Skip to main content

SETUP BUJO AUGUST 2017

Bulan ini Bulan yang menyenangkan sekaligus Bulan berduka buat saya. Menyenangkan karena setelah 2 tahun gak mudik, akhirnya kesampaian mudik tahun ini. Berduka karena salah satu legend idola saya meninggal dunia diminggu lalu.
Sejujurnya gak nyangka banget seorang periang dan enerjik seperti chester bennington ternyata menyimpan banyak luka dihatinya. Sedih campur aduk rasanya.. Dia mampu menghibur dan menginspirasi banyak orang, tapi disaat yang bersamaan dia juga sedang berjuang mengalahkan dirinya sendiri.

Credit : @chesterbe


"However, i'd like to say thanks to you , chester. You've been and always be my childhood hero. Your voice and your music will always be in my heart. I'll keep them in my mind. Rest in peace, Sir."

(Kyaaa.. Sok berbahasa inggris, padahal gak tahu benar atas salah tatanan bahasanya).

Belajar dari kasus chester bennington, mental health itu sangat penting teman-teman, sepenting kesehatan tubuh kita juga. Jangan disepelekan. Sebelum makin menjadi, mendingan kita cegah sedini mungkin.
Bagaimana caranya.. ?

Salah satu cara mengatasi "mental illness" atau penyakit mental adalah dengan cara journaling. Bisa dengan gratitude journal, picture journal atau journal yang lainnya. (Bahasan saya tentang jurnal bisa dibaca disini).

Mari jangan berlarut - larut meratapi kepergian bang chester ( gw doank kali yang meratap, hiks), dimulai dengan mengganti Playlist JOOX terlebih dahulu.
Lanjut dengan setup bullet journal untuk bulan Agustus mendatang.

Apa aja ide Bullet Journal untuk bulan Agustus.. ?

Yuk kita simak postingannya (hihi...).


1. JULY REVIEW DAN BANNER.

ini sih seperti layout wajib gitu ya.. Hihi.. Soalnya gak lengkap tanpa mereka berdua.



2. Monthly Log

Jadi ceritanya suatu hari saya melihat ada postingan monthly layout yang memaksimalkan ruang dikertasnya. Bagus sih, jadi rapi kelihatannya. Dan yang pasti lebih gak boros kertas.. Nyahahaa.. (Dari pertimbangan yang ada, pertimbangan utama saya adalah ngirit kertas, hihi..).



Dari layout diatas saya bagi menjadi 3 area utama.

A. Area tentang jadwal pekerjaan (tetap) dan harus dilaksanakan, dan saya buat dengan bentuk tabel kalender kotak-kotak.

B. Area khusus event yang saya buat dipinggiran kalender.

C. Area Tracker. Untuk efisiensi dan efektivitas, tracker saya buat secara umum saja. Dan gak terlalu banyak hal yang saya harus pantau progressnya.

3. QUOTE AND GRATITUDE

Seperti yang saya bahas dipembukaan tadi, 
YOUR MENTAL HEALTH IS IMPORTANT.
saya membuat layout ini untuk membantu memantau progress tentang mental health. Bisa dipastikan jika perasaan negatif lebih sering kita rasakan dibandingan perasaan yang positif, kita harus mulai mencari penyebab dan solusinya, jika perlu meminta pertolongan.
Mencatat Gratitude log ini juga menjadi salah satu solusi mengatasi mental illness, dengan seringnya kita melatih otak kita mengingat hal-hal positif, InshaAllah kita terhindar dari pikiran negatif dan penyakit depresi atau yang sering dijuluki dengan silent killer ini.



Tujuan saya berjurnalingpun memang pada awalnya adalah untuk mengatasi depresi dan kebiasaan berpikir yang berlebihan "overthinking". Meskipun begitu pada pelaksanaanya ,  jenis journal yang saya gunakan tidak konsisten 1 jenis saja tapi seringkali bertranformasi dan mencoba berbagai jenis journal. 

4. GOAL AND REWARD

Selanjutnya yang saya setup adalah Goal dan reward, segmen ini udah pernah saya bahas dipostingan sebelumnya. Bulan ini memang belum berjalan maksimal, semoga bulan depan, goal and reward ini berhasil dengan baik. 




5. BRAINDUMPS & SONG OF THE DAY

Braindump ini adalah komponen yang cukup berarti buat bujo saya, karena dengan menggunakan braindump, saya lebih mudah fokus terhadap apa yang harus saya pertimbangkan, perhatikan dan laksanakan.



Halaman di sebelahnya adalah SONG OF THE DAY. Selain menjadi komponen collection, song of the day ini bisa juga dijadikan memory. Seringkali kita mendengarkan lagu yang liriknya mengena dan berasa "Lagu ini Gw Banget" , nah halaman ini saya setup untuk mengakomodir perasaan itu.. (Kyaaaa..)

6. NEED AND WANT , BUDGET

NEED AND WANT. Adalah komponen baru ditatanan bujo saya (tsaaaah elaa bahasanya), komponen ini saya buat untuk mendukung komponen Reward dan Budget. Tujuannya.. Meminimalisir pengeluaran. Hahaha.. Tetep.



kali ini saya ingin merubah pencatatan pengeluaran uang kas. Layout bagian ini memang rasanya masih sulit nie, belum nemu metode yang cocok buat bullet journalnya. Masih sering bereksperimen buat spending log. Jadi harap maklum jika layoutnya sering gonta ganti.

7. TIME LOG

Mungkin ini kali pertama saya nyoba bikin spread khusus tentang time log ini, hmm pingin tahu aja selama ini waktu saya habis buat apa sih.. ? Kalian suka penasaran gak.. ? Hihi.. Saya sih penasaran.



Rencananya di layout ini nantinya saya menggunakan color code untuk membedakan per komponennya.

Begitulah kira-kira Setup bujo saya untuk bulan Agustus ini.
Jika ada bagian yang diutak-atik disetiap bulannya, itu adalah hal yang wajar. Bahkan setelah mencoba bullet journal hampir 2 tahun, saya masih tetap mencari layout dan spread yang cocok buat memenuhi kebutuhan saya. So, jika kalian baru mencoba dan merasa gagal, jangan kuatir, you're not alone. Hihi..

Semangat ya teman-teman ngebujonya. Ingat jangan hanya berkutat pada indahnya layout semata, yang terpenting adalah progessnya. (Jangan kayak saya.. Hihi..)
Hehe.. Apalah arti Berencana jika tidak ada progressnya.. Hihi.. Jangan sampai Rencana hanya menjadi wacana ya..
Tetap semangaaat..

Comments

  1. Jadi semangat lagi ngejurnal setelah liat aug setup ini XD
    Makasih kak udah berbagi

    ReplyDelete
  2. Sama-sama.. Semoga agustus ini makin kece ya.. Whoohoo..

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting this blog, if you have any questions, please leave comment. have a nice day good people .

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..