Friday, March 10, 2017

MANFAAT BULLET JOURNAL



Keseimbangan hidup.
Itulah yang ingin saya capai saat ini. Hehe.. Tentang finansial, personal, karir dan tentu saja tentang spiritualitas.

Buat kakak-kakak disana yang sudah teratur dan seimbang hidupnya tentu hal ini bukan lagi hal yang harus dipikirkan, tapi
untuk orang yang hidupnya acak adul seperti saya, keseimbangan hidup ini harus diperjuangkan. Hihi..

Kali ini saya ingin berbagi cara menyeimbangkan hidup melalui bullet journal (eaaaa..). Hihi.. Dari sekian aspek (wheel of life) saya yang paling rendah diagramnya diantaranya justru di aspek spiritual (kok ini bisa terjadi... ?, sebagai
manusia saya merasa sedih 😭), tapi saya tidak berkecil hati, justru karena itu saya harus memperbaikinya.. Betul.. ?.

Bulan maret fokus utama saya adalah meningkatkan 2 aspek yang menurut saya ketinggalan dibandingan teman - temannya. yaitu aspek spiritualitas dan personal.

lalu bagaimana cara meningkatkan aspek - aspek tersebut melalui bullet journal ?

yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan apa saja hal yang menjadi target dan  ingin dicapai dalam kurun waktu sebulan kedepan.
tentu teman-teman masih ingat tentang bagaimana saya menentukan goal/resolusi pada awal tahun. ( jika belum tahu dan penasaran ingin membaca, silahkan lihat postingan ini.)

nah postingan ini adalah rentetan kasus saling berhubungan dengan wheel of life tahunan. tahun ini dalam aspek spiritual, yang ingin saya capai, salah satunya adalah membaca Alquran sampai tuntas (khatam) serta memahami isi bacaannya.
karena itu, setiap bulannya saya mentargetkan juz berapa yang harus saya baca.

Bulan ini target saya membaca sampai pada juz 25, tapi sepertinya hasilnya bisa melewati  batas target yang saya tentukan nih, hehe.. (alhamdulillah). sedikit demi sedikit yang penting konsisten.

Dengan sistem log seperti ini, saya lebih mudah menganalisa dan mengetahui seberapa jauh progress yang sudah saya capai setiap bulannya. Dan tentu saja, jika kita mendapati kelemahan didalamnya, dengan mudah pula kita mengetahui dan mencari solusinya.

Buat saya bullet journal itu tidak selalu tentang to do list dan layout yang keren, tapi yang terpenting adalah sebagai progress tracker / seeker progress.


nah, contohnya adalah gambar di bawah ini :




Gambar diatas adalah Al Qur'an Log  yang saya terapkan dalam bullet journal. Selain memudahkan mengetahui surat dan ayat berapa yang sudah saya baca, log semacam ini juga menjadi tracker untuk progress yang sudah saya buat.
seru kan.. ? biar makin semangat bacanya.

Selain aspek spiritual, bulan ini saya juga ingin meningkatkan aspek personal (aspek ini kayaknya gak pernah berada di level aman  ya.. ? selalu butuh untuk diperbaiki dari waktu ke waktu. ), dibandingkan task yang rumit , saya menggunakan ( journal ) challenge prompt seperti dibawah ini untuk membantu saya meningkatkan rasa percaya diri, positif thinking dan tentunya lebih mengenal diri sendiri.  yang menarik dari challenge kali ini adalah campuran antara action dan journaling. jadi ada sebagian prompt yang hanya kita gunakan sebagai journaling prompt, ada juga yang bisa kita implementasikan di kehidupan nyata.

seperti point nomor 5 dalam prompt dibawah ini tertulis  " things you want to say to your ex" .  
Pinginnya sich ngomong didepan langsung, tapi karena gak mungkin (dan takut mengganggu pasangannya), jadi mendingan saya curcol sedikit disini ya.. ? hihi.. sekalian, kali aja pada baca (gak bakal juga sih, haha.. )
saya cuma ingin bilang " terima kasih dan semoga berbahagia dengan pasangannya" . Karena saya yakin saya pasti bahagia sama pasangan saya (kelak 😀) Amin.




bukan cuma tentang spiritual dan personal saja, pengetahuan juga penting kan ya.. ? oleh karena itu, saya juga membuat list tentang daftar buku yang ingin saya baca.. ( saat ini saya lagi berjuang menghilangkan rasa malas membaca nie, angot-angotan soalnya, hih.. ).



Makin kesini saya makin sadar bahwa, bullet journal ini efektik membantu saya tidak hanya sebagai " reminder " tetapi juga sebagai alat " seeking a progress ".
banyak manfaatnya ya ? oh ternyata. buat yang belum mencoba bullet journal dan merasa hidupnya acak adul, mungkin sudah saatnya untuk mencoba metode ini. bisa buat terapi juga loh. hehe...
hobby murah dan bermanfaat ini.

selamat mencoba...jangan lupa follow dan subscribe biar selalu update postingan seru saya tentang bullet journal. hehehe.. terima kasih yang sudah mau meluangkan waktu mengintip postingan ini.

sampai ketemu di postingan selanjutnya.. 💖

No comments:

ewafebri newsletter