Skip to main content

BULLET JOURNAL INDONESIA : HELLO MAY 2017

Helloo there..

Belum bosen kan, baca postingan saya.. ? Hihi.. Semoga gak pernah bosen bacanya ya. Dan yang sudah bersedia meluangkan waktunya buat baca postingan diblog ini, saya ucapkan selamat datang dan terima kasih banyak. Hehe..

Setelah postingan yang lalu tentang Review April dan kegunaan Review, kali ini saya ingin posting tentang setup bujo di bulan mei. (Mumpung masih awal mei nie ya, hehe.. ).

Pre setup diawali dengan pembuatan divider, hihi.. Tujuannya, selain sebagai pembatas, biar lebih seru aja.. Haha..



Lalu.. Diikuti dengan setup-setup berikut ini :

Setup Setiap Bulan memang paling afdol kalo diawali dengan monthly log. Entah kenapa, buat saya monthly log itu seperti kunci pembuka di bullet journal. Hehe.. Jadi sebelum memasuki komponen lain, monthly log harus menjadi pembuka pertama.. (Halah..)

monthly log may 2017

Model layout bulan ini masih sama seperti model layout sebelumnya.

Kalo dilihat dari gambar diatas, masih banyak bagian yang kosong. Sebenarnya bagian kosong itu diisi apa sih.. ? Kan dalam weekly/daily spread udah ada.. ?.
Nah.. Pertanyaan ini yang sering saya dapatkan dari beberapa temen.

Dalam monthly log ini biasanya saya isi dengan catatan hari kelahiran kerabat (birthday), events, appointment atau pun peristiwa yang menurut saya penting. Waktu mengisinya fleksibel bisa diawal bulan (jika memang sudah ada janji pertemuan di bulan sebelumnya) ataupun saat menentukan pertemuan dibulan yang sama.




Selanjutnya adalah setup goal dan gratitude.

Setup Goal menjadi rutinitas setup buat saya. Yes.. Jika sudah pernah membaca beberapa postingan saya sebelumnya, pasti sudah mengetahui kenapa setup goal ini menjadi hal yang penting dalam bullet journal saya.

Mengucapkan rasa syukur dan selalu positif dalam berpikir itu menjadi salah satu hal yang penting buat saya. Cara ini juga mengurangi hal-hal yang berdampak negatif, seperti mengeluh (apalagi disosial media), tidak bersyukur, dan selalu berpikir negatif. Jangan lupa bahwa dalam setiap harinya kita tidak selalu dirundung kemalangan 24 jam. Daripada kita mengeluh tentang hal2 yang sudah terjadi, lebih baik mengingat hal baik yang sudah kita alami. Hehe..

NO COMPLAINTS WEEK CHALLENGE & MOVING LIST

Setiap bulan saya selalu mencoba challenge yang berbeda, selain biar seru, challenge ini juga saya maksudkan untuk merubah tingkah laku saya ke arah yang lebih baik. Seperti contoh diatas. Menepis pikiran negatif itu sulit apalagi kalo pikiran kita sudah dipenuhi dengan kebencian, dengki, standar ganda, dll. Yang ada kita hanya bisa nyinyir tanpa batas. Hehe.. (I'd been there hihi.. ).
Salah satu cara mengatasinya adalah merubah cara pikir dan tentu saja rutinitas. Nah.. Challenge seperti ini bisa membantu membangun rutinitas positif dan pastinya mengubah kebiasaan negatif kita ke hal yang positif. Apalagi jika dilakukannya berulang-ulang.



Setup Budget.

Jangan hanya jiwa dan pikiran yang diperbaiki, keuangan juga. Hahaha.. Biar seimbang, iya kan.. ? Hihi..
Selain setup budget, ada spending log juga, fungsinya untuk mentrack kemana uang kita pergi. Hihi..



Nah dompet diatas adalah DIY envelope system yang tutorial pembuatannya juga pernah saya posting disini. Hihi.. Biar makin klop nie.

Bullet journal + you need a budget system + dave ramsey's system = cool bean.

BLOG PLANNING LAYOUT

Blog's layout idea.

Setelah mencoba beberapa layout untuk media sosial dan selalu gagal, tidak lantas membuat saya berhenti begitu saja. Hihi.. Karena gagal adalah proses dari kesuksesan, jadi saya mencoba dan mencoba mencari lagi layout yang pas, dan sekarang sedang menggunakan layout ini. Semoga kali ini sukses ya.. Hihi..meskipun saya belum menjadi seorang blogger sejati, tapi kan gak ada salahnya mencoba mengunakan blog planning dalam bullet journal, iya kan ? hehe..


TAKING A NOTE DARI BUKU HAPPY HOUR IS 9 TO 5

Taking A Note. 

Membaca menjadi salah satu hobi baru setelah pensiun nyinyir di sosial media (hihi..), selain bisa dilakukan dimana saja dan kapan aja, membaca tentu lebih bermanfaat dibandingan mengomentari hal-hal yang berdampak negatif. Bukan begitu.. ? Hihi..

Tahun ini saya lagi belajar membaca genre NON FICTION, genre yang selama ini tidak pernah menarik buat saya, padahal justru banyak ilmunya ya.. ? supaya saya gak lupa tentang apa yang saya baca, saya membuat catatan kecil dalam bullet journal tentang point - point penting dalam buku tersebut. berasa seperti anak sekolah ya.. ? haha.. tapi belajar gak ada batasnya kan ya.. ? hihi.. 

Dan betapa terkejutnya saya (WHAAAATTTT... ???)  setelah saya membuat list, seberapa banyak buku yang sudah saya baca pasca pensiun nyinyir di sosial media. Ada 104 buku yang sudah saya baca dari tahun 2016 sampai saat ini. Seandainya saya pensiun lebih awal.. Ah sudahlah.. Hahaha.. Ingat failure is a process of succes.

BOOK COLLECTICT I'D READ

List koleksi buku yang saya baca beserta pengarangnya. Awalnya saya hanya update di aplikasi goodread saja, tapi sekarang saya ingin mencoba menduplikat catatannya di bullet journal.

HALAMAN KE 2

Lumayan kan ya.. ? seru juga.. Hihi.. Daripada saya ngomentarin isu-isu yang gak ada habisnya, selain bikin stress karena feedbacknya tentu lebih banyak waktu berharga yang terbuang sia-sia, gak bermanfaat pula. Hihi..

Untuk task/to do list layout, saya mencoba konsisten menggunakan model layout seperti bulan april. Selain lebih simple, layout ini juga lebih efisien dan yang terpenting lebih meningkatkan produktifitas kita. Iya kan.. ? Hehe..




Layout favorit.
Ada :

1. Kalendar
2. Events/appointment
3. Reading Tracker
4. 3 important Tasks
5. Notes
6. Focus (brain dumps)
7. Doodle's space
8. Affirmation
9. Weekly review.

Lengkap kan.. ? Karena itu untuk seterusnya saya akan mencoba menggunakan layout ini.

Begitulah tadi beberapa setup yang ada dibullet journal saya di bulan Mei 2017. Semoga buat teman-teman yang bingung memulai bullet journal dan ingin mencoba hal-hal baru, postingan ini bisa memberikan ide atau jadi referensi. Hehe..

Baiklah... Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya.. jangan lupa memberikan tanda cinta dengan men-share postingan ini di social medianya, yang pasti jangan lupa kreditnya ya, atau boleh juga reblog kok.. hehe.. biar affair cantumkan juga link blog ini, terima kasih..
Bye.. 💖

#BulletJournalIndonesia

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..