Skip to main content

BULLET JOURNAL (INDONESIA) : JANUARY'S CHALLENGES

Resolusi terpenting tahun 2017 buat saya adalah PERUBAHAN. Entah dibidang apapun itu yang penting saatnya menuju perubahan (ke arah yang lebih baik tentunya) hehe..

Setelah menentukan goal tahun 2017 (klik disini), saatnya menentukan langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk menggapai tujuan tersebut.
Salah satunya yang saya highlight adalah aspek personal developement.
Personal development ini menjadi aspek yang paling penting buat saya.
Bagi saya untuk melakukan perubahan menyeluruh yang menjadi prioritas utama adalah perubahan cara pikir (mindset) atau revolusi mental lebih dahulu.
Sulit rasanya jika kita ingin melakukan perubahan tapi cara pikir kita tidak ikut dirubah terlebih dahulu. Hmm.. Kerja keras rasanya, bukan kerja pintar (hardwork not smart work) hihi..



Self improvement challenge adalah salah satu cara saya untuk mencapai tujuan yang saya inginkan. Dan berikut diantaranya.

1. GRATITUDE CHALLENGE.

Saya adalah tipikal orang yang cenderung memiliki pikiran yang negatif dan pesimis. Rasanya cara pikir ini yang pertama saya harus hilangkan caranya adalah dengan mencatat semua hal yang positif dan mencatat semua hal yang saya syukuri dalam sebuah journal. Dengan begitu saya termotivasi untuk selalu berfikir positif dan melakukan hal yang positif.
Dan berikut ini adalah prompt saya untuk gratitude challenge.



2. AFFIRMATION CHALLENGE

Sama halnya dengan gratitude challenge , affirmation challenge adalah salah satu cara saya untuk menyuntikkan hal-hal yang positif ke dalam pikiran/otak saya. Tujuannya supaya otak saya terbiasa dengan hal-hal yang positif.
Bedanya dengan gratitude challenge adalah , gratitude lebih pada me-review atau bersyukut tentang kejadian/peristiwa yang terjadi sementara affirmation adalah hal/kalimat/pikiran yang sifatnya positif yang bisa saja terjadi ataupun belum atau bahkan tidak sama sekali.



3. 52 WEEKS SAVING CHALLENGE

Nah kalo challenge satu ini adalah challenge yang berhubungan dengan finansial, hehe.. Gak perlu banyak menabungnya, yang penting harus dan rutin. Selain ngumpulin uang, challenge ini juga membuat saya belajar pada komitmen dan konsisten. Plus.. Belajar sabar. Hehe..



4. READING CHALLENGE

Nah kalo challenge yang satu ini berhubungan dengan pengetahuan/knowledge, jika sebelumnya saya hanya membuat tracker tanpa ada target buku apa saja yang saya baca, tahun ini konsepnya berbeda. Saya membuat beberapa kategori yang harus saya baca, apa itu tentang hobbi, fiksi, sejarah, seri atau yang lainnya. Tujuannya supaya saya tidak hanya membaca buku fiksi atau novel saja, tapi semuanya bisa saya baca.
Dan beginilah cara saya mensetup di bullet journal.



Begitulah kira-kira challenge yang ingin saya ikuti tahun ini, semoga saya bisa menyelesaikannya sampai akhir. Amin.

Buat temen-temen yang punya challenge lainnya yang akan dilakukan dan ingin berbagi ide, silahkan komentar di kolom comment. Siapa tahu saya juga ingin mencobanya.. Amieen..

Buat yang ingin mencoba metode challenge saya juga silahkan. Semoga bermanfaat buat kita semua. Hehe..

Terima kasih sudah membaca blog ini dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

See ya.

Comments

Post a Comment

Thank you for visiting this blog, if you have any questions, please leave comment. have a nice day good people .

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.