Monday, May 01, 2017

BULLET JOURNAL INDONESIA : GOOD BYE APRIL



Good Bye April..

Perasaan baru kemarin tanggal 1 April, sekarang sudah masuk bulan Mei aja. Duh cepet banget ya.. ?
Dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, April bukanlah bulan yang produktif buatku, tetapi tetap bulan yang menyenangkan. Hehe..
Pengalaman dan peristiwa yang terjadi setiap harilah yang membuat setiap hari dalam kalendar kita itu bermakna.
Dan semoga begitupun di Bulan Mei nanti.

Ada beberapa event yang akan terjadi, dan tentu saja project baru yang seru (udah gak sabar nie.. Hihi). Nah sebelum membahas tentang project baru, tentu yang harus ditentukan adalah perencanaannya. Bukan begitu.. ? Hihi..

Dan.. Kalo kita membahas tentang perencanaan, tentu saja kita juga harus membahas tentang Bullet Journal. Hehe.. Dua hal tersebut memang saling berkesinambungan. Hahaha..

Di bulan April ini , saya gak sempat update blog tentang bullet journal setup April, (tapi syukurlah masih punya kesempatan update ewa's guest ya.. ? Buat yang belum baca, silahkan klik link ini )
So.. Kali ini sekalian saya akan mereview beberapa hal dalam bujo saya di bulan April.

Pernahkah kalian mengalami gagal total (Try and Error) dalam menyelesaikan challenge/menuntaskan elemen di bullet journalnya.. ?
Kali ini saya juga ingin membahas tentang itu

Mari kita mulai.

Ada beberapa highlight (yang saya anggap berhasil) dalam bujo saya di Bulan april ini.

Yang pertama adalah tentang Hal yang secara berturut-turut dan konsisten saya lakukan. Setup semi weekly-daily spread dengan tetap membuat satu contoh layout saja adalah ide yang ingin saya gunakan dalam bulan ini, yang saya membedakan layout-layout tersebut hanya terletak pada tema warna saja. Berikut contohnya.



Seperti yang tertera digambar, layout ini saya gunakan untuk layout minggu ke 15. Ada beberapa perubahan mendasar pada layout ini diantaranya adalah pemilihan task yang hanya saya sertakan 3 point saja.

Kenapa hanya 3 tasks ?

Karena saya ingin lebih fokus mengerjakan 3 (important tasks) prioritas saja dalam satu hari. Terutama pekerjaan yang harus saya lakukan. Biar tidak terlalu banyak pekerjaan (menghindari multi task) dan mampu lebih fokus mengerjakan pekerjaan yang ada.

Event dan appointmen saya buat terpisah, tidak saya satukan dengan task. Karena saya jarang mengunjungi atau meeting di sejumlah tempat, jadi saya tidak memberikan banyak tempat untuk layout appoinment.



Jika diperhatikan lagi, layout minggu ke 16 ini pun sama dengan layout 15. Selain karena layoutnya yang simple dan banyak elemen didalemnya, saya juga sedang berjuang untuk tetep konsisten menggunakan satu layout saja. (Semoga tak tergoda nyoba yang lainnya.. Hihi.. )

Dengan model layout seperti ini, saya bisa membuat brain dump/weekly focus/ideas sekaligus review dalam satu layout saja. Jadi lebih efisien dan efektif.



Minggu ke 17 pun masih dengan konsep yang sama. Dan jika diperhatikan lagi dalam 1 layout ini saya juga menyertakan affirmasi dan doodle juga. So.. Satu layout untuk semua.. Haha..
Yang membedakan hanya pada tema warna saja.



Yang kedua adalah tentang reading challenge. Hehe.. Alhamdulilah saya bisa mencapai target (bahkan melebihi) dalam urusan membaca ini. Hihi..

Selain dari hal-hal yang saya anggap berhasil, ada beberapa elemen yang juga gagal total di bulan April. Diantaranya adalah sebagai berikut :



Doodle challenge kali ini memang benar-benar gagal total hiks.. Kelelahan menjadi faktor utama kenapa ini gak berhasil sama sekali.. Hihi.. Gak ada mood menggambar itu berakibat fatal.



Selanjutnya adalah tentang budgetting. Budgetting kali ini juga gagal total. Faktor utamanya adalah karena ketidakdisiplinan. Hiks.. Semoga bulan depan bisa berhasil. Amin.

Itulah tadi beberapa contoh layout yang berhasil dan gagal. Jadi jangan kuatir jika dalam layoutnya ada yang gagal. Hihi.. Karena kita bisa memperbaikinya dibulan selanjutnya.

Dan seperti biasa diakhir bulan saya membuat review.



Review ini cukup membantu. Terutama jika kita ingin membuat setup untuk bulan depan. Selain mereview tentang spread yang berhasil dan tidak, review ini juga bisa berisi tentang peristiwa yang terjadi dibulan April , serta beberapa ide untuk memperbaikinya.

Nah, begitulah beberapa hal tentang bullet journal saya di bulan April.

Di postingan selanjutnya, saya akan membahas tentang Setup Bujo Bulan Mei. So.. Jangan ketinggalan ya.. Tetep pantengin blog ini ya.. Hehe..

See ya.. 💖

(To be continued...)

No comments:

ewafebri newsletter