Thursday, January 05, 2017

BULLET JOURNAL (INDONESIA) : JANUARY'S CHALLENGES

Resolusi terpenting tahun 2017 buat saya adalah PERUBAHAN. Entah dibidang apapun itu yang penting saatnya menuju perubahan (ke arah yang lebih baik tentunya) hehe..

Setelah menentukan goal tahun 2017 (klik disini), saatnya menentukan langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk menggapai tujuan tersebut.
Salah satunya yang saya highlight adalah aspek personal developement.
Personal development ini menjadi aspek yang paling penting buat saya.
Bagi saya untuk melakukan perubahan menyeluruh yang menjadi prioritas utama adalah perubahan cara pikir (mindset) atau revolusi mental lebih dahulu.
Sulit rasanya jika kita ingin melakukan perubahan tapi cara pikir kita tidak ikut dirubah terlebih dahulu. Hmm.. Kerja keras rasanya, bukan kerja pintar (hardwork not smart work) hihi..



Self improvement challenge adalah salah satu cara saya untuk mencapai tujuan yang saya inginkan. Dan berikut diantaranya.

1. GRATITUDE CHALLENGE.

Saya adalah tipikal orang yang cenderung memiliki pikiran yang negatif dan pesimis. Rasanya cara pikir ini yang pertama saya harus hilangkan caranya adalah dengan mencatat semua hal yang positif dan mencatat semua hal yang saya syukuri dalam sebuah journal. Dengan begitu saya termotivasi untuk selalu berfikir positif dan melakukan hal yang positif.
Dan berikut ini adalah prompt saya untuk gratitude challenge.



2. AFFIRMATION CHALLENGE

Sama halnya dengan gratitude challenge , affirmation challenge adalah salah satu cara saya untuk menyuntikkan hal-hal yang positif ke dalam pikiran/otak saya. Tujuannya supaya otak saya terbiasa dengan hal-hal yang positif.
Bedanya dengan gratitude challenge adalah , gratitude lebih pada me-review atau bersyukut tentang kejadian/peristiwa yang terjadi sementara affirmation adalah hal/kalimat/pikiran yang sifatnya positif yang bisa saja terjadi ataupun belum atau bahkan tidak sama sekali.



3. 52 WEEKS SAVING CHALLENGE

Nah kalo challenge satu ini adalah challenge yang berhubungan dengan finansial, hehe.. Gak perlu banyak menabungnya, yang penting harus dan rutin. Selain ngumpulin uang, challenge ini juga membuat saya belajar pada komitmen dan konsisten. Plus.. Belajar sabar. Hehe..



4. READING CHALLENGE

Nah kalo challenge yang satu ini berhubungan dengan pengetahuan/knowledge, jika sebelumnya saya hanya membuat tracker tanpa ada target buku apa saja yang saya baca, tahun ini konsepnya berbeda. Saya membuat beberapa kategori yang harus saya baca, apa itu tentang hobbi, fiksi, sejarah, seri atau yang lainnya. Tujuannya supaya saya tidak hanya membaca buku fiksi atau novel saja, tapi semuanya bisa saya baca.
Dan beginilah cara saya mensetup di bullet journal.



Begitulah kira-kira challenge yang ingin saya ikuti tahun ini, semoga saya bisa menyelesaikannya sampai akhir. Amin.

Buat temen-temen yang punya challenge lainnya yang akan dilakukan dan ingin berbagi ide, silahkan komentar di kolom comment. Siapa tahu saya juga ingin mencobanya.. Amieen..

Buat yang ingin mencoba metode challenge saya juga silahkan. Semoga bermanfaat buat kita semua. Hehe..

Terima kasih sudah membaca blog ini dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

See ya.

2 comments:

Laurensia Mei said...

Haii mau tanya, beli grid journal book nya dimana ya ?

ewafebri said...

Counter moleskine kak..

ewafebri newsletter