Monday, November 27, 2017

EWA'S GUEST : BULLET JOURNAL WITH THE BLUE PLANNER

Yes.. Saatnya Ewa's Guest.. !

Hallo teman-teman.. Ewa's Guest kali ini adalah kak pinta. Admin cantik dibelakang account iconic The Blue Planner.
Kali ini saya sempat bertanya tentang pesan dan kesannya selama menekuni Bullet Journal.

Dan berikut ini adalah cuplikan tanya jawab bersama the blue planner :

1. Sebelum membahas tentang banyak hal menyangkut bujo, bolehkah sedikit bercerita tentang kegiatan kak pinta ? 


" Halo, kebetulan saat ini aku berprofesi sebagai Sekretaris Direktur di suatu Rumah Sakit swasta di Kota Bekasi. Jadi kebetulan kerjaannya memang di seputar planning, scheduling, arrange meeting, arrange appointment,  kalau enggak planning, bisa kacau semua kerjaan, haha. "



2. Sejak kapan mengenal dan memulai Bujo ? 

" Untuk menjawab ini aku harus lihat postingan IGku karena Bujo yang jaman pertama nggak dibawa ke kantor, hehe. Ternyata ada si sekitaran bulan September 2016, lama juga ya euy. "

3. Siapa inspirasi kak pinta pertama kali saat mencoba bujo.. ? 

" Hmm...untuk ini sepertinya aku nggak ada inspirasi awal. Pada suatu waktu melihat banyak postingan Bullet Journal seliweran di timeline IG, kulihat-lihat tampilannya bagus ya, kemudian jadi tertarik untuk cari tau lebih banyak di Pinterest, merasa bahwa cara ini kayaknya bisa diterapkan untuk membantu kerjaan, dan guide untuk membuat Bujo pertama kali dapat dari Pinterest..."

4. Dari banyaknya akun bujo yang mulai berkembang di Indonesia. Akun kak pinta itu paling eye catching dan iconic banget.. ? Boleh ceritakan ide awalnya ? 

" Terima kasih ya...aku tersanjung jadinya, hehe. Ide awalnya untuk biru-biru nggak hanya aku terapkan ke Bujo, tapi juga ke semua journal, planning non bujo, and literally every single thing in my life! Haha, semua yang ada di hidupku warnanya biru, aku suka biru dan aku terbiasa membuat segala sesuatu tentang aku identic dengan warna biru, untuk identitas. Biru buat aku warna yang cocok untuk di planner dan nilai filosofi nya juga bagus.. Hehe. "



5. Bujo identik dengan setup, yang bisa dilakukan setiap bulan atau tahunan.. ? Buat kak pinta sendiri, komponen apa yang wajib di setup setiap bulannya ? Dan apa alasannya? 


" Wah, aku pribadi setup Bujo setiap minggu, nggak bulanan ataupun tahunan. Udah pernah coba bulanan tapi sepertinya ritme pekerjaanku terlalu dinamis sehingga nggak bisa dalam satu bulan menggunakan layout atau system yang sama. Ada minggu-minggu dimana nggak ngeBujo juga pernah karena saking cepatnya semua, sampe rapid logging pun enggak bisa, semua aku kerjakan spontan karena instruksi datang silih berganti. Tapi pada akhirnya semua terdokumentasi dengan baik saat aku ada spare time aku catat ulang. Komponen yang wajib ada (kalau persepsi aku nggak salah tentang pertanyaan ini) adalah tasks dan events. Task itu kudu wajib banget ya kalo buatku karena itu intinya sih sebenernya hehe. Kalau event, aku suka mencatat hal-hal penting di suatu tanggal misalkan kapan Direktur aku mengeluarkan suatu kebijakan atau kalau ada hal penting terjadi misalkan pasien meninggal atau apa (hiks) jadi kalau Direktur aku tiba-tiba tanya "Eh si Dokter Spesialis A kapan ya mulai praktek di kita?" aku punya recordnya. "




6. Apa saja essential tool menurut kak pinta ? 

" Kalo aku pasti yang basic-basic aja seperti hardcover notebook yang dotted, pulpen yang enak dan penggaris. Karena sayangnya aku nggak punya bakat menggambar hehe sehingga semuanya harus pake penggaris. "



7. Adakah komponen atau teknik special/spesifik yang kak pinta implementasikan pada bujonya.. ? (Misal, color code, calendex.. Dll). 

" Sampai saat ini, aku masih pengen explore Bujo sampai ke hal yang paling detail, rasanya banyak banget teknik atau system dari Bujo yang aku belum kuasai, jadi masih coba-coba, kalo pake ini gimana ya, kalo pake itu bisa atau enggak ya, jadi jawabannya adalah tidak ada. "



8. Menurut kak pinta, bagaimana perkembangan bujo di Indonesia ?

" Awalnya aku merasa kayaknya sepi-sepi aja di Indo, tapi makin kesini makin rame, kenal sama kak Evva, gabung di group Bullet Journal Indo, jadi tau bahwa ibaratnya aku nggak berjalan sendirian (cieilah) "

9. Buat ingin memulai bujo, adakah saran dan tips yang ingin kak pinta sampaikan kepada pembaca ? 

" Owwww kalo ini ada banget, tapi sekalian promosi. Aku seneng banget waktu mencoba untuk mentranslate Bullet Journal Quick Reference Guide punyanya Kim dari Tiny Ray of Sunshine yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan, pas bikin itu awalnya pengen mentranslate pake Bahasa sendiri, tapi karena aku terpaku pada Bahasa yang digunakan oleh Kim, jadinya guide bujo dalam Bahasa Indonesia yang kayaknya nggak bagus-bagus amat, but it took a lot of my effort so I kinda proud of it. Referensi Singkat untuk Bullet Journal bisa di download di websitenya Kim di tinyrayofsunshine.com.



Itulah tadi sekelumit kisah kak pinta dan the blue plannernya. Postingan IG nya sangat memanjakan mata, terutama pecinta warna biru. Hihi.. Jangan lupa follow IGnya supaya bisa selalu update sama postingannya yang kece.

Dan teruntuk kak pinta, sekali lagi terima kasih banyak sudah meluangkan waktunya yang sangat berharga untuk berbagi kisah di blog tercinta ini. Semoga kisah kak pinta dan si biru bisa menginspirasi banyak pembaca di blog ini. Dan buat pembaca tercinta, terima kasih sudah membaca dan meramaikan blog ini.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya..

No comments: