Wednesday, December 07, 2016

Bullet Journal : Self Improvement Challenge

hello December , welcome to my world..

it is late , isn't it ? well.. who cares ? hahaha..

Buat saya Desember adalah bulan yang penuh tantangan, kenapa ? karena dalam satu bulan ini saya mencoba untuk mengikuti beberapa challenge atau tantangan untuk diri sendiri sebagai upaya untuk meningkatkan perkembangan diri atau Self improvement challenge.

apa itu self improvement challenge ?

self improvement challenge adalah daftar tantangan yang saya buat setiap harinya untuk satu bulan ke depan demi mencapai target menjadi manusia yang lebih baik. hihi..
setiap hari saya tuliskan aksi yang berbeda yang harus saya kerjakan demi mencapai target yang saya tentukan. pertama-tama adalah menentukan tujuan apa yang ingin di capai.
misal :

beberapa bulan terakhir ini saya banyak menghabiskan waktu di sosial media, bahkan mungkin sudah dalam tingkat keterlaluan hehe.. karena itu saya perlu malakukan detox pada diri sendiri supaya secara kejiwaan, saya bisa jauh lebih sehat dari sebelumnya. hihi..
jadi, target saya bulan ini adalah untuk mengurangi aktivitas disocial media. supaya lebih seru dan tidak terlalu berat (karena kalo mendadak langsung berhenti itu berasa berat, tanda-tanda kecanduan social media ini ), maka saya menggunakan daftar aksi yang saya lakukan setiap harinya untuk mengurangi kecanduan tersebut.

contohnya seperti gambar berikut ini :



 

ada 30 aksi yang harus saya selesaikan dalam kurun waktu 1 bulan atau 30 hari. kenapa dibuat list ? pertama supaya mudah diingat karena kalo cuma diingat dikepala saja, saya yakin bahwa saya akan gagal melaksanakannya, tetapi karena saya buat list dan checklist sebagai tracker, tantangan ini menjadi lebih seru dan menyenangkan. entahlah, checklist atau tracker seperti ini bisa menyemangati saya untuk menyelsaikannya. kedua supaya setup desember saya jadi lebih banyak dan seru. hihi..

selain 30 days sosmed detox ada 2 challange lagi yang sedang saya jalankan. yaitu 30 days no complaint challenge dan 30 days become minimalist.

karena itulah kenapa desember saya sebut sebagai bulan penuh tantangan, hihi. tujuannya satu, supaya menjadi lebih baik lagi, itu saja. hahaha...( satu target aja banyak aksi, belum yang lainnya ini mah.. haha.. ).

dan sebagai bonus postingan hari ini , saya perlihatkan layout bujo saya untuk week 50. (ini gak penting banget ya.. ? hahaaa) , kalo mau liat lebih banyak layout lagi , silahkan cek instagram saya. hehe... thank you..





see ya..

4 comments:

DNA said...

Mau tanya, itu beli buku journalnya dimana ya? Saya nyari journal yang kertasnya kayak gitu belum nemu... terima kasih

ewafebri said...

Halo kakak.. Saya beli di counter moleskine. Atau bisa juga di webnya agendamoleskine.com

Indah chary said...

Halo kakak, mau tanya dong. Gimana caranya kakak bikin jurnal yg secantik itu. Ada tutorialnya ga kak? Ajarin dong kak T_T.

ewafebri said...

Hallo.. Salam kenal , sudah pernah menggunakan sistem bullet journal kah.. ? Pada dasarnya journal saya berdasarkan bullet journal sistem, dan biasanya saya share tentang layout dan penjelasanngannya di instagram : ewafebri. Atau mungkin juga bisa discrol dihalaman ini bagaimana saya mensetup bullet journalnya.

Terima kasih.
Jika ada sistem atau modul yang ingin ditanyakan boleh, silahkan.

ewafebri newsletter