BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP APRIL 2017

setup ideas april 2017


Perasaan baru kemarin tanggal 1 April, sekarang sudah masuk bulan Mei aja. Duh cepet banget ya.. ?Dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, April bukanlah bulan yang produktif buatku, tetapi tetap bulan yang menyenangkan 🤭. Meski telat banget, hari ini saya akan membuat artikel tentang setup April 2017 😌. Siapa tau ke depannya nanti bisa dijadikan setup idea kan ? 

SETUP APRIL 2017


review bujo april 2017


Di awal bulan April ini , saya gak sempat update blog tentang Setup Bullet Journal. Tapi syukurlah masih punya kesempatan update tentang Inspiring People. Buat yang belum baca, boleh banget baca e-wawancara saya dengan Opiplans.

Karena terlanjur telat banget setup April, kali ini saya hanya ingin membuat review tentanng apa apag terjadi di Bulan April 2017 ya Gaes ? Hihi.. Gak apa-apalah daripada gak terupdate ini Blog, yekan ?

SETUP BUJO IDEAS APRIL 2017


Pernahkah kalian mengalami gagal total (Try and Error) dalam menuntaskan Challenge  di Bullet Journal kalian.. ? Hmm.. Kali ini saya juga ingin membahas tentang try and error yang saya alami.

RAPID LOGGING


Pada dasarnya, Try and Error dalam Bullet Journal itu adalah hal biasa. Kita gak harus selalu sukses kok ! Sama kayak hidup kita aja, kadang berhasil, kadang gagal #eh. Begitu dalam dunia BuJo. 🤭🤭🤭🤭🤭

Ada beberapa highlight (yang saya anggap berhasil) dalam bujo saya di Bulan april ini : 



  • Yang pertama adalah tentang hal yang secara berturut-turut dan konsisten saya lakukan. Misalnya, tentang pembuatan layout/spread yang saya gunakan. Biasanya nie, setiap minggu saya sering gonta-ganti layout. Namun untuk Bulan April 2017, setup rapid logging saya konsisten. Hehehe..

rapid logging april 2017


  • Seperti yang tertera pada gambar, layout ini saya gunakan untuk layout minggu ke 15. Ada beberapa perubahan mendasar pada layout tersebut, diantaranya adalah pemilihan task yang hanya saya sertakan 3 point saja. " Kenapa hanya 3 tasks ? " ~ Karena saya ingin lebih fokus mengerjakan 3 (important tasks) prioritas saja dalam satu hari. Terutama pekerjaan yang harus saya lakukan. Biar tidak terlalu banyak pekerjaan (menghindari multi task) dan mampu lebih fokus mengerjakan pekerjaan yang ada.
  • Event dan appointmen saya buat terpisah, tidak saya satukan dengan task. Karena saya jarang mengunjungi atau meeting di sejumlah tempat, jadi saya tidak memberikan banyak tempat untuk layout appoinment.

weekly spread ideas


Jika diperhatikan lagi, layout minggu ke 16 ini pun sama dengan layout 15. Selain karena layoutnya yang simple dan banyak elemen didalemnya, saya juga sedang berjuang untuk tetep konsisten menggunakan satu layout saja. (Semoga tak tergoda nyoba yang lainnya.. Hihi.. )

Dengan model layout seperti ini, saya bisa membuat brain dump/weekly focus/ideas sekaligus review dalam satu layout saja. Jadi lebih efisien dan efektif.


weekly spread ideas april 2017


Minggu ke 17 pun masih dengan konsep yang sama. Dan jika diperhatikan lagi dalam 1 layout ini saya juga menyertakan affirmasi dan doodle juga. So.. Satu layout untuk semua.. Haha.. Yang membedakan hanya pada tema warna saja.

COLLECTIONS



Keberhasilan saya Yang kedua setelah Rapid Logging adalah tentang Reading Challenge. Hehe.. Alhamdulilah saya bisa mencapai target (bahkan melebihi) dalam urusan membaca ini. Hihi.. Bahagia banget rasanya kalo bisa menembus target yang kita tentukan. Hahaha..


reading challenge ideas


Kalo ada yang kita anggap berhasil, tentu ada layout yang kita anggap Gagal total 😌. Ini biasanya terjadi karena beberapa faktor. Misalnya gak ada waktu, lupa, yang lebih parah adalah karena Malas. Itulah kenapa saya selalu mengatakan bahwa Struggle In Bullet Journal Is Real ! 


Adapun beberapa Collection yang saya anggap gagal adalah :

DOODLE CHALLENGE





Doodle challenge kali ini memang benar-benar gagal total hiks.. Kelelahan menjadi faktor utama kenapa ini gak berhasil sama sekali. Gak ada mood menggambar itu berakibat sangat fatal.

Ini bisa mengakibatkan buang-buang halaman saja. Karena beranda kita biarkan kosong melompong. Hahaha..

BUDGET DAN EXPENSE TRACKER


budget spread ideas


Selanjutnya adalah Collection tentang Budgetting. Budgetting kali ini juga gagal total. Faktor utamanya adalah karena ketidakdisiplinan. Hiks.. Semoga bulan depan bisa berhasil. Amin.

Sejujurnya saya gak membuat banyak collection Bulan ini. Hanya ada 3 Collection selain Monthly Log dan Rapid Logging. Toh dari ke 3 Collection tersebut, yang berhasil hanya satu. 🤭🤭🤭

MONTHLY REVIEW 


Dan seperti biasa di akhir bulan saya membuat Monthly Review bulan April 2017. Review ini cukup membantu. Terutama jika kita ingin membuat setup untuk bulan depan.


bujo monthly review


Selain mereview tentang spread yang berhasil dan tidak, review ini juga bisa berisi tentang peristiwa yang terjadi di bulan April , serta beberapa ide untuk memperbaiki di bulan selanjutnya.

Tentang bagaimana cara membuat review, saya juga sudah pernah membahasnya di postingan Cara Mudah Membuat Monthly Review.

Itulah tadi beberapa contoh layout yang berhasil dan gagal. Jadi jangan kuatir jika dalam layoutnya ada yang gagal. Hihi.. Karena kita bisa memperbaikinya di bulan selanjutnya. Hiyaa !

Semoga postingan ini bisa membantu teman-teman yang sedang mencari inspirasi tentang layout Bullet Journal. Semangaaat Gaes !. 

HAPPY BUJOING !

Post a Comment

0 Comments