Thursday, February 09, 2017

JOURNALING WITH RARAGOCRAFTY

Hallo..
ewa's guest adalah segmen tentang orang-orang yang inspiratif dan kreatif.
Ini kali kedua ewa's guest. Syukur alhamdulillah. Dan terima kasih banyak untuk kakak yang bersedia meluangkan waktunya untuk bercerita dan bersedia di feature dalam segmen ini. Luar biasa.
Dan kali ini bintang tamu saya adalah..

Mbak RARA atau kalo di instagram mbak rara menggunakan nama @raragocrafty.

Melihat timeline mbak rara di instagram itu bikin ketagihan. Tone warna fotonya itu selalu menarik dan bagus. Hmm.. Pingin banget bisa belajar sama mbak rara cara memotret yang cantik secara langsung
Hihi..
Gak cuma itu obyek fotonya juga selalu menawan. Lihat saja bagaimana dia mengkombinasikan journal dengan teknik collage (kolase), cat air, sticker, washitape dan lain-lain. Semuanya serba menawan.




Penasaran.. ? Mendingan baca postingan ini sampai habis. Hihi..
Mari kita mulai wawancara singkat sama pemilik akun @raragocrafty.

Berikut petikan wawancara via.. (Hmmm..)


1. Boleh cerita sedikit ke pembaca tentang kehidupan (gak bermaksud kepo 😂) mbak rara ?


❤ Halo! Aku Rara, aku suka sekali art and craft. Bisa dibilang aku orangnya gampang bosan dan ngga memiliki hobby yang tetap 😁 Sejak kecil aku suka mempelajari berbagai macam art and craft, mulai dari menggambar, melukis, menjahit, rajut, sulam, cross-stich dan banyak lagi. Suka mempelajari namun sayangnya tidak sampai mahir ( yang ini jangan ditiru ya hehe ). Yang masih awet dari kecil sampai sekarang adalah hobi menggambar. Dulu belajar menggambar dari Mama, beliau yang berprofresi sebagai seorang arsitektur senang mengajarkan menggambar. Saat ini aku lebih sering menggambar di dalam journalku.


2. Sejak kapan dan sudah berapa lama mbak rara mengenal Journaling ?


❤ Mulai kenal journaling tahun 2015, berawal dari mengenal planner decoration dan bergabung dengan komunitas pecinta planner, kemudian berkenalan dengan sesama anggota komunitas yang sudah lebih dulu mengenal journaling. Sejak itu langsung tertarik dan mulai aktif journaling hingga saat ini.




3. Yang seperti kita ketahui, ada beberapa tipe journal yang ada, ada tentang food journal, travel journal, bullet journal, dll ,

dari beberapa tipe journal ini manakah yang menjadi pilihan favorite mbak rara ? kenapa ?

❤ Kalau jurnal favorite, aku nyebutnya creative journal/creative journaling. Disitu kita bebas, tidak hanya sebagai memory keeping tapi juga media berkreasi seperti sketch, handlettering dll. Jadi sebenarnya ngga ada batasan, journal aku isinya mulai dari review film/buku, food journal, catatan resep, favourite quotes, sketch iseng, gratitude journal, doodling, foto, curhat dll




4. Selain berperan sebagai hobby, journaling ini kan ada juga manfaatnya seperti menjadi terapi misalnya, nah buat mbak rara apa peranan journal dalam kehidupan mbak rara ?


❤ Kalau buat aku saat journaling kita semacam 'pause'. Kita bisa mengenali diri kita lebih baik, mensyukuri apa yang sudah kita dapat, dan melihat sejauh mana kita berkembang. Jadi semacam self reflecting dan self motivating.




5. Kapan waktu yang tepat buat journaling menurut mbak rara ?, atau ada jadwal khususkah dalam berjurnaling ?


❤ Aku ngga punya waktu khusus, kebetulan karena pekerjaanku tidak memiliki jam kerja tetap jadi menyesuaikan aja saat ada waktu luang aku gunakan untuk journaling. Paling sering sih malam hari sebelum tidur. Jadi masih fresh ingatannya dari kegiatan hari tersebut. Terlalu lama menunda nunda biasanya malah lupa dan akhirnya terlewat.




6.  Adakah peralatan yang masuk dalam daftar “wajib dan favorite” buat mbak rara ?


❤ Kalau creative journaling menurut aku yang paling utama, buku journal ( bebas apa bentuknya ), pena untuk menulis, lem untuk menempel memorabilia ( contohny tiket bioskop, kartu nama restaurant, brosur, dll ) dan alat tulis berwarna ( boleh spidol warna, pensil warna, cat air dll ) Dari keempat peralatan tersebut sudah bisa menghasilkan berbagai macam kreasi.




7. dan terakhir ini, kalo kita browsing di internet, journaling ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pengembangan diri, masalahnya kadang kita bingung bagaimana cara memulainya, adakah tips dari mbak rara buat para pembaca yang ingin mencoba memulai kegiatan journaling ini ?


❤ Tidak perlu menetapkan target untuk journaling ( misal harus menulis journal setiap hari dan berisi tulisan panjang satu halaman penuh atau harus bisa menggambar ), mulailah dengan menulis hal hal sederhana misal tentang kegiatan kita sehari hari. Menggunakan journaling prompt dan monthly challenge juga bisa membantu kita untuk mendapatkan ide untuk journaling. Journaling prompt banyak sumbernya bisa search di pinterest atau instagram. Yang terakhir, Nikmati prosesnya tidak usah berkecil hati kalau hasilnya berbeda dengan journalist yang lain karena masing masing punya ciri khas.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Begitulah tadi petikan wawancara dengan mbak rara.
Membaca petikan wawancara dengan mbak rara saya merasa tidak sendiri. Bahwa ada yang suka mencoba belajar berbagai hal tapi gak perlu sampai pada level mahir. Hihi.. Mungkin orang-orang kreatif memang begitu ya..? ( "self admiring" terselubung) haha..

Dan setuju dengan mbak rara. Memulai journaling itu gak harus meribetkan diri dengan hal-hal yang bersifat estetika dulu, mendingan lebih mengutamakan esensinya. Terlebih jika journaling ini berperan sebagai alat terapi dan refleksi diri buat kita.

Buat yang masih penasaran sama dan ingin terinspirasi lebih banyak lagi tentang journaling, silahkan berkunjung ke laman instagram mbak @raragocrafty. Ada begitu banyak ide-ide buat berjournalingria. Hehe..

Dan terima kasih banyak yang sudah membaca postingan ini semoga terinspirasi. Buat yang sering baper, ini bisa menjadi cara baper yang cantik. Kegaduhannya bisa diganti (affirmasi) dengan pernak-pernik lucu. Jadi lebih indah dipandang mata dilinimasa media sosial.

Sampai ketemu lagi.


Credit pictures by @raragocrafty

No comments:

ewafebri newsletter