Skip to main content

BULLET JOURNAL INDONESIA : RAMADHAN 2017

Bulan Ramadhan tentu menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di Dunia, apalagi di Indonesia, iya kan.. ? Hihi..
Menyambut Bulan Ramadhan ini saya ingin berbagi ide tentang bullet journal spread. Setelah mencari-cari spread Bujo bertema Ramadhan di Pinterest, instagram, dan laman google, tidak juga saya temukan (spread yang saya inginkan), akhirnya saya bertekad membuat spread sendiri. Hihi.. 

Berbekal ide sok tahu (hihihi...), saya nyoba bikin sendiri beberapa layout dan spread yang berhubungan dengan Bulan Ramadhan.

Sebenarnya agak sedikit telat membahas tentang ini ya.. ? Karena Ramadhan udah 1 minggu berlalu, hihi.. Tapi gak apa-apa.. Buat yang ingin mencoba mensetup bujonya belum terlambat kok.. ! Hehe.. Penasaran ? 

Yuk dimulai..

Setup up Goal selalu menjadi langkah awal saya untuk membuat spread dalam bullet jurnal. Penentuan goal sendiri biasanya saya cari menggunakan sistem mind map untuk mendapatkan ide apa aja yang ingin saya capai.

Brainstorming Ramadhan Project

Setelah brainstorming tentang ide-ide spread barulah mensetup layout-layoutnya.

Mind Mapping Ramadhan Project 2017

Bujo Ramadhan kali ini saya buat terpisah (saya menggunakan midori grid untuk bukunya) dengan Bujo daily/general saya, karena bujo general saya udah mau habis, haha.. Selain itu, biar isinya fokus sama hal-hal yang berhubungan dengan Ramadhan. Saya memilih nama Ramadhan project untuk Bujo saya kali ini. 

Mari sekarang kita bahas apa aja isi dari Ramadhan Project ini..

1. Monthly spread and Goals

Layout kali ini saya gak ingin membuatnya terlalu Ribet, cukup memberi tanggal (Ramadhan dan masehi) serta nama hari saja. Sederhana kan.. ? Halaman sampingnya saya isi dengan Goal Ramadhan. Untuk membuatnya lebih eye- catching saya menambarkan warna hijau.

Monthly log & Goals Ramadhan 2017

2. TRACKERS DAN READING CHALLENGE

Trackers & Reading Challenge

Bullet journal itu rasanya gak seru dan kurang pas kalo gak ada challengenya. Hihi.. Gak tahu kenapa.. ? Seperti ada yang kurang lengkap gitu.
Kelihatannya terlalu mulu-mulu buat saya kalo dalam satu bulan ini saya harus mengkhatamkan AlQuran, terlebih lagi dalam baca AlQuran ini saya merasa masih seperti anak TK yang sedang belajar membaca. Tapi, jika tidak dimulai dari sekarang mau tunggu kapan lagi.. ? Iya kan.. ?. Justru karena itu kenapa membaca Alquran saja menjadi "challenge" buat saya. Hihi..
Challenge buat saya menjadi motivasi yang luar biasa. Karena itu hampir setiap mensetup bullet journal saya usahakan selalu ada challenge untuk diselesaikan.
Ada Challenge gak ada Tracker.. ? Kurang lengkap juga kan.. ? Haha.. Susah melacak progressnya. Sebenarnya layout-layout ini memudahkan saya untuk mereview dikemudian hari, bisa saya jadikan patokan untuk Ramadhan mendatang (InshaAllah), semoga menjadi lebih baik dibandingkan Tahun ini.

3. Doodle Reminders

Karena doodle adalah hobbi dan pelengkap bullet journal, doodle page di Ramadhan project inipun wajib ada. Iya kan.. ? Hihi.. Dan Karena Ramadhan Project, tentu temanyapun bernuansa Islam. Doodle page kali ini selain berfungsi untuk menyalurkan hobbi, juga berfungsi sebagai reminder. Hihi..

Doodle Page Ramadhan 2017

4. COLLECTIONS

Sekali lagi, karena bujo kali ini untuk Ramadhan project, tentu koleksinya pun juga masih bernuansa tentang Islam. Berikut ini beberapa Collection yang ada di bujo saya.

A. Surat-surat yang terdapat dalam AlQuran beserta jumlah ayatnya.



B. List tentang Doa-Doa yang terdapat dalam AlQuran beserta contoh situasi yang dihadapi pada saat membaca Doanya.



C. List Doa yang ingin dipanjatkan.

Jika tadi list Doanya beserta situasi yang sedang kita hadapi, kalo yang ini semacam Custome list Doa. Hihi..



D. Illistrasi waktu yang baik untuk berdoa. 




E. Catatan yang berhubungan dengan bulan Ramadhan, diantaranya ilmu/informasi tentang Tata Cara membaca AlQuran.



Kalo yang berikut ini adalah catatan tentang beberapa pertanyaan yang muncul selama membaca informasi tentang tata cara membaca AlQuran. Sistem pencatatan yang saya gunakan adalah adaptasi Sistem cornell.



F. List Juz (30 Juz) termasuk rentang jumlah ayat dalam Surat-surat yang ada dalam AlQuran.



Itulah tadi beberapa spread yang saya pake dalam Ramadhan project tahun ini. Yang perlu diingat sebenarnya bukan hanya sekedar semangat mensetupnya saja, tapi  yang terpenting adalah melakukan Ibadahnya. Ingat Rencana hanya akan jadi wacana kalo tidak dikerjakan. Waspadalah.. Waspadalah.. Haha..
Semoga postingan ini juga selalu mengingatkan saya untuk tidak hanya berwacana tapi dikerjakan. 

Baiklah, Selamat menunaikan Ibadah Puasa teman-teman. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amiin.. Dan semoga postingan juga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih yang sudah membaca postingan ini. Sampai jumpa lagi minggu depan. See you.. 

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..