Skip to main content

BULLET JOURNAL INDONESIA : GOOD BYE APRIL



Good Bye April..

Perasaan baru kemarin tanggal 1 April, sekarang sudah masuk bulan Mei aja. Duh cepet banget ya.. ?
Dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, April bukanlah bulan yang produktif buatku, tetapi tetap bulan yang menyenangkan. Hehe..
Pengalaman dan peristiwa yang terjadi setiap harilah yang membuat setiap hari dalam kalendar kita itu bermakna.
Dan semoga begitupun di Bulan Mei nanti.

Ada beberapa event yang akan terjadi, dan tentu saja project baru yang seru (udah gak sabar nie.. Hihi). Nah sebelum membahas tentang project baru, tentu yang harus ditentukan adalah perencanaannya. Bukan begitu.. ? Hihi..

Dan.. Kalo kita membahas tentang perencanaan, tentu saja kita juga harus membahas tentang Bullet Journal. Hehe.. Dua hal tersebut memang saling berkesinambungan. Hahaha..

Di bulan April ini , saya gak sempat update blog tentang bullet journal setup April, (tapi syukurlah masih punya kesempatan update ewa's guest ya.. ? Buat yang belum baca, silahkan klik link ini )
So.. Kali ini sekalian saya akan mereview beberapa hal dalam bujo saya di bulan April.

Pernahkah kalian mengalami gagal total (Try and Error) dalam menyelesaikan challenge/menuntaskan elemen di bullet journalnya.. ?
Kali ini saya juga ingin membahas tentang itu

Mari kita mulai.

Ada beberapa highlight (yang saya anggap berhasil) dalam bujo saya di Bulan april ini.

Yang pertama adalah tentang Hal yang secara berturut-turut dan konsisten saya lakukan. Setup semi weekly-daily spread dengan tetap membuat satu contoh layout saja adalah ide yang ingin saya gunakan dalam bulan ini, yang saya membedakan layout-layout tersebut hanya terletak pada tema warna saja. Berikut contohnya.



Seperti yang tertera digambar, layout ini saya gunakan untuk layout minggu ke 15. Ada beberapa perubahan mendasar pada layout ini diantaranya adalah pemilihan task yang hanya saya sertakan 3 point saja.

Kenapa hanya 3 tasks ?

Karena saya ingin lebih fokus mengerjakan 3 (important tasks) prioritas saja dalam satu hari. Terutama pekerjaan yang harus saya lakukan. Biar tidak terlalu banyak pekerjaan (menghindari multi task) dan mampu lebih fokus mengerjakan pekerjaan yang ada.

Event dan appointmen saya buat terpisah, tidak saya satukan dengan task. Karena saya jarang mengunjungi atau meeting di sejumlah tempat, jadi saya tidak memberikan banyak tempat untuk layout appoinment.



Jika diperhatikan lagi, layout minggu ke 16 ini pun sama dengan layout 15. Selain karena layoutnya yang simple dan banyak elemen didalemnya, saya juga sedang berjuang untuk tetep konsisten menggunakan satu layout saja. (Semoga tak tergoda nyoba yang lainnya.. Hihi.. )

Dengan model layout seperti ini, saya bisa membuat brain dump/weekly focus/ideas sekaligus review dalam satu layout saja. Jadi lebih efisien dan efektif.



Minggu ke 17 pun masih dengan konsep yang sama. Dan jika diperhatikan lagi dalam 1 layout ini saya juga menyertakan affirmasi dan doodle juga. So.. Satu layout untuk semua.. Haha..
Yang membedakan hanya pada tema warna saja.



Yang kedua adalah tentang reading challenge. Hehe.. Alhamdulilah saya bisa mencapai target (bahkan melebihi) dalam urusan membaca ini. Hihi..

Selain dari hal-hal yang saya anggap berhasil, ada beberapa elemen yang juga gagal total di bulan April. Diantaranya adalah sebagai berikut :



Doodle challenge kali ini memang benar-benar gagal total hiks.. Kelelahan menjadi faktor utama kenapa ini gak berhasil sama sekali.. Hihi.. Gak ada mood menggambar itu berakibat fatal.



Selanjutnya adalah tentang budgetting. Budgetting kali ini juga gagal total. Faktor utamanya adalah karena ketidakdisiplinan. Hiks.. Semoga bulan depan bisa berhasil. Amin.

Itulah tadi beberapa contoh layout yang berhasil dan gagal. Jadi jangan kuatir jika dalam layoutnya ada yang gagal. Hihi.. Karena kita bisa memperbaikinya dibulan selanjutnya.

Dan seperti biasa diakhir bulan saya membuat review.



Review ini cukup membantu. Terutama jika kita ingin membuat setup untuk bulan depan. Selain mereview tentang spread yang berhasil dan tidak, review ini juga bisa berisi tentang peristiwa yang terjadi dibulan April , serta beberapa ide untuk memperbaikinya.

Nah, begitulah beberapa hal tentang bullet journal saya di bulan April.

Di postingan selanjutnya, saya akan membahas tentang Setup Bujo Bulan Mei. So.. Jangan ketinggalan ya.. Tetep pantengin blog ini ya.. Hehe..

See ya.. 💖

(To be continued...)

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..