BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP AUGUST 2017

bujo august 2017

Setup August 2017, kira-kira isinya apa saja ya.. ? Hmmm... Yuk kita bahas ! Tapi sebelumnya saya akan berkeluh kisah, tentang salah satu idola yang meninggal akibat penyakit mental.

SETUP BUJO AUGUST 2017


Bulan ini  menyenangkan sekaligus berduka buat saya. Menyenangkan karena setelah 2 tahun gak mudik, akhirnya kesampaian tahun ini. Berduka karena salah satu legend idola saya meninggal dunia minggu lalu.


Credit : @chesterbe

Sejujurnya gak nyangka banget seorang periang dan enerjik seperti Chester Bennington ternyata menyimpan banyak luka di hatinya. Sedih campur aduk rasanya.. Dia mampu menghibur dan menginspirasi banyak orang, tapi disaat yang bersamaan dia juga sedang berjuang mengalahkan dirinya sendiri.

"However, i'd like to say thanks to you , Chester. You've been and always be my childhood hero. Your voice and your music will always be in my heart. I'll keep them in my mind. Rest in peace, Sir."

(Kyaaa.. Sok berbahasa inggris, padahal gak tahu benar atas salah tatanan bahasanya).

Belajar dari kasus Chester Bennington, mental health itu sangat penting teman-teman, sepenting kesehatan tubuh kita juga. Jangan disepelekan. Sebelum makin menjadi, mendingan kita cegah sedini mungkin.

KENAPA JOURNALING ? 



Salah satu cara mengatasi "mental illness" atau penyakit mental adalah dengan cara journaling. Bisa dengan gratitude journal, doodle journal atau journal yang lainnya. Karena Journaling ini banyak banget manfaatnya Gaes. Salah satu bisa membantu kita untuk mengurangi rasa stress yang berlebihan. 

Baiklah, sudah cukup kita membahas tentang kematian sang Rock Star, mari kita lanjut ke topik awal, yaitu Bullet Journal.

SETUP BUJO AUGUST 2017


Seperti biasanya, ada setup yang wajib saya lakukan, ada juga setup baru yang ingin saya coba. Try & Error dalam Bullet Journal itu hal biasa Gaes. Hihi.. jadi kalo kalian sering bongkar pasang spreadnya, itu wajar saja. 

JULY REVIEW DAN DIVIDER.


Setup Agustus 2017, saya mulai dengan membuat Monthly Review bulan Juli lebih dulu. Biar saya tahu apa saja yang sudah berhasil saya lakukan. Serta apa saja yang gagal saya lakukan. Membuat review pada Bullet Journal ini bisa mempermudah proses Migrasi loh Gaes. Karena kita sudah tahu fokus apa saja yang akan kita lakukan di bulan selanjutanya.


setup bujo august 2017 ideas
SETUP UP BULLET JOURNAL AUGUST 2017

Divider ini sebenarnya hanya berfungsi sebagai pemisah antara Bulan satu dan lainnya. Supaya terlihat lebih artsy, saya menambahkan bunga-bunga di sekitar kalendarnya. Owh iya, soal Divider ini juga gak wajib ya Gaes, ini hanya suka-suka Bullet Journalistnya. 

MONTHLY LOG


Jadi ceritanya suatu hari saya melihat ada postingan monthly layout yang memaksimalkan ruang di kertasnya. Bagus sih, jadi rapi kelihatannya. Dan yang pasti lebih gak boros kertas.. Nyahahaa.. (Dari pertimbangan yang ada, pertimbangan utama saya adalah ngirit kertas, hihi..).


monthly log setup ideas
SETUP UP BULLET JOURNAL AUGUST 2017

Dari layout diatas saya bagi menjadi 3 area utama.



  • Area tentang jadwal pekerjaan (tetap) dan harus dilaksanakan, dan saya buat dengan bentuk tabel kalender kotak-kotak.
  • Area khusus event yang saya buat dipinggiran kalender.
  • Area Tracker. Untuk efisiensi dan efektivitas, tracker saya buat secara umum saja. Dan gak terlalu banyak hal yang saya harus pantau progressnya.
3 Collection saya tempatkan pada 2 halaman sekaligus. Keuntungannya buat saya adalah bisa melihat aktivitas tersebut sekaligus, tanpa harus membolak-balik halaman.

QUOTE AND GRATITUDE


Seperti yang saya bahas di bagian pembukaan tadi,

YOUR MENTAL HEALTH IS IMPORTANT.

Saya membuat layout ini untuk membantu memantau progress tentang mental health. Bisa dipastikan jika perasaan negatif lebih sering kita rasakan dibandingan perasaan yang positif, kita harus mulai mencari penyebab dan solusinya, jika perlu meminta pertolongan.

Mencatat Gratitude log ini juga menjadi salah satu solusi mengatasi mental illness, dengan seringnya kita melatih otak kita mengingat hal-hal positif, InshaAllah kita terhindar dari pikiran negatif dan penyakit depresi atau yang sering dijuluki dengan silent killer ini.


bujo for mental health
SETUP UP BULLET JOURNAL AUGUST 2017

Tujuan saya berjurnalingpun memang pada awalnya adalah untuk mengatasi depresi dan kebiasaan berpikir yang berlebihan "overthinking". Meskipun pada pelaksanaanya ,  jenis journal yang saya gunakan tidak konsisten 1 jenis saja tapi seringkali bertranformasi dan mencoba berbagai jenis journal. 

GOAL AND REWARD


Selanjutnya yang saya setup adalah Goal dan reward, segmen ini udah pernah saya bahas dipostingan sebelumnya. Bulan ini memang belum berjalan maksimal, semoga bulan depan, goal and reward ini berhasil dengan baik.


SETUP UP BULLET JOURNAL AUGUST 2017

BRAINDUMPS AND SONG OF THE DAY (COLLECTION IDEAS)


Braindump ini adalah komponen yang cukup berarti buat bujo saya, karena dengan menggunakan braindump, saya lebih mudah fokus terhadap apa yang harus saya pertimbangkan, perhatikan dan laksanakan.


bujo inspiration
SETUP UP BULLET JOURNAL AUGUST 2017

Halaman di sebelahnya adalah SONG OF THE DAY. Selain menjadi komponen collection, song of the day ini bisa juga dijadikan memory. Seringkali kita mendengarkan lagu yang liriknya mengena dan berasa "Lagu ini Gw Banget" , nah halaman ini saya setup untuk mengakomodir perasaan itu.. (Kyaaaa..)

NEED AND WANT  |  BUDGET


NEED AND WANT Adalah komponen baru ditatanan bujo saya (tsaaaah elaa bahasanya), komponen ini saya buat untuk mendukung komponen Reward dan Budget. Tujuannya.. Meminimalisir pengeluaran. Hahaha.. Tetep.


bujo for financial
SETUP UP BULLET JOURNAL AUGUST 2017

Kali ini saya ingin merubah pencatatan pengeluaran uang kas. Layout bagian ini memang rasanya masih sulit nie, belum nemu metode yang cocok buat bullet journalnya. Masih sering bereksperimen buat spending log. Jadi harap maklum jika layoutnya sering gonta ganti.

TIME LOG


Mungkin ini kali pertama saya nyoba bikin spread khusus tentang time log ini, hmm pingin tahu aja selama ini waktu saya habis buat apa sih.. ? Kalian suka penasaran gak.. ? Hihi.. Saya sih penasaran.


bujo for productivity ideas
SETUP UP BULLET JOURNAL AUGUST 2017


Begitulah kira-kira Setup bujo saya untuk bulan Agustus ini. Semoga setup ini bisa membantu kalian yang ingin mendapatkan ide. Semangat ya teman-teman ngebujonya. Ingat jangan hanya berkutat pada indahnya layout semata, yang terpenting adalah progessnya. (Jangan kayak saya.. Hihi..)

Hehe.. Apalah arti berencana jika tidak ada progressnya.. Hihi.. Jangan sampai Rencana hanya menjadi wacana ya.. Tetap semangaaat.. Jika kalian masih ingin mendapatkan informasi tentang Bullet Journal, jangan ragu untuk membaca di Start Here..

HAPPY BUJOING !

Post a Comment

2 Comments

  1. Jadi semangat lagi ngejurnal setelah liat aug setup ini XD
    Makasih kak udah berbagi

    ReplyDelete
  2. Sama-sama.. Semoga agustus ini makin kece ya.. Whoohoo..

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏