Skip to main content

QURAN JOURNALING (Apa Itu ?)

hello there...
hari ini saya ingin berbagai tentang QURAN JOURNALING yang sedang saya coba ini hehe.

penasaran apa itu QURAN JOURNALING ? 

Kalo menurut versi aslinya adalah sebagai berikut :

 "There are moments in life when you read some Ayahs (verses) in the Quran, and they seem to have been revealed precisely for your needs at those moments. You have read them a hundred times before, but only now have your life experiences prepared you to understand them....Keep a Quran journal of these moments when certain verses click and become real in your life."

versi Indonesianya kurang lebih begini kali ya.

" Ada beberapa momen dalam kehidupam kita dimana saat kita membaca sebuah ayat dalam Al Quran dan membuat kita merasa begitu lega karena Ayat-Ayat tersebut merupakan penceraahan yang kita butuhkan pada saat itu. mungkin kita sudah membaca ayat itu berkali-kali tetapi baru terasa sangat berguna sekali dan memahaminya jika kita mengalami suatu peristiwa/pengalaman  tertentu. Buatlah Quran journal pada peristiwa atau pengalaman yang terjadi di kehidupan kita "

mau baca lebih lengkapnya bisa klik disini.

nah mari kita lanjutkan versi saya, hehe.



Quran Journal yang saya buat kurang lebih hampir sama seperti pengertian yang diatas, hanya saja untuk meningkatkan semangat membacanya lagi saya tambahkan lukisan bunga-bunga sebagai dekorasinya (sekalian buat menumpahkan hobby doodling juga ya). 

gak ada maksud yang bagaimana sih, yang pasti menurut saya biar terlihat lebih menarik, cantik (relatif) dan semangat aja.  (please jangan sampai gara-gara bunga ini trus muncul tuduhan penistaan agama. karena memang gak ada maksud begitu sama sekali)






bagaimana saya membuat Quran Journal ? 

Sama seperti saya membuat journal yang lainnya, hanya saja untuk Quran Journaling ini saya menggunakan buku keluaran Midori Traveler Notebook dari Traveler's company. Sebenarnya, bisa pake buku apa saja sih, gak harus pake midori juga cuma karena layout midori unik, saya jadi tertarik untuk mencobanya juga. hehe.. 

pada bagian daily pagenya, sebelumnya justru saya pake untuk menulis Surat atau Ayat dalam Al Quran, tapi hasilnya kurang maksimal. selain tulisannya Arabnya gak rapi, jadi bingung juga update daily activity-nya, jadi selanjutnya saya rubah layoutnya.





Nah, gambar dibawah ini adalah contoh gambar setelah saya ganti (switch) layoutnya. bagian yang square (kotak-kotak) saya gunakan untuk menulis cuplikan ayat Al Quran yang menginspirasi saya saat itu, dan dibagian daily pagenya saya gunakan untuk menulis/menceritakan peristiwa/pengalaman yang terjadi pada saat itu.
 


Journaling saat ini sudah menjadi hobby dan habit buat saya.. hehe. Selain sebagai Memori Keeper, journaling ini membantu saya untuk mengontrol diri dan membantu saya untuk berfikir dan bertindak lebih positif lagi. Sebelum kegiatan ini menjadi sebuah kebiasaan kegiatan saya di sosial media terutama lebih banyak mengarah ke hal yang negatif. Alhamdulliah semenjak sering memakai journal sebagai media curhat, saya lebih kreatif dan lebih sering membagikan hal yang bermanfaat buat diri sendiri ataupu orang lain (semoga). Amin.

Dan semoga dengan Quran journaling ini aspek relijious saya lebih meningkat lagi hehe.. karena sejujurnya bulan lalu aspek ini adalah aspek yang memiliki nilai terendah dibandingkan yang lainnya. sebenarnya nilai ini adalah tolak ukur yang saya buat sendiri untuk mewujudkan goal yang saya buat tiap bulannya. jadi bukan untuk mengukur kadar keimanan sesorang ya.. hehe.. (Karena hanya Tuhan yang berhak untuk melakukannya). 

baiklah.. sekian dulu postingan tentang Quran Journaling ini jika ingin tahu lebih lanjut silahkan di klik link yang diatas tadi ya. 
dan selamat mencoba. semoga kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.