11 APLIKASI SMARTPHONE BERFAEDAH DI HAPE KAMU

11 aplikasi smartphone berfaedah di hape kamu


Pernahkah kalian memiliki pengalaman pingin update terus Bullet Journalnya / journalingnya tapi lupa bawa bukunya atau gak sempet pegang bukunya ? Kalo yang ini sering kejadian nie sama saya, tapi jangan kuatir saya akan berbagi tips bagaimana saya menangani masalah ini. Hihi..

11 APLIKASI SMARTPHONE BERFAEDAH DI HAPE KAMU 


Seperti yang kita ketahui Bullet Journal adalah sistem perencanaan manual yang biasa menggunakan kertas sebagai medianya. Nah, akan menjadi kurang menarik jika kita lihat layout yang sudah kita buat justru kosong karena kita gak sempet update isinya.

Entah karena buku ketinggalan ataupun gak ada waktu buat pegang Bullet Journal. Ehmm.. Pasti buat pecinta journaling, ini menjadi suatu masalah ya. Hehe.. Buat orang yang mudah lupa seperti saya,  ini menjadi masalah, hahhaa..

Karena jika saya punya kesempatan untuk mengupdate journalnya, memori peristiwa yang sudah terjadi akan hilang, hihi.. Padahal sayangkan ya.. ? Kan kita berjournal ria buat memori keeper juga. Iya kan.. ? (Maksa) 😀.

" Bagaimana caranya supaya kegiatan journaling tetep lancar meskipun hanya updatenya diwaktu luang saja..? "

Jawabannya :
Terletak pada peranan mobile phone (handphone). 🤭

Karena sebagaian dari kita lebih sering menggunakan mobile phone, kenapa kita tidak maksimalkan penggunaanya dan mensinkronisasikannya dengan hobby journaling kita.. ?

Caranya dengan memanfaatkan aplikasi di smartphone yang sudah tersedia di play store ataupun diwindows store.

Kali ini saya hanya akan berbagi tentang aplikasi apa saja yang bisa menunjang hobby journaling saya di playstore ya.

11 Aplikasi smartphone berfaedah untuk menunjang kegiatan Journalingmu :

1. TASKS.


Aplikasi ini biasanya adalah aplikasi bawaan dari perangkat android. Jadi sudah terinstal langsung di hape kita. Tasks ini biasanya saya gunakan sebagai To Do list.

Dan biasanya juga ditunjang dengan fitur checklist dan juga reminder. Jadi akan menjadi lebih mudah digunakan sebagai pengganti rapid log di Bullet Journal untuk sementara.

2. DRINK WATER TRACKER


Untuk orang yang males minum air putih seperti saya dan sedang berusaha mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat, aplikasi ini sangat membantu sekali.

Dengan aplikasi ini kita diingatkan untuk mengkonsumsi air minum (putih) sesuai dengan jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hanya dengan memasukkan berat badan dan jenis kelamin, aplikasi ini sudah bisa menghitung jumlah air yang harus kita konsumsi setiap harinya.

3. JOURNEY


Aplikasi ini adalah aplikasi pengganti journal kita sementara. Dengan aplikasi ini, kita bisa menambahkan foto sebagai bukti dari moment yang sedang terjadi. Semakin menarikkan notenya.




Selain foto, kita juga bisa mengetag alamat dimana kita sedang melakukan kegiataan tersebut. Hmm.. Kalo dipikir-pikir mirip platform sosial media sih, hanya saja kita juga bisa menempatkan to do list di dalamnya.

4. DAYLIO


Bagi teman-teman yang ingin melakukan pengembangan diri, terutama yang berhubungan dengan emosi, bisa memanfaatkan aplikasi ini. Sebelum mengetahui apa yang terjadi dalam diri kita, akan lebih baik jika merekam emosi yang kita rasakan setiap harinya. 




Nah, buat teman-teman yang sedang mengtrack daily moodnya, aplikasi ini bisa digunakan sebagai mood tracker kita. Selain simpel, aplikasi ini juga cukup menarik dengan adanya tambahan icon gambar yang lucu.


5. GOOD BUDGET


Gak cuma Mood yang bisa ditracker, masalah keuanganpun harus diperhatikan. Salah satu aplikasi favorite saya adalah Good Budget. 

Aplikasi ini penunjang metode envelope system. Cara kerjanya serupa dengan envelope system yang kita pakai hanya saja ini bersifat digital.

6. BLOGGERID


Buat yang hobby ngeblog di Blogger tapi gak sempet pegang laptop, dengan aplikasi ini kalian tetap bisa mengupdate blognya dimanapun dan kapanpun.

Simple, praktis dan uptodate. Meski begitu, saya lebih sreg menggunakan versi chrome saja. Hahaha.. Lebih leluasa tanpa harus bingung menyesuaikan ukuran fontnya. Setelah saya amati, ada perubahan ukuran font apabila kita publish melalui aplikasi.



7. AL QURAN INDONESIA


Sangat bermanfaat untuk Quranic Journal, selain ada ayat-ayatnya, di dalam aplikasi ini juga ada arti dan cara bacanya, serta dilengkapi dengan arti tiap katanya.

Aplikasi ini juga dilengkapi jadwal Sholat, letak kiblat secara otomatis. Ini super lengkap banget.

Kadang aplikasi ini bisa sebagai pengganti AlQuran berbentuk Mus'haf. Namun karena terinstall di Hape, manfaatkanlah dengan penuh tanggung jawab.

8. EREADER PRESTIGIO


Selain PlayBook, aplikasi untuk membaca ebook berformat Epub, kalian bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak keuntungan dibandingkan aplimasi sejenis lainnya.

Salah satu keuntungan yang saya sukai adalah bisa digunakan sebagai epub reader yang mampu mengimport buku dari sd card (ekternal memori). Tak semua aplikasi bisa melakukan hal ini. 

9. DUOLINGO


Belajar bahasa asing sambil bermain ? Tentu bisa ! Hihihi.. Saya sudah sering membahas bahkan mereview tentang aplikasi yang satu ini. Pun pernah saya membahas tentang bagaimana memadukannya dengan Bullet Journal

10. TASTY


Buat yang hobby memasak dan juga menggunakan meal plan di Bullet Journalnya, aplikasi ini cukup membantu untuk mendapatkan ide-ide masakan. Tersedia juga resep untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Komplit dech pokoknya. Hehehe..

11. WIKIHOW


Aplikasi ini cocok buat pengguna yang aktif dan mau belajar. Ada banyak artikel yang menarik tentang bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu. Sangat informatif pokoknya.

------

Nah itulah beberapa aplikasi yang menurutku sangat berguna sekali selain media sosial kita yang lain tentunya. Hehe..

Jadi sekarang journaling bisa makin lancar jaya ya.. Haha.. Gak ada lagi alasan lupa sama moment. Hihi..