BULLET JOURNAL INDONESIA | SELF IMPROVEMENT CHALLENGE IDEAS 2017

Bullet journal indonesia personal development
Self Development


Resolusi terpenting tahun 2017 buat saya adalah PERUBAHAN. Entah di bidang apapun itu yang penting saatnya menuju perubahan (ke arah yang lebih baik tentunya) hehe.. Oleh karena itu, tahun ini saya membuat self improvement challenge supaya resolusi 2017 tercapai. Apa saya challenge yang akan saya gunakan tahun ini ? Simak ide-idenya yuk ! 

SELF IMPROVEMENT CHALLENGE IDEAS


Personal development ini menjadi aspek yang paling penting buat saya. Bagi saya untuk melakukan perubahan menyeluruh yang menjadi prioritas utama adalah merubah cara pikir (mindset) atau revolusi mental lebih dahulu. Sulit rasanya jika kita ingin melakukan perubahan tapi cara pikir kita tidak ikut dirubah terlebih dahulu. Hmm.. Kerja keras rasanya, bukan kerja pintar (hardwork not smart work) hihi..



Self improvement challenge adalah salah satu cara saya untuk mencapai tujuan yang saya inginkan. Dan berikut diantaranya.

GRATITUDE CHALLENGE


Saya adalah tipikal orang yang cenderung memiliki pikiran yang negatif dan pesimis. Rasanya cara pikir ini yang pertama saya harus hilangkan. Langkah pertama adalah dengan mencatat semua hal yang positif dan mencatat semua hal yang saya syukuri dalam sebuah journal. Dengan begitu saya termotivasi untuk selalu berfikir dan melakukan hal yang positif.


gratitude journal ideas
Prompt Gratitude Challenge


Challenge ini bisa kalian gunakan sebagai Collection dalam Bullet Journal, atau membuat buku khusus yang berisi tentang gratitude journal. Jika kalian merasa kesulitan di awal, cobalah untuk membuat aturan sendiri. Misalnya : Tulislah 2 hal yang kamu syukuri hari ini. Jawabannya bisa secara umum sampai spesifik. Contoh umum, " Alhamdulilah hari ini saya tetap diberikan rahmat bisa bernafas 🥰 dengan lancar (bukan dalam kubur 🤭) ".

AFFIRMATION CHALLENGE


Sama halnya dengan gratitude challenge , affirmation challenge adalah salah satu cara saya untuk menyuntikkan hal-hal yang positif ke dalam pikiran/otak saya. Tujuannya supaya otak saya terbiasa dengan hal-hal yang positif.


self improvement challenge ideas
Affirmation Challenge

Perbedaan keduanya adalah : 


  • Gratitude lebih pada me-review atau bersyukur tentang kejadian/peristiwa yang terjadi.
  • Sementara affirmation adalah hal/kalimat/pikiran yang sifatnya positif yang bisa saja terjadi ataupun belum atau bahkan tidak sama sekali.

52 WEEKS SAVING CHALLENGE


Nah kalo challenge satu ini adalah challenge yang berhubungan dengan finansial, hehe.. Gak perlu banyak menabungnya, yang penting harus dan rutin. Selain ngumpulin uang, challenge ini juga membuat saya belajar pada komitmen dan konsisten. Plus.. Belajar sabar. Hehe..


saving challenge ideas
SAVING LAYOUT

READING CHALLENGE


Nah kalo challenge yang satu ini berhubungan dengan pengetahuan/knowledge, jika sebelumnya saya hanya membuat tracker tanpa ada target buku apa saja yang saya baca, tahun ini konsepnya berbeda. Saya membuat beberapa kategori yang harus saya baca, apa itu tentang hobbi, fiksi, sejarah, seri atau yang lainnya. Tujuannya supaya saya tidak hanya membaca buku fiksi atau novel saja, tapi semuanya bisa saya baca.

Dan beginilah cara saya mensetup di bullet journal.


READING CHALLENGE


Begitulah kira-kira self improvement challenge ideas yang ingin saya ikuti tahun ini, semoga saya bisa menyelesaikannya sampai akhir. Amin.

Buat temen-temen yang punya challenge lainnya yang akan dilakukan dan ingin berbagi ide, silahkan komentar di kolom comment. Siapa tahu saya juga ingin mencobanya.. Amieen.. Terima kasih sudah membaca blog ini dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

HAPPY BUJOING !