BULLET JOURNAL INDONESIA | PODCAST TRACKER IDEAS

bullet journal indonesia podcast tracker ideas


Barangkali ada yang seperti saya, telat mengetahui tentang apa itu Podcast ? hihihi.. Kalian tak sendiri, saya pun juga baru tahu. Hari ini saya akan membahas tentang Podcast. Dan bagaimana cara saya mensetup Podcast di Bullet Journal. Emang bisa dibuat layoutnya ? Bisa kok ! Yuk makanya kita bahas.

BULLET JOURNAL INDONESIA | PODCAST 


Apa itu PODCAST ? Apa manfaatnya ? Dan bagaimana caranya ? Tentu pertanyaan ini mendadak menyerang kita saat membaca judul artikelnya. Oleh karena itu saya ingin membahasnya satu per satu.

AWAL MULA MENGENAL PODCAST


Saya mengenal podcast sekitar 3 atau 4 tahun lalu. Karena di windows phone ada aplikasinya. Saat itu saya mikir, "Apa gunanya nie podcast ?" .

Dan kemudian saya mencoba download beberapa podcast, dan kesimpulannya "owh.. Mirip radio ?", dan... udah gitu aja. Gak pernah dipake lagi. Hahaha..

Hingga sebulan yang lalu, saya membaca sebuah artikel tentang apa manfaat mendengarkan podcast. Seketika itu saya langsung mendownload aplikasinya lagi (kali ini di android). Hihi..

PENGERTIAN PODCAST


podcast indonesia


PODCAST menurut wikipedia adalah

" an epidemic series of digital audio or video files which user can download and listen to "

Yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia mungkin maksudnya adalah

" file digital yang berbentuk audio maupun video dengan beberapa episode yang bisa kita download dan dengarkan " 

PODCAST sendiri adalah singkatan dari Ipod + Broadcast. Meskipun begitu, podcast tidak hanya ada di Iphone atau Ipod saja, tapi juga merambah android dan Windows Phone.


logo podcast addict


Podcast ini semacam radio. Hanya saja kita bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk mendengarkannya.

File podcast bisa didownload dan disimpan di handphone kita, ini memudahkan kita untuk memilih waktu dan materi yang cocok untuk mendengarkannya.

MANFAAT PODCAST


Sayangnya podcast belum begitu familiar di Indonesia, walaupun sebenarnya sudah ada. Kebanyakan podcast yang ada menggunakan bahasa Inggris, dan kalo buat saya ini juga bisa menjadi sarana belajar bahasa Inggris.

Selain sebagai sarana belajar, Podcast juga memiliki manfaat yang lainnya. Ini beberapa keuntungan yang saya dapatkan setelah mendengarkan Podcast. 

Keuntungan menggunakan Podcast adalah


  1. Kita bisa menambah ilmu pengetahuan dan informasi (jika yang kita download materi yang berfaedah tentu saja 😂)
  2. Mudah didengarkan karena materi dan waktu, bisa kita tentukan sendiri.
  3. Tidak banyak iklan seperti radio.
  4. Ada banyak pilihan materi yang bisa kita download, dari yang sifatnya komedi hingga politik.
  5. Cara belajar gratis 😂😂😂😂😂.
  6. Setiap ada episode baru dari channel yang kita berlangganan, secara otomatis akan terupdate pada podcast kita.
  7. Memanfaatkan waktu luang kita dengan hal yang faedah. (Mengurangi nyinyir dimedia sosial dan mengurangi asupan informasi (gosip) negatif).
  8. Cara alternatif jika kita tidak sempat membaca.
  9. Bisa lebih teredukasi dan termotivasi.
  10. Hiburan sebagai pengganti televisi. Hihi..
  11. Bisa mendengarkan sambil mengerjakan pekerjaan lain.
  12. Sebagai teman perjalanan kita.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan podcast yang saya rasakan.

PODCAST ADDICT [REVIEW APK]


Saya pribadi menggunakan aplikasi Podcast addict di android (bisa di download di playstore). Aplikasi yang menurut saya sangat mudah dioperasikan, bahkan bagi seorang pemula.


pengertian podcast adalah


Karena bawaan di handphonenya tidak ada, saya menggunakan 3rd party aplikasi. Sejauh ini aplikasinya sangat bagus.

Dan jika kita sudah mendownload filenya, kita bisa mendengarkannya tanpa harus menyedot pulsa data kita lagi. Setelahnya pun, kita bisa langsung menghapusnya untuk menambah space pada memori kita.

Berikut ini adalah gambaran menu dan setting yang ada pada aplikasi podcast addict.

MENU SETTING


rekomendasi aplikasi podcast untuk android


Ada banyak pilihan kategori yang disediakan. Kita tinggal memilih materi apa yang ingin kita dengarkan. Saya suka mendengarkan tentang Produktifitas dan juga Self Development. Oleh karena itu, channel sayapun kebanyakan materi tersebut.

MENU CHANNEL


aplikasi terbaik podcast untuk android


Display channel yang kita subscribe (langganan) pada menu bisa berbentuk list atau grid (kotak-kotak seperti contoh di atas). Beberapa channel yang sering saya dengarkan di antaranya adalah :

  • Pick The Brain
  • The Minimalist
  • TED
  • Lifehack

Masih banyak channel lainnya yang saya subscribe. Asal kelihatan informatif, pasti saya subscribe.


MENU DOWNLOADED PODCAST


Gambar di bawah ini adalah penampakan list podcast yang sudah kita download. List ini bersumber dari beberapa channel yang sudah saya subscribe. Owh iya, saya sering mendownload saat ada wifi. Biar awet kuotanya. Hahhaa..


rekomendasi channel podcast terbaik


Ada nama judul Podcast, snippet, nama Channelnya, besarnya ukuran file bahkan lamanya siaranpun juga ada. Sangat lengkap nie. Kita jadi tahu kapan waktu ter-PW (Slang - baca Pe We : Paling Wueeenak) mendengarkannya.

Hebatnya lagi nie, Podcast Addict juga otomatis mengupdate jika ada muncul podcast baru. Ini berlaku untuk channel yang kita subscribe saja ya.


SETUP PODCAST DI BULLET JOURNAL



Sebagai seorang Bullet Journalist, tentu belum sah kalo belum ada spreadnya ? Iya kan.. ? Hahaha.. Dan berikut ini adalah spread tentang podcast pada bullet journal saya.

THE REASON


setup podcast di bullet journal

Ini adalah catatan kecil saya sebagai bentuk motivasi, kenapa saya harus mendengarkan Podcast. 

Sebelum saya mendownload aplikasinya, saya perlu tahu kenapa saya membutuhkan podcast. Dan seperti yang sudah saya cantumkan diatas, ada banyak manfaatnya.

PODCAST LOG [ TRACKER ]


podcast layout ideas


PODCAST LOG [Tracker] / LIST adalah spread yang saya gunakan untuk rekam jejak podcast apa saja dan tentang apa yang sudah saya dengarkan.

Teknik pencatatan yang saya gunakan adalah serupa metode Cornell System. Saya mengelompokan menjadi 2 kolom sesuai nama channel dan materinya.


bullet journal podcast tracker ideas



  • Kolom sebelah kiri (yang lebih kecil) saya gunakan untuk mencatat channel (dan highlight) 
  • Sebelah kanan saya isi tentang materi podcast. Biasanya saya mencatat informasi yang penting. Dengan begitu saya jadi tahu apa saja yang sudah didengarkan.

Sayangnya saya baru menyadari pentingnya dan manfaat podcast sekarang. Ah coba dari saat pertama mengenalnya dulu.

Bagaimana dengan kamu ? Apakah punya pengalaman mendengarkan Podcast ? Channel apa saja yang menjadi favorite kamu ? Share di kolom komentar yuk ! Biar bisa jadi referensi channel buat pembaca lainnya. Hihi.. 

HAPPY BUJOING !