Wednesday, April 26, 2017

CARA SERU JOURNALING ALA OPIPLANS

Hello there..

Akhirnya.. Setelah hibernasi cukup lama, sempet juga mengupdate blog ini.. Hehe..
Demi.. Yess.. Demi bintang tamu di blog ini untuk bulan April harus disempet-sempetin buat ngeblog.
Ewa's guest kali ini cukup menarik dan nyentrik.. Hihi.. Gak sabar.. ? Saya pun.. Hahaha..



Hmm.. Buat anak-anak instagram dan planner geeknya Indonesia, dengan melihat gambar diatas pasti sudah bisa menebak siapa bintangnya kali ini, hihi..

Dan.. Saya sangat beruntung sekali, beliaunya mau menyempatkan waktu buat ngisi segmen ini.

Baiklah, mari kita mulai wawancara dengan sang bintang, biar gak penasaran.


Nama panggilan akrabnya kak opi. Kakak yang satu ini punya segudang kreativitas. Dan bahkan karyanya juga di feature sama majalah fashion ternama di Indonesia. Beberapa waktu lalu saya mengajukan pertanyaan via email (hihi... ) dan berikut petikan wawancaranya.. (Tsaaah.. )


1.  Sebelum pertanyaan yang aneh2 , boleh gak berbagi cerita sedikit dengan pembaca tentang kehidupan mbak opi  ? 

Sebenarnya, ngga ada yang terlalu spesial tentang kehidupan saya akhir-akhir ini, hihihi… Saya bekerja dari rumah, mengelola toko online (satu toko di Etsy khusus untuk cliparts dan ilustrasi —yang belakangan agak terbengkalai—, dan satu toko planner stickers di www.paforopi.com  Semua dikerjakan bersama partner kesayangan *halah* (a.k.a suami, hehe…). Dia sendiri adalah seorang ilustrator, dan kami bekerja sama untuk saling membantu. Di luar kegiatan bekerja, ya palingan jalan-jalan aja keliling Jogja atau banyakan di rumah sih, hehe…

Salah satu contoh sticker karya kak opi


2.  Dari postingan mbak opi, mbak opi kan juga hobby journaling, sejak kapan mengenal journal dan jenis journal apa saja yang pernah dicoba  ? 


Saya suka journaling sejak SMP. Memang dasarnya suka menulis hal-hal “remeh” sih, hehe… Kayak planning semingguan ke depan, nyeritain tugas sekolah yang ngga kelar-kelar, ngga punya duit buat beli tas yang nge-hits pada jamannya, misalnya (LHO KOK CURHAT). Dulu waktu SMP-SMA malah temen-temen kadang suka pinjem baca journal saya (aneh ya ini, journal/diary kok dipinjem). Makin tua (uhuk) makin selektif journaling, sekarang journaling kadang lebih ke brain-dump atau iseng bikin art journal (yang ngga nge-art nge-art banget sih sebenernya, halah ini bahasa opo meneh). Saya ngga punya metode yang pasti selalu dipake buat journaling, pokoknya cuma buka page baru aja, tulis, tempel, doodling, udah, kelar. Saya lagi mencoba bullet journaling, tapi karena goals saya untuk beberapa waktu ke depan ngga terlalu banyak, isinya terlihat kurang konsisten.


Journal ala kak opi


3.  Saya tertarik dengan cara journaling mbak opi yang terkesan out of the box nie, hihi.. POP UP JOURNAL . dapet idenya darimana mbak ? dan kenapa pilihannya jatuh pada pop up journal ?


Percaya ngga, saya ini orangnya gampang terintimidasi banget kalo liat hasil karya yang bagus? Hahahahaha! Kira-kira setahun lalu, waktu saya mulai serius pengen rutin nulis planner dan journaling, saya jadi sering browsing atau liat2 layout journal di Instagram dan Pinterest. Rasanya mau nangiiiiis, mau lempar monitor komputer pake tumbler isi kopi pas liat layout punya orang bagus-bagus dan menarik banget. Dalam hati saya berpikir, “Journal mereka bagus, tone warnanya cantik, tapi itu ‘ngga gue banget’.” Gitu. Maka akhirnya saya mikir gimana caranya journaling hal-hal remeh tapi beda dari orang lain. Pilihan saya jatuh ke pop-up journaling karena saya perhatiin belum ada yang bikin (mungkin ada ya, tapi sampai sekarang saya kok belum nemu), selain itu saya memang suka bikin pop-up card. Pop-up journal ini bikinnya simpel, saya cuma cari gambar/stiker yang bisa mem-visualisasikan (opo meneh iki bahasane) apa yang ada di pikiran saya, jadi deh. Saya ngga bikin pop-up page yang “njelimet” kok, sederhana aja.

Pop Up journal cetar ala kak opi

4.  Apa arti kegiatan journaling buat mbak opi ? beberapa orang kan menganggap journaling sebagai media untuk terapi atau memory keeper.


Journaling untuk terapi menulis dan memory keeper itu memang bener banget. Paling ngga itu alasan saya masih journaling sampai saat ini. Selain itu, merangsang saya juga untuk lebih kreatif dengan isi tulisan dan layout, sih. Saya juga jarang nulis hal yang serius di journal, ya memang ada beberapa kejadian yang mungkin “serius” tapi akan saya “terjemahkan” dengan becandaan biasanya, hehe...


Journal uniknya kak opi


5.  Selain journaling, hobbi apa saja yang ditekuni mbak opi ? (pertanyaan paling kepo ini .. , hahaha.. )


Hobi saya yang lainnya standar-standar aja seperti kebanyakan perempuan yang “sok ribet" lainnya, huahahahahaha! Saya suka nonton TV series, film, nge-game, akhir-akhir ini lagi suka watercoloring, dan kalau lagi sempat, saya suka nyoba-nyoba DIY project di rumah (thanks to Pinterest, hidupku lebih bermanfaat sekarang *halah*)

Watercolor karya kak opi yang pernah difitur sama majalah fashion.

6. Yang terakhir nie,  boleh gak mbak, berbagi tips dan trik berjournaling ala kak opi ? hehe, terutama buat yang pingin nyoba pop up journal nie .


Kalau journaling itu jangan merasa terpaksa. Jangan journaling hanya karena kamu mau dilihat oleh orang lain, ya ini karena sekarang apa-apa kita share di media sosial kan, ya. Journal itu dibuat untuk mengenal diri kita sendiri (setidaknya bagi saya begitu), karena di dalamnya ada tulisan-tulisan yang emosional, goals yang ingin dicapai, sampai dialog pada diri sendiri. Kalau tips buat pop-up journal ngga ada, hahahahaha! Mungkin bisa dicoba bikin pop-up cardnya dulu kali ya.. ? Hehe..


POP UP JOURNAL yang fenomenal itu , hehe..


Hihi.. Begitulah tadi petikan wawancara Non-face to face sama mbak opi, buat yang penasaran pingin kepoin journal-journal uniknya, silahkan follow instagramnya, ini nama accountnya @opiplans atau bisa juga subscribe youtubenya di


Dan buat mbak opi, terima kasih banyak atas waktunya yang berharga dan udah mau mengikuti program (Aku Menanyakan Kak opi Menjawab, AMKM) hahha.. (Istilahmu mbak.. Hihi.)
Semoga makin tambah kece nie karya-karyanya.
And I am Happy to know you.. 💖.

Baiklah.. Sekian acara AMKM bareng kak opi, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kita semua.

Kalo gak ingin ketinggalan cerita seru dari temen-temen yang kece, subscribe atau follow blog tercinta ini ya.. 💖.. Hehe..
Dan semoga bulan depan ada cerita seru lainnya.

Terima kasih sudah membaca dan jika ingin memberikan tanda cinta dengan cara share atau follow, jangan ragu-ragu. Hihi..

See you later.

No comments:

ewafebri newsletter