Skip to main content

BULLET JOURNAL (INDONESIA) : 2017

Tidak terasa kita sudah memasuki penghujung tahun ya ?.

2016 adalah tahun yang luar biasa buat saya, ada begitu banyak peristiwa yang saya pelajari dan syukuri, baik itu buruk maupun baik, kalo saya tulis disini satu persatu , 1 minggu rasanya tidak cukup, hihi.. (lebay ... " masih jaman istilah lebay kan ya ? hihi, biar tetep kekinian")

yang paling signifikan adalah perubahan tingkah laku, manajemen waktu, produktifitas dan semuanya mengarah ke arah yang lebih baik.
bullet journal benar-benar merubah hidup saya, diawali dengan penasaran tentang bullet journal, berlanjut dengan iseng-iseng mencoba dan berakhir dengan merasakan manfaatnya, hehe..

sebenarnya saya pernah mencoba menggunakan metode planner yang berpatokan pada to do list dan event saja tapi entah kenapa justru saya jatuh cinta dengan sistem bullet journal ini. (padahal sebenarnya sama saja ya..? hahaha )mungkin karena sifat bullet journal yang fleksibel dan modular, saya selalu mempunyai rasa penasaran untuk mencoba terhadap suatu komponen atau modul yang baru, dan yang pasti hal yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

dan jika ada beberapa modul yang gagal , jangan kuatir, you're not alone. hihi.. entah berapa banyak modul yang saya coba dan gagal, tapi tetep asyik-asyik aja. hihi..

setahun sudah saya menggunakan sistem ini dan dampaknya memang luar biasa sekali, nah tahun depan saya juga ingin tetap menggunakan sistem ini, belum bosan soalnya. hahaha..

dan berikut ini adalah skema ide bullet journal yang ingin saya gunakan untuh tahun 2017, rasanya udah gak sabar buat setup bullet journal untuk tahun baru ya..?
sebelum saya memutuskan apa saja yang ingin saya migrasi di bullet journal tahun ini, saya membuat mind mapping terlebih dahulu. langkah ini membantu saya untuk mendapatkan ide-ide apa saya yang ingin saya gunakan nantinya.


mind mapping bullet journal 2017




dengan bantuan mind mapping seperti gambar diatas saya bisa mendapatkan gambaran akan seperti apa isi bullet journal saya nantinya (the power of brain storming).

dan berikut ini garis besar yang ingin saya gunakan dalam bullet journal saya di Tahun 2017 :

1. Goal yang terbagi dalam 1 year goal dan juga monthly goal
2. collection yang meliputi tentang self improvement challange, project ideas, book to read, resep makanan dll (yang belum saya tentukan hihi, mungkin harus bikin mind mapping lagi ini)
3. future log yang terdiri dari calendex dan monthly log
4. rapid log yang penerapannya bisa dikembangkan dalam weekly layout ataupun daily layout.

saya pribadi belum mendapatkan cara yang pas dalam setup layoutnya , jadi masih sering mencoba merubah layout dari waktu ke waktu dan mencoba beberapa ide layout. 

itulah tadi beberapa hal yang ingin saya coba gunakan untuk bullet journal 2017, buat yang ingin mencoba bullet journal, semoga postingan diatas bisa sedikit membantu mendapatkan ide tentang apa saja yang ingin di terapkan dalam bullet journalnya.

selanjutnya semoga saya bisa memposting setup sepenuhnya untuk bullet journal di tahun 2017 nanti.
terima kasih sudah menyempatkan diri singgah disini, silahkan bertanya dikolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan, atau bisa ke IG dan line : ewafebri . 

terima kasih. i'll see you soon.

Comments

Anonymous said…
Pake buku merk apaa ???
ewafebri said…
Moleskine kakak..

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.