Skip to main content

DUOLINGO IN BULLET JOURNAL

Mempelajari hal baru adalah komitmen saya di tahun ini. Obyek yang dipelajari bisa bermacam-macam. Bisa tentang craft, tentang doodle, tentang self development atau bahkan tentang bahasa baru.
Hihi..
Apapun obyeknya yang terpenting adalah obyek yang mampu membuat kita menjadi lebih baik dan berguna bukan hanya untuk kita tapi juga untuk sekitar kita.

Pernahkah teman-teman membayangkan belajar bahasa sambil bermain game... ?

Nah, kalo teman-teman masih ingat tentang postingan saya beberapa bulan lalu (bagi yang sering membaca postingan blog ini), tentu teman-teman bisa menebak tentang sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mempelajari bahasa.
Yup.. Aplikasi Duolingo
Aplikasi yang menurut saya menarik dan mudah digunakan oleh penggunanya untuk belajar bahasa.
Jika sebelumnya saya belajar tentang bahasa Perancis, kali ini saya ingin belajar tentang bahasa sekaligus cara baca hurufnya. Hehe..
Penasaran.. ?

Hangul adalah huruf yang digunakan dalam bahasa korea (nah, ini saya kurang paham, apa cuma korea selatan atau kedua korea).
Sama seperti katakana, hiragana, ataupun kanji, hangul memiliki susunan silabel dalam pengunaannya.

Saya gak akan membahas teknik bahasanya, haha.. Karena memang saya tidak mempelajarinya secara formal,
Saya hanya ingin berbagi dan mengenalkan pada teman-teman, bahwa kita bisa belajar bahasa dengan cara yang menyenangkan dan mudah. Terutama saya ingin berbagi bagaimana belajar bahasa mengunakan duolingo dan menerapkannya pada bullet journal.

Seperti yang kita ketahui bahwa bullet journal itu sifatnya fleksibel dan mempunyai gaya tarik tersendiri terutama karena keanekaragaman layout dan idenya. Jadi yang ingin saya bahas disini adalah bagaimana saya mensetup bullet journal saya untuk belajar bahasa. Hehe..

1. Goals




Entah kenapa, buat saya goals seperti keharusan. Hahaa.. Fungsinya supaya saya tahu kemana arah tujuannya, dan sejauh mana progress yang akan saya capai. Ada beberapa hari dimana saya merasa hilang mood belajar, atau dimana saya rasanya tidak ingin berhenti belajar. Dengan membuat sebuah goal, saya ingin memastikan bahwa progress yang saya jalankan ada endingnya. Supaya tidak merasa lelah berkepanjangan.

2. Duolingo Tracker



Jika kita sudah menentukan goalnya, sudah saatnya kita melacak progressnya. Apa usaha kita sesuai dan nyata atau hanya diam ditempat. Jika kita mengetahui permasalahan kenapa kita diam ditempat, itu artinya saatnya kita mencari inspirasi, motivasi dan bantuan solusi yang lain.

3. Note Taking




Mempelajari sebuah bahasa yang tidak hanya mengandalkan pengucapan dan tata bahasa saja, butuh media lain (seperti menulis) untuk bisa lebih baik lagi. Seperti halnya belajar bahasa jepang dengan kanjinya atau bahasa arab dengan huruf hijaiyahnya, belajar bahasa korea juga memerlukan bantuan media tulis. Karena selain susunan tata bahasa dan artinya serta pengucapan, kita juga harus belajar penulisan hurufnya. Yang disebut Hangul.



Ada berbagai metode cara belajar yang bisa kita gunakan dalam belajar bahasa. Menggunakan aplikasi seperti duolingo, kursus bahasa, atau mendengarkan lirik lagu dan membaca buku atau teks film. Dan yang menarik adalah Flash Card.

Emang bisa flash card di bullet journal.. ?

Bukan "pure" flash card pada umumnya, tapi cara ini mengadaptasi dari metode flash card. Terinspirasi dari halaman blog tumblr nanastudies, saya menggunakan metode flash card untuk belajar bahasa. Terutama untuk membantu menghafal kata dan artinya. Plus karena ini sifatnya "customable", kita juga bisa belajar menulis huruf-hurufnya sekaligus.



Menyenangkan dan mudah kan.. ? Hehe.. Kita cukup menulis tulisan hangul di post it dan artinya dibagian bawahnya. Kalo kita mulai ragu akan jawabannya, kita bisa ngintip arti dibawahnya. Hahaa..

Begitulah kira-kira cara mensetup belajar bahasa di bullet journal. Semoga postingan ini membantu teman-teman yang sedang mencari cara bagaimana membuat spread dibujonya. Metode ini juga bisa diterapkan untuk belajar bahasa arab, mandarin, tulisan jepang dll. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Dan jangan lupa untuk tetap stay tuned di blog tercinta ini, karena saya akan terus (berusaha) membagikan informasi yang bermanfaat buat teman-teman.

Selamat berakhir pekan. Sampai jumpa bulan depan.. See ya..

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..