ART THERAPY IDEAS | D.I.Y WATERCOLOR PAD (MTN'S INSERT)

CARA MEMBUAT WATERCOLOR PAD


Bulan Agustus ini seperti bulan yang akan membuat saya kembali produktif. Alasannya, karena saya punya banyak waktu luang dirumah dibanding bulan lalu yang justru habis untuk perjalanan. Hihi.. ( The Perk of Being Anak Kost).

Dan bentuk produktifitas ini diawali dengan membuat watercolor pad. Karena tanpa sebuah media, gimana mau kreatif, iya kan.. ? Hihi..

Jika membaca postingan saya sebelum ini (bisa di klik disini !), salah satu brainstorming saya bulan ini adalah membuat watercolor pad. And Guess what.. ? I DID IT !! Yeaaaay..
Akhirnyaa.. Hihi..

Harga watercolorpad memang cenderung tidak murah, bahkan untuk ukuran A5 saja, harganya bisa kisaran 100 Ribuan (kecuali yang merk murah seperti Reeves, yang juga stocknya cenderung cepet habis. Hiks..). Menghadapi dilema ini, sebagai anak kost tentu saya harus mengedepankan Asas kreatifitas Tak Harus Mahal. Dengan metode yang tentu temen-temen bisa tebak, D.I.Y. aka Do It Yourself.

Penasaran pingin tahu bagaimana caranya.. ? Seperti biasa, jangan lupa membaca postingan ini sampai habis.

DIY WATERCOLOR PAD


Watercolor pad saya ini adalah watercolor pad yang saya buat untuk pertama kalinya. Emm.. Hasilnya belum rapi sih, dan yang pasti perlu banyak latihan supaya lebih kece. Namanya belajar ya.. Hihi.. Harap dimaklumi.
Saya buat watercolor pad ini untuk insert midori travelernotebook sebenernya, jadi ukurannya pun saya sesuaikan dengan ukuran midori saya. Yaitu 11 cm x 21 cm.

Emang bisa watercolor pad buat insert midori.. ?
Bisa.. Pasti Bisa.. Hihi..


Buat yang suka travelling dan hobbi sketch pake watercolor tapi bingung bawa padnya karena kadang kegedean ditas, watercolor travelernotebook bisa jadi pilihannya. Bisa ringkes masuk ke midori atau fauxdori kita.

Nah, Jika teman-teman ingin membuat D.I.Y juga, ukuran ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jadi gak harus sama seperti ukuran saya kok. Bisa A5 atau juga ukuran pasport midori. Bebaslah pokoknya..

BAHAN YANG DIPERLUKAN :



  • Canson watercolor 220 gsm uk. A3. Untuk kertas cat air ini saya memilih yang tersedia dalam 1 pack (isi 4 lembar uk. A3) bukan berbentuk buku/pad. (Atau kalo mau lebih mahal dan bagus bisa juga menggunakan montval atau Archees 300 gsm, sesuai selera dan kebutuhan).
  • Kertas Concorde yang tebal 220 gsm dan yang lebih tipis 90 gsm uk. A4 (warna sesuai selera).
  • Double tape
  • Penggaris, gunting, pensil, penghapus
  • Jarum dan benang.
  • Kesabaran, ketelatenan dan doa.


CARA MEMBUAT


1. Potong / bagi canson watercolor A3 jadi 2 (dan menjadi ukuran A4) lalu ukur dengan ukuran 21 cm x 22 cm < untuk memudahkan memberi melipatnya nanti beri tanda dengan pensil dengan ukuran 21 cm × (11 cm + 11 cm) (potongan sisa jangan dibuang ya.. Bisa buat yang lain. Hihi..

2. Ukur concorde 90 gsm sama persis dengan ukuran cansonnya (21 x 22 cm) < beri tanda seperti langkah 1.

3. Ukur concorde 220 gsm 21 x 23 cm (lebih 1 cm nya nanti buat tengahnya.. So ukurannya nanti akan menjadi 21 cm x ( 11 cm + 1 cm + 11 cm) < beli tanda seperti langkah satu.

4. Lipat kertas canson dan concorde sesuai dengan tanda yang sudah kita buat tadi, dan hasilnya akan menjadi :

A. Canson dan concorde 90 gsm : 21 cm × 11 cm

B. Sampul akan menjadi ukuran : 21 cm x (11 cm bagian depan + 1 cm (sebagai spasi) bagian tengah + 11 cm bagian belakang)

5. Dengan metode binding (saya menggunakan benang dan jarum) kita satukan semua kertas canson menjadi sekumpulan buku atau text book. Karena saya tidak punya videonya, silahkan simak link tutorial binding text book dari sealemon.





6. Setelah selesai membuat text book, langkah terakhir adalah memasang sampulnya. Mungkin akan lebih rekat jika menggunakan lem dan dipress, berhubung anak kost dengan segala keterbatasannya, saya menggunakan double tape sebagai perekatnya. Selain karena hanya double tape yang saya punya 😀 plus lebih praktis buat saya. Untuk tata caranya, saya akan berikan link tutorial dari sealemon (so glad to know this creative girl).





Dan.. Tara... Watercolor pad kamu udah siap dipake.. Dan ini penampakan D.I.Y watercolor pad sayaaah..




Sebenarnya gak terlalu sulit membuatnya, cuma ya itu.. Kurang rapi, hihi.. Gak apa-apa kurang rapi, yang penting kan berfungsi dengan baik, iya kan.. ? (Ngeles..)

Selain bisa bikin kamu makin produktif dan kreatif, D.I.Y watercolor pad juga murah meriah loh (gak semahal kalo beli canson pad, hihi) plus ukurannya bisa kita buat (modifikasi) sesuai kebutuhan kita. Iya kan.. ?

By the way jika kertas canson susah didapet, sebagai penggantinya bisa menggunakan concorde 220 gsm yg warna putih loh. Tapi memang ada perbedaannya, terutama untuk penyerapan airnya, dan kertas concorde lebih mudah rusak (atau berbulu) jika terlalu banyak air. Tapi lumayan kalo buat belajar. Atau kalo mau lebih bagus lagi bisa menggunakan montval, fonteney atau archees.

Dan ini adalah paragraf terakhir dari postingan ini, hihi.. So buat temen-temen yang ingin mencoba berkreasi dan mulai melukis menggunakan cat air, monggo silahkan dicoba membuatnya

Post a Comment

0 Comments