Skip to main content

TUTORIAL DIY HARRY POTTER THEME (CHARM DEATHLY HOLLOW)

haloo.. apa kabar semua.. ? hehe..

beberapa waktu lalu saya posting di instagram tentang charm deathly hollow buatan sendiri, dan kerena ada yang meminta tutorialnya, saya coba buat dengan step sesederhana dan sejelas yang saya bisa ya ? hihi..

yuk.. mari kita mulai saja..

peralatan yang diperlukan itu gak banyak, cukup pakai wire/kawat atau paperclip dan alat bantu berupa tang dan juga pulpen/spidol untuk membentuk lingkaran. saya memakai tang ukuran kecil dan memang biasa dipakai buat craft . karena saya gak punya kawat seukuran yang saya mau, saya pakai bahan dari paperclip saja deh, hehe.. jadi semacam paperclip hack begitu deh. hehe..



jika bahan sudah tersedia mari lanjut step 1

STEP 1

luruskan paperclip seperti contoh gambar dibawah ini :

akan lebih baik lagi kalo hasilnya lurus sekali, hihi.. berhubung saya gak bisa lurus, saya mengawalinya dengan bentuk seperti ini saja, hahaha..






STEP 2

Dengan bantuan tang kita bentuk paperclip seperti gambar dibawah ini :








dan hasilnya akan terlihat seperti ini :







mari lanjut ke step berikutnya, hehehe..

STEP 3

dengan bantuan tang kita buat sudut pertama seperti contoh gambar dibawah ini :

STEP 4

Dengan bantuan ujung pulpen kita buat lingkaran seperti gambar dibawah ini , pastikan paperclip melilit ujung pulpen supaya lingkaran yang dihasilkan bulat.








STEP 5

setelah berhasil membuat lingkaran seperti diatas , kita lanjut ke step selanjutnya. sejujurnya, saat membuat lingkaran itu saya butuh trial beberapa kali supaya hasilnya sesuai dengan yang saya inginkan, jadi kalo seandainya nanti percobaan sekali gagal, jangan menyerah ya.. ! tetap semangat ! hihi..

step 5 ini kini kita membuat sudut kedua , langkahnya sama seperti cara membuat sudut ke 1 . dengan bantuan tang , kita tarik ujung paperclip yang panjang ke atas, dan bertemu dengan ujung paperclip lainnya.

hasilnya seperti gambar dibawah ini :


STEP 6

step ke 6 adalah membuat tekukkan ke bawah, seperti contoh gambar. caranya, sisa paperclip sudut kedua kita letakkan dibawah sisa paperclip sudut 1 , lalu kunci sisa paperclip sudut pertama dengan menarik sisa paperclip sudut kedua ke bawah.
hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :








STEP 7

step ke 7 , setelah posisi ujung paperclip ke 2 berada dibawah, seperti gambar diatas, kita tarik kembati sisa paperclip ke atas dengan cara membengkokan ke belakang sehingga mengunci bagian bawah paperclip.
gambar diwah ini adalah contoh namapk samping setelah ujung paperclip ditarik ke atas lagi.



STEP 8

Step selanjutnya kita membuat lingkaran  yang nantinya berfungsi sebagai pengait. untuk bagian ini memang agak tricky, hihi, tapi percayalah, denagn semangat luar biasa pasti akan berhasil, sebelum bisa membuat lingakaran ini, saya gagal berkali-kali. hihi...



STEP 9

Nah, step ini adalah step tersulit menurut saya , apalagi kalo sisa paperclip sedikit huhuhu.. tips melilitkan sisa paperclip sudut 1 adalah dengan bantuan 2 tang. tang 1 kita pakai di sebelah tangan kiri untuk menahan supaya paperclip mudah dililit ke bagian bawahnya, tang kedua membatu kita untuk melilit sisa paperclip. karena, setelah saya mencoba melilitnya hanya dengan menggunakan ujung jari, paperclip sulit dibengkokkan. mungkin karena jari saya kurang kuat. hehehe..




DAN...

Taraaaaa...

DEATHLY HOLLOW kita sudah jadi. hehe..


gampang-gampang susah ya.. ? hahaha..
kalo ufah jadi charm begini, kita bisa memakainya menjadi bookmarker, gelang, charm kalung, atau yang lainnya. hehhe.. 








Tinggal menambahkan tali panjang dan pengait paperclip, jadi bookmareker deh, hehehe..


'
ataupun kita bisa jadikan gelang seperti contoh diatas. hihi..
maaf ya kalo hasilnya kurang memuaskan, haha.. maklum saya orang yang kurang rapi kalo membuat sesuatu, hihi. tapi saya yakin hasil kalian pasti akan lebih bagus dari punya saya. hihi..

selamat mencoba..

original tutorial DIY nya bisa dilihat disini .

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.