi dan lagi, dan tentunya saya bagikan juga di Blog ini. Hihi.. Seperti kita pertama kali saya berhasil membuat Color Chart, Membuat Zine, Belajar Mengelola Adsense, Belajar membuat Watercolor Pad dll. Semua itu saya lakukan demi untuk membuat  materi konten juga. Hihi..



Itulah 7 Alasan kenapa saya mulai menyukai Blogging dan menjadikannya sebagai media terapi. 

Blogging lebih menenangkan dan gak membuat saya grusa grusu dalam membuat celotehan. Ada moment di mana saya harus berfikir lebih dulu sebelum mempublish tulisan saya ke publik. Ada moment dimana saya harus belajar dan research sebelum saya menyampaikan informasi supaya saya tidak menyampaikan informasi yang salah atau hoax. Ada moment di mana saya harus membaca postingan saya berulang - ulang sebelum saya suguhkan ke pembaca Blog ini. Ada moment dimana saya juga belajar dari feedback teman-teman yang ada di kolom komentar. Ada moment yang membuat saya bersemangat untuk terus menyebarkan kebaikan daripada ikut geger dalam berita yang saya tidak tahu kebenarannya. Dan banyak moment-moment berharga lainnya yang saya dapatkan selama beraktivitas Ngeblog.

Bagaimana dengan kalian ? Di Hari Blogger Nasional ini, apa kesan kalian tentang aktivitas ngeblog yang kalian jalani ? Yuk sharing kesan dan pesannya. Biar ke depannya Dunia Blogger tetap kece, eksis dan terus berkontribusi memberikan infomasi yang positif kepada masyarakat Indonesia.

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL TEMAN TEMAN !



HAPPY BLOGGING !