Skip to main content

11 Aplikasi Smartphone Yang Menunjang Hobby Journaling Kamu.

Pernahkah kalian punya pengalaman pingin update terus bullet journalnya / journalingnya tapi lupa bawa bukunya atau gak sempet pegang bukunya ?
Kalo yang ini sering kejadian nie sama saya, tapi jangan kuatir saya akan berbagi tips bagaimana saya menangani masalah ini. Hihi..

Seperti yang kita ketahui bullet journal adalah sistem perencanaan manual yang biasa menggunakan kertas sebagai medianya. Nah, akan menjadi kurang menarik jika kita lihat layout yang sudah kita buat justru kosong karena kita gak sempet update isinya. Entah karena buku ketinggalan ataupun gak ada waktu buat pegang bullet journal. Ehmm.. Pasti buat pecinta journaling, ini menjadi suatu masalah ya. Hehe.. Buat orang yang mudah lupa seperti saya,  ini menjadi masalah, hahhaa..
Karena jika saya punya kesempatan untuk mengupdate journalnya, memori peristiwa yang sudah terjadi akan hilang, hihi.. Padahal sayangkan ya.. ? Kan kita berjournal ria buat memori keeper juga. Iya kan.. ? (Maksa) 😀.


Bagaimana caranya supaya kegiatan journaling tetep lancar meskipun hanya updatenya diwaktu luang saja..?



Jawabannya :
Terletak pada peranan mobile phone (handphone).
Hihi..

Karena sebagaian dari kita lebih sering menggunakan mobile phone, kenapa kita tidak maksimalkan penggunaanya dan mensinkronisasikannya dengan hobby journaling kita.. ?
Caranya dengan memanfaatkan aplikasi dismartphone yang sudah tersedia di play store ataupun diwindows store.

Kali ini saya hanya akan berbagi tentang aplikasi apa saja yang bisa menunjang hobby journaling saya di playstore ya.
Berikut ini daftar aplikasinya

1. Tasks.

Aplikasi ini biasanya adalah aplikasi bawaan dari perangkat android. Jadi sudah terinstal langsung di hape kita. Tasks ini biasanya saya gunakan sebagai To Do list.  Dan biasanya juga ditunjang dengan fitur checklist dan juga reminder. Jadi akan menjadi lebih mudah digunakan sebagai pengganti rapid log dibullet journal untuk sementara.

2. Water time pro.

Untuk orang yang males minum air putih seperti saya dan sedang berusaha mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat, aplikasi ini sangat membantu sekali. Dengan aplikasi ini kita diingatkan untuk mengkonsumsi air minum (putih) sesuai dengan jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hanya dengan memasukkan berat badan dan jenis kelamin, aplikasi ini sudah bisa menghitung jumlah air yang harus kita konsumsi setiap harinya.

3. Journey

Aplikasi ini adalah aplikasi pengganti journal kita sementara. Dengan aplikasi ini, kita bisa menambahkan foto sebagai bukti dari moment yang sedang terjadi. Semakin menarikkan notenya.



4. Daylio.

Buat yang sedang mengtrack daily moodnya, aplikasi ini bisa digunakan sebagai mood tracker kita. Selain simpel, aplikasi ini juga cukup menarim denamgan adanya tambahan icon gambar yang lucu.




5. Good Budget.

Aplikasi penunjang envelope system. Cara kerjanya serupa dengan envelope system yang kita pakai hanya saja ini bersifat digital.

6. Blogger.

Buat yang hobby ngeblog di blogger tapi gak sempet pegang laptop, dengan aplikasi ini kalian tetap bisa mengupdate blognya dimanapun dan kapanpun.

7. Al Quran Indonesia

Sangat bermanfaat untuk Quranic journal, selain ada ayat-ayatnya, di dalam aplikasi ini juga ada arti dan cara bacanya, serta dilengkapi dengan arti tiap katanya.

8. eReader prestigio.

Epub reader yang juga bisa mengimport buku dari sd card.

9. Duolingo

Belajar bahasa asing sambil bermain.

10. Tasty.

Buat yang hobby memasak dan juga menggunakan meal plan di bullet journalnya, aplikasi ini cukup membantu untuk mendapatkan ide-ide masakan. Tersedia juga resep untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Komplit dech pokoknya. Hehehe..

11. Wikihow

Aplikasi ini cocok buat pengguna yang aktif dan mau belajar. Ada banyak artikel yang menarik tentang bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu. Sangat informatif pokoknya.

Nah itulah beberapa aplikasi yang menurutku sangat berguna sekali selain media sosial kita yang lain tentunya. Hehe..

Jadi sekarang journaling bisa makin lancar jaya ya.. Haha.. Gak ada lagi alasan lupa sama moment. Hihi..

Semoga postingan kali ini bermanfaat.

Selamat mencoba.

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.