GRATITUDE JOURNAL


Gratitude Journal adalah
What Is a Gratitude Journal ?

The power of words ! Alias Jangan pernah meremehkan kata-kata ! (Jauh bener ya ? Haha.. ). Salah satu kehebatan Bullet Journal yang mungkin tidak kalian sadari adalah alat yang berpotensi membawa kita ke arah yang lebih baik dan bahagia jadi gak cuma bermain layout atau spread saja.  Hihi.. 

GRATITUDE JOURNAL 

Jika kalian sudah mengenal Bullet Journal sebelumnya, Gratitude Journal bukanlah hal yang asing. Tapi bagi yang baru memulai Bullet Journal, mungkin terdengar aneh.

Gratitude Journal adalah salah satu contoh collection yang umum dibuat oleh para Bullet Journalist dalam Bullet Journal mereka. Gak semua bikin, tapi sebagian besar pernah menggunakannya.

Awal saya membuat Bullet Journal, saya tidak mengikutsertakan collection ini, karena saat itu saya pikir , 

" apa manfaatnya  gratitude journal  sih ? ". 

Eits.. jangan salah ! Ternyata oh ternyata , Ada manfaat tersembunyi dari merekam atau menulis gratitude setiap harinya Gaes.. !

PENGERTIAN GRATITUDE JOURNAL ? (WHAT IS A GRATITUDE JOURNAL ?)



Definisi Gratitude Journal adalah aktivitas mencatat pada journal tentang hal baik dan yang kita syukuri dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dari yang biasa banget , misalnya : Hari ini ada yang ngtraktir aku minum kopi. Sampai hal yang luar biasa, misalnya : Hari ini gajiku naik 200%. dsb 😁..

APA MANFAAT DARI GRATITUDE JOURNAL ? (GRATITUDE JOURNAL BENEFITS)


manfaat gratitude journal


Wah ini gede banget manfaatnya Gaes ! walaupun kelihatanannya aktivitas yang sangat sepele. " Lah.. ngapain capek-capek nyatetin, lah mbok di ingat aja, udah ! ". Eits.. Tunggu dulu ! Simpan dulu opininya (halaaah... Hahaha).

Ada manfaatnya kenapa gratitude journal kita tulis dikertas : 

  1. Gratitude Journal melatih otak kita untuk mencari hal baik yang kita dapatkan hari itu. Menurut Emma Sappala " Otak kita itu cenderung memikirkan atau menyerap informasi yang negatif dibandingkan yang positif " . Oleh karena itu, melatih berfikir tentang hal yang baik itu bisa membantu otak kita untuk selalu menyerap informasi positif . Biar seimbang. Hehehe..
  2. Gratitude Journal bisa mengurangi tingkat kesetresan kita gaes. Biar kita lebih kalem dan tenang. Gak kemrungsung.
  3. Dengan Gratitude Journal, kita bisa berfikir dengan sudut pandang yang berbeda dari sebelumnya. Misalnya, Hari itu peristiwanya adalah Kamu ketinggalan Bus pas berangkat kerja, laripun gak ke kejar (pas kebetulan Jakarta lancar jaya, hahhaa.. ). Nah mendadak ada gebetan lewat yang nawarin bareng. Dalam Gratitude Journal kalian bisa menulis, ~ untung tadi berangkatnya sedikit telat, eh jadi ditebengin sama si doi, dapet nomor telponnya pulak ! , Beuh ~ . Nah.. gak jadi stress kan ? Walaupun ampe kantor, gaji dipotong .. hihi..
  4. Dengan seringnya kalian tulis dikertas, lama-lama kalian bisa melihat lebih jelas, sebenernya apa sih hal yang ingin kalian capai dalam kehidupan kalian.. ? Apa sih hal yang menurut kalian itu penting ? Dsb. Karena jika hal-hal baik itu hanya ada dalam pikiran, biasanya akan lenyap tertimbun pikiran baru lainnya. Mengakibatkan kita jadi lupa bersyukur. Hahhaa.. ealaaah.
  5. Dengan Gratitude Journal, kalian bisa lebih memahami diri kalian sendiri, dan lebih aware (peduli) tentang diri kalian sendiri.
  6. Nah.. ini juga nih manfaat Gratitude Journal yang awalnya kita anggap sepele. Jika suatu hari kalian merasa terpuruk, sedih luar biasa, bahkan ampe gak bisa mengingat hal baik dihari itu, kalian bisa membaca kembali gratitude journal kalian ! Dan kalian bisa melihat seberapa banyak hal baik yang sudah pernah kalian terima dan dapatkan selama ini. Mengingatkan kita kembali untuk selalu bersyukur dan bersabar apapun yang sudah terjadi dalam hidup kita. Bahwa kesedihan yang kalian rasakan hari itu, bukanlah apa-apa dibandingkan dengan kebahagiaan yang pernah kalian dapatkan sebelumnya. Jadi semangatlah ! There's a rainbow after storm (halaaah).
  7. Gratitude Journal juga melatih otak kita untuk mengingat suatu peristiwa baik dan patut disyukuri. Dengan begitu, ingatan kita jadi lebih tajam gaes.
  8. Jika dilakukan dalam kurun waktu yang lama, Gratitude journal akan membantu merubah sikap pesimismu menjadi lebih optimis. Karena kita selalu berfikir tentang hal positifnya, iya kan ?
  9. Dan juga bisa membantu menemukan solusi lebih cepat. Karena kan stock optimis kita lebih banyak. Iya to.. ?
  10. Gratitude Journal juga cocok banget dilakukan oleh orang-orang yang ingin mengembangkan dirinya dengan cara merubah mindsetnya secara perlahan-lahan.

    Jadi, kalo seandainya kalian merasa apa yang kalian lakukan selama ini kayaknya sia-sia aja, gak ada manfaatnya, atau kok perasaan aku gak pernah beruntung ya.. ? Hidup rasanya cuma gini-gini aja. Sudah saatnya kalian mencoba membuat Gratitude Journal !.

    CARA MEMBUAT GRATITUDE JOURNAL (HOW DO YOU WRITE GRATITUDE JOURNAL ?)


    Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan dalam membuat Gratitude Journal : 

    Kalian bisa menjadikannya Collection dalam Bullet Journal kalian, dan buatlah minimal 1 hal baik yang harus kalian catat setiap harinya. Kalo ingin lebih menantang lagi, kalian bisa membuat patokan, tiap hari harus menemukan 5 hal baik yang terjadi dalam hidup kalian. Hihi.. 

    GRATITUDE JOURNAL  DALAM BULLET JOURNAL  

    Ada banyak cara yang bisa kita gunakan dalam membuat Gratitude Journal Layout untuk Bullet Journal kita Gaes.


    Bullet Journal For Mental Health


    Jika kalian tidak mau repot bikin halaman khusus atau collection, kalian bisa menginput gratitude kalian dalam Rapid Logging. Bercampur dengan Task dan Event. Kalian juga bisa membuat bullet (simbol) sendiri yang menandakan bahwa rapid logging tersebut adalah tentang gratitude.

    Ingin lebih terorganisir dan lebih terstruktur ? Kalian bisa membuat layout khusus tentang Gratitude Journal sebagai collection , seperti contoh gambar di bawah ini.

    Gratitude Journal memiliki banyak nama, dan tergantung Bullet Journalistnya. Kalian bisa menggunakan nama Memories, I am Grateful For.. , atau apa saja. Yang terpenting isinya adalah hal yang positif.


    Bullet Journal For Mental Health
    Gratitude Journal yang saya namai Memories :)) 


    Gak mau ribet, harus bikin garis-garis dan lainnya ? Kalian bisa menggunakan model seperti yang dibawah ini :


    Bullet Journal For Mental Health
    Layout Gratitude Journal yang bebas Hambatan.

    Model diatas paling simpel. Kalian bisa menuliskan judul ditengah dan sekelilingnya cukup diisi dengan gratitude.

    Pada contoh diatas, kita lebih terasa bebas dan gak terkesan dipaksa harus menulis setiap hari. Karena gak ada format tanggal dan hari didalemnya. Lagipula kalian bisa menuliskan gratitude journal lebih dari satu setiap harinya, atau bisa skip hari tanpa ketahuan.. (curang ini mah.. hahhaa.. ).


    Bullet Journal For Mental Health
    Gratitude Journal 1 Column 

    Gak sanggup nulis gratitude sebanyak 2 lembar ? Ya gak masalah ! Kalian bisa menulisnya dalam 1 lembar saja. Yang terpenting sebenarnya adalah tujuan kita mencatat Gratitude itu apa.

    Tujuan utamanya kan melatih otak kita untuk selalu berfikir positif kan ? Nah, ini bisa dilakukan untuk yang baru mulai bikin Gratitude journal. Karena gak ada batasan tanggal, hari, dan jumlah gratitude yang ditulis. Pokoknya bebaslah. 

    GRATITUDE JOURNAL (DIARY)

    Cara yang kedua, sengaja membuat journal khusus (terpisah) semacam Diary. Bedanya kalo Diary kan isinya bisa sedih bisa seneng, nah kalo yang ini harus seneng e saja. Sedihnya gak usah dicatat kecuali dengan menambahkan opini positif setelahnya.  Misal : Hari ini dompet ketinggalan, eh.. Alhamdulilah dapet bonus cash. Hihihi.. 

    Cara selanjutnya adalah memiliki buku khusus yang kita gunakan sebagai Gratitude Journal. Karena saya tidak memiliki buku khususnya, saya contohkan dari Quranic Journal saya aja ya.. ? Hahhaa.. Isinya tentang hal positif juga kok, meskipun sebagian (diawalnya) saya tuliskan isunya kemudian saya coba cari hal positif yang berhubungan dengan isu tersebut.


    Bullet Journal For Mental Health
    Contoh penulisan Gratitude Journal dalam Quranic Journal 

    Atau kalian juga bisa menuliskannya tanpa layout yang ribet, tapi gak masalah kalo sedikit dipercantik. Apalagi buat yang hobi gambar, iya kan ? Hihi.. 


    Bullet Journal For Mental Health
    Gratitude Journal dalam Quranic Journal 

    Gak harus menggunakan layout 2 kolom. Satu kolompun gak masalah. Gak harus berwarna-warni tulisannya. 1 warnapun gak masalah. Yang penting kan gratitude journal benefits nya.. iya kan ? 

    Nah.. Itulah tadi Pengertian tentang Gratitude Journal, Manfaat Gratitude Journal , Cara membuat Gratitude Journal dan Gratitude Journal Ideasnya. Semoga postingan ini bisa memotivasi kalian untuk selalu optimis dalam kehidupan ini. Yeay..