7 TIPS HOW TO QURAN JOURNALING

What is Quran Journaling ?


[ewafebri.com] | 7 TIPS HOW TO QURAN JOURNALING. 

Ada banyak macam Journaling selain Bullet Journal. Ada Ideas Journal, Gratitude Journal, Morning Journal, Doodle Journal bahkan Quran Journal. Dan hari ini saya akan membahas tentang Quran Journal atau Quranic Journal. Journal yang barangkali kurang terlalu diminati dan dikenal dibandingkan Journal yang lainnya. 

QURAN JOURNAL


Sejujurnya saya terinspirasi membuat Quran Journal, karena banyak sekali di Pinterest yang membahas tentang Bible Journal. Dalam hati, " kenapa gak coba bikin yang Quran Journal ya ? ". Kemudian saya pun mencari di Google.

APA SIH QURAN JOURNALING ? 


Kalo menurut versi aslinya dalam Soundvision.com adalah sebagai berikut :

 "There are moments in life when you read some Ayahs (verses) in the Quran, and they seem to have been revealed precisely for your needs at those moments. You have read them a hundred times before, but only now have your life experiences prepared you to understand them....Keep a Quran journal of these moments when certain verses click and become real in your life."

Versi Indonesianya kurang lebih begini kali ya.

"Ada beberapa momen dalam kehidupam kita dimana saat kita membaca sebuah ayat dalam Al Quran dan membuat kita merasa begitu lega karena Ayat-Ayat tersebut merupakan penceraahan yang kita butuhkan pada saat itu. mungkin kita sudah membaca ayat itu berkali-kali tetapi baru terasa sangat berguna sekali dan memahaminya jika kita mengalami suatu peristiwa/pengalaman  tertentu. Buatlah Quran journal pada peristiwa atau pengalaman yang terjadi di kehidupan kita."

Mau baca lebih lengkapnya bisa klik di sini.

PERANAN QURAN JOURNALING UNTUK EWAFEBRI


Quran Journal yang saya buat mengandung pengertian yang sama seperti yang disebutkan oleh Soundvision. Berfungsi sebagai terapi dan refleksi diri

Saya menggunakan ayat-ayat dalam Al Quran yang sesuai dengan kejadian yang saya alami, dan menjadikannya petunjuk dalam kehidupan jika mengalami hal yang sama. Tak jarang saya juga mereview kejadian yang saya alami, dan berusaha  memperbaiki untuk kehidupan selanjutnya.


Quranic Journal Definition


Misalnya, hari ini ada kejadian yang membuat hati saya membuncah gara-gara hal yang disebabkan oleh orang lain. Dalam keadaan tersebut saya akan mencari ayat-ayat Al Quran yang sesuai dengan yang saya rasakan. Ayat yang menerangkan kesabaran. Ayat yang berhubungan dengan meredam amarah, dll.


Ewa and Bowgel


Saya menambahkan dekorasi atau hiasan seperti bunga-bunga pada halaman yang ingin saya gunakan. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca di kemudian hari,  dan supaya journal saya tidak terlihat membosankan. 

Gak punya maksud apa-apa,  saya hanya berfikir dengan adanya tambahan dekorasi ini biar terlihat lebih menarik, cantik (relatif) dan semangat aja. Plus membuat orang tertarik untuk mencobanya. 

Please jangan sampai gara-gara bunga ini trus muncul tuduhan penistaan agama, karena memang gak ada maksud begitu sama sekali. Lagipula saya melakukannya di Buku Midori, bukan corat coret langsung di atas Al Qurannya. 


QURAN JOURNALING SPREAD IDEAS


CARA MEMBUAT QURAN JOURNAL


Membuat Quran Journal itu gak sulit. Yang sulit mempertahankan konsistensinya. Hihi.. Sama halnya seperti kita membuat postingan Blog. Konsistensi adalah kunci. Sebagai peringatan, bahwa Quran Journal ini bukanlah tafsir ya Gaes. Tapi ini adalah curhatan tentang diri kita, dan bagaimana curhatan tersebut menurut Ayat-ayat  Al Quran.

Bagaimana saya membuat Quran Journal ? 7 Tips berikut ini bisa membantumu :


  • Siapkan Buku Khusus untuk Quran Journaling. Bentuknya bisa apa saja. Bisa menggunakan yang bergaris, polos, kotak-kotak,  atau dotted ala Bullet Journal.
  • Bagi 2 halaman, gunakan halaman kanan dan kiri. Bagian kiri bisa kita gunakan sebagai moment atau kejadian yang sedang kita hadapi. Sementara sisi selanjutnya adalah untuk menuliskan kejadian yang menimpa kita. 




  • Atau kalian juga bisa bebas menulis atau memenuhi halaman tersebut, sesuaikan saja dengan keinginannya. Misalnya, habis curhat kejadian, trus mengutip ayat petunjuknya. 


How To Quran Journaling


  • Jangan sertakan nama seseorang yang bersangkutan dengan kejadian. Gak asyik kan kalo mendadak kebaca orang lain journalnya. Hihi.. 
  • Carilah ilmu pendukung lainnya, tak hanya tulisan dan artinya tapi juga pemahaman yang ada pada ayat tersebut.
  • Kalian juga bisa melengkapinya dengan bacaan doa yang sesuai dengan kejadian tersebut. 
  • Atau kalian juga bisa membahas tentang ilmu bahasanya, cara pengucapan yang benar dll.


Ewafebri's Quranic Journal layout


Journaling saat ini sudah menjadi hobby dan habit buat saya. Selain sebagai Memori Keeper, journaling ini membantu saya untuk mengontrol diri dan membantu saya untuk berfikir dan bertindak lebih positif lagi. 

Sebelum kegiatan ini menjadi sebuah kebiasaan, aktivitas saya di sosial media lebih banyak mengarah ke hal yang negatif. Alhamdulliah semenjak sering memakai Journal sebagai media curhat, saya lebih kreatif dan lebih sering membagikan hal yang bermanfaat buat diri sendiri ataupun orang lain (semoga). Amin.

KESIMPULAN



Quran Journaling For Study


Dan semoga dengan Quran Journaling ini aspek relijius saya bisa lebih meningkat lagi hehe.. karena sejujurnya bulan lalu aspek ini adalah aspek yang memiliki nilai terendah dibandingkan yang lainnya. 

Sebenarnya nilai ini adalah tolak ukur yang saya buat sendiri untuk mewujudkan goal yang saya buat tiap bulannya. Jadi bukan untuk mengukur kadar keimanan sesorang ya.. hehe.. (Karena hanya Tuhan yang berhak untuk melakukannya). 

Baiklah.. Sekian dulu postingan tentang Quran Journaling ini, jika kalian ingin tahu lebih lanjut silahkan di klik link yang di atas tadi ya. 

Selamat mencoba. semoga kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.