BULLET JOURNAL INDONESIA | 7 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMBUAT BULLET JOURNAL

7 alasan kenapa kamu harus membuat bullet journal

Kurang Produktif dan fokus adalah permasalahan yang paling sering kita alami ya guys. Apalagi sehabis weekend atau libur panjang, bawaannya pingin leyeh-leyeh sambil browsing internet. Hihihi. 
Kalo kamu menghadapi permasalahan yang sama, sudah saatnya kamu harus mencoba membuat bullet journal demi kebahagianmu kelak.. (lho.. ?!?). Hahaha..

7 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMBUAT BULLET JOURNAL ! 


Memulai Bullet Journal gak sulit kok, yang terpenting pahami fungsi dan manfaatnya. Nah 7 manfaat dibawah ini, bisa kalian jadikan motivasi membuat Bullet Journal.

BULLET JOURNAL MEMBANTUMU UNTUK FOKUS MELAKUKAN SESUATU.


Salah satu alasan kenapa dulu saya belajar bullet journal adalah karena ingin bisa lebih fokus dalam bekerja. Sering kali kita bingung mau ngerjain apa saja hari itu, nah ini yang akhirnya membuat kita jadi menunda-nunda pekerjaan dan membuat kerjaan kita jadi lebih menumpuk lagi. Hihihi.

Rapid Logging adalah salah satu alat ampuh mengatasi masalah ini. Setiap hari, otak kita dirangsang untuk melihat secara utuh pekerjaan apa saja yang harus kita kerjakan hari itu. Caranya pun sangat mudah : 

  • Buat list pekerjaan yang harus kalian selesaikan hari itu diselembar kertas. Buat sebanyak-banyaknya, dari mulai yang gak penting sampai yang penting banget.
  • Review list pekerjaan yang sudah kalian liat beri label (biasa, penting, penting banget, harus) pada setiap list pekerjaan. 
  • Pilih 3 pekerjaan yang kalian anggap penting, penting banget dan harus ! (Bisa lebih banyak kalo mau, hehe.. tapi bagi saya 3 pekerjaan itu sudah lumayan banyak hihi.. ) 
  • Kerjakan mulai dari label Harus, Penting Banget kemudian Penting
  • And... Boomed ! Selamat ! Kalian sudah mulai bisa fokus hari ini ! Hihihi.. 

Dalam bullet journal, Rapid longging adalah bahasa yang digunakan untuk merekam pekerjaan yang akan dan sudah kita kerjakan setiap harinya. Karena ini kegiatan rapid logging yang kita kerjakan secara rutin setiap hari ini akan melatih kita untuk bisa lebih fokus pada pekerjaan. 

BULLET JOURNAL MEMBUATMU LEBIH PRODUKTIF ! 



© ewafebri



Semakin kita fokus terhadap pekerjaan, semakin membuat kita lebih produktif. Itu sudah pasti, hihi.. bayangkan, setidaknya ada 3 pekerjaan setiap harinya yang bisa kita selesaikan. Hmm.. apalagi kalo seandainya kalian bisa menambahkan list pekerjaannya. Dijamin, hidup kalian makin produktif ! Dan bernilai tentunya.. ! Hihi.. 


BULLET JOURNAL MEMBANTUMU LEBIH TERORGANISIR ! 




© ewafebri



Adanya kegiatan semacam rapid logging dan pembuatan list pekerjaan membantu hidupmu lebih terorganisir. Terlebih lagi didalam membuat bullet journal kita dibiasakan untuk membuat berdasarkan kategori. Yang biasanya semrawut jadi lebih teratur. Hihi.. Memang butuh waktu tidak sedikit untuk bisa merasakan dampaknya, tapi percayalah dalam kurun waktu satu bulan dan benar-benar kalian kerjakan, akan terasa dampak dan manfaat bullet journal ! 


BULLET JOURNAL MEMBUATMU LEBIH KREATIF DAN ARTSY ! 



© ewafebri



Selain menjadi lebih fokus, produktif dan terorganisir, bullet journal bisa membuatmu lebih kreatif lho. Pembuatan komponen dan layout yang fleksible (mudah diotak-atik) membuat kita jadi makin kreatif. Jangan takut untuk bereksplorasi dan menuangkan kreatifitas dalam bullet journal kita. Gak ada salahnya planner kita kelihatan cantik ! Biar makin semangat membaca dan ngerjainnya !.


Kalian bisa menambahkan lettering pada setiap judul komponen atau layout baru, menambahkan doodle atau gambar-gambar, bahkan bisa menghiasnya dengan sticker atau tulisan warna-warni. Hihi.. pokoknya bebas !


BULLET JOURNAL MEMBANTUMU MELACAK (TRACK) GOAL, HABIT DAN PROJECT YANG SEDANG KALIAN KERJAKAN ! 




© ewafebri



Salah satu keistemewaan bullet journal adalah sistem trackingnya. Kalian bisa mengtrack progress pekerjaan, goal ataupun habit kalian. Bukan hanya itu, dengan bullet journal kalian juga bisa mereview pekerjaan, goal dan habit yang sudah kalian kerjakan. Mana pekerjaan yang harus dilanjutkan, diperbaiki atau harus diganti strateginya. Semua itu bisa kalian lakukan dengan bantuan bullet Journal. 


© ewafebri



BULLET JOURNAL BISA MEMBANTU KALIAN REHAT SEJENAK DARI MEDIA SOSIAL ATAU DUNIA DIGITAL ! 






Keunggulan bullet journal yang lainnya adalah sistem analog dan manualnya. Sistem ini yang menolong kita rehat sejenak dari dunia digital. Kita bisa mengotak-atik bullet journal dengan menjadikannya media gambar, lukis, atau sekedar journaling. Merekam memori kita dan melepaskan penat dikepala. 


BULLET JOURNAL ITU MURAH DAN MENYENANGKAN ! 







Tapi buku bullet journal mahal kak... ? Siapa bilang ! Hihi.. Pada dasarnya, bullet journal itu murah banget, kalian cuma butuh buku tulis dan pulpen saja. Gak harus mahal. Buku tulis biasa buat sekolahpun jadi, yang penting pahami sistemnya. Setelah itu baru kalian berkreasi. Hehehe.


Buku Bullet Journal dengan harga Rp. 16.000,-


Yang menjadikan bullet journal terkesan mahal itu sebenernya terletak pada pilihan brand notebook yang dipake sebagian bullet journalist. Semacam Leuchttrum 1917 ataupun Moleskine. Padahal gak harus menggunakan merk itu. 

Selain itu, masalah tektur kertasnya. Antara dotted dan kotak-kotak, padahal menggunakan yang bentuk garis juga bisa. Karena kebanyakan bullet journalist menggunakan 2 tekstur itu, mengakibatkan seolah-olah bullet journal wajib menggunakan brand dan tekstur kertas yang sama. 

Jika kalian ingin menggunakan tekstur yang sama tapi lebih ekonomis, saya sudah membahasnya dalam postingan BULLET JOURNAL SUPPLIES (INDONESIA). Jangan lupa di eksplorasi juga. 

Yang perlu digarisbawahi, bahwa manfaat bullet journal tidak datang dengan cara instant. Jadi harus bersabar, dan jangan menyerah !. Sambil terus belajar memahami bullet journal, jangan lupa juga untuk mengeksplorasi layout-layout dijamin seru ! Hehhe...



HAPPY BUJOING !