Skip to main content

YOU NEED A BUDGET, SALAH SATU SOLUSI MASALAH KEUANGAN


Helloo..

Buat yang lagi nunggu informasi tentang you need a budget sistem, inilah saatnya, hehe..

Saya akan mencoba membahas apa itu YNAB sesederhana mungkin. Hihi.. 

YOU NEED A BUDGET SYSTEM itu pertama kali di ciptakan oleh jesse. (Untuk yang mau  download dan baca versi aslinya silahkan klik link YNAB. Pertama kali saya mencoba sistem ini kurang lebih awal tahun ini , saat itu saya mencoba untuk mencari cara bagaimana mengelola keuangan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan saya. 
buat yang selalu punya masalah dan stress tentang keuangan, ada baiknya mencoba menggunakan sistem ini.




Hampir semua hasil browsing mengatakan bahwa, merencanakan keuangan paling tepat adalah dengan sistem budget. Dari beberapa hasil browsing tips dan trik budgetingpun saya coba tapi rasanya tetap kurang maksimal. Sampai akhirnya saya membaca tentang YNAB ini di blog bohoberry. Dan saya tertarik untuk mencobanya. Awalnya saya mengira bahwa YNAB itu sama seperti sistem budget yang direkomendasikan pakar keuangan. 50% untuk biaya hidup, 30% untuk menabung, 10% untuk disumbangkan. Dan sebagainya. Ternyata YNAB lebih detail dari itu. 

Dalam #ynab ada 4 faktor penting yang harus diperhatikan.

1. GIVE A DOLLAR JOB. 

Dalam hal ini, setiap uang yang kita miliki harus kita kontrol penggunaanya, bukan uang yang mengontrol kita.
bagaimana caranya ?  buatlah kategori se-spesifik mungkin untuk membantu kita membagi tugas uang dalam posnya masing-masing. Utamakan pada pos yang wajib kita penuhi seperti sewa rumah, bayar kartu kredit, bayar listrik, handphone, kesehatan, makanan dll. Tapi jangan lupa juga untuk tetap mamasukkan budget untuk hal-hal yang sifatnya sekunder, misalnya beli baju, entertainment, buat gift dll.
Bagi uang ke dalam kategori-kategori yang sudah kita siapkan. , ingat pastikan jangan sampai melebihi pendapatan kita ya.. ? berbahaya... ! 

2. SAVE FOR RAINY DAY 

Setelah kita menempatkan uang pada masing-masing kategori , jangan lupa untuk membuat sebuah kategori lain sebagai emergency fund. Misal, dalam 6 bulan kedepan ada tagihan besar yang menanti, seperti harus membayar uang semester kuliah/sekolah. Kita bisa memasukkan budget pembayaran 6 bulan sebelumnya. Kalo jumlah pembayaran Rp. 600.000 , kita menambahkan ketegori emergency fund setiap bulannya Rp. 100.000. dengan begitu pada saat jatuh tempo pembayaran, kita tidak terlalu berat membayarnya, dan tidak mengganggu pos-pos budget yang lainnya. Dan seandainya, uang tersebut kita tidak gunakan, kita bisa menggunakannya untuk sesuatu yang sifatnya dadakan, seperti memperbaiki motor, rumah atau yang lainnya.

3. ROLL WITH THE PUNCHES. 

YNAB sifatnya sangat fleksible. Jika kita merasa overspend (melebihi batas) penggunaan pada salah satu pos (budget), kita bisa meminjam pada budget lainnya. Tapi ingat MEMINJAM ..! misal, budget makan malam/hangout melebihi budget yang kita tentukan, kita bisa memijam budget yang tidak digunakan bulan itu , misalnya : budget beli baju. Tapi jangan lupa bulan depan kita harus membayar kembali/mengembalikan uang yang kita pinjam pada tempatnya semula, itu artinya budget makan malam/hangout lenih sedikit dari seharusnya. Karena kita tempatkan kembali pada budget baju. 

4. LIVE ON THE LAST MONTH’S INCOME.

Aturan ke empat ini bisa jalan dengan mulus kalo kita memang sudah bisa menjalankan aturan 1 sampai dengan 3 dengan disiplin dan benar, percaya atau tidak saya bisa menyisihkan Rp. 500.000  (selain tabungan) hasil dari yang aturan nomor 2 yang tidak saya gunakan untuk apa2. 

Horeee... akhirnya saya bisa menabung. Hihi.. mungkin dalam kurun waktu satu tahun, kita bisa menggunakan hasil pendapatan bulan lalu sebagai biaya hidup untuk bulan ini. Siapa tahu, iya kan. Tujuan dari aturan ke-empat adalah. Kita menggunakan pendapatan bulan lalu sebagai sumebr pengeluaran bulan ini. Jadi paling tidak, kita masih memiliki 1 pendapatan utuh yang tersimpan di akun/tabungan kita. Apalagi jika kita bisa menggunakan uang kita sebijak mungkin, bukan tidak mungkin kita bisa keliling dunia. Haha..

Kunci utama kesuksesan ini adalah DISIPLIN , tentu saja. Kalo kita membuat aturan tapi kemudian kita sendiri yang melanggarnya , ya sama saja. Hihi..
Dan , karena kebutuhan hidup yang selalu berubah-ubah tentu saja setiap budgetpun nilainya bisa berubah-ubah sesuai kenginan kita. Paling tidak kita bisa tahu kemana  saja uang ini harus digunakan. 

Daripada kita bingung mencari dimana uang-uang kita pergi, mending kita sendiri yang menentukan kemana uang-uang ini harus pergi, iya kan ? hihi..

Sistem ini memang manfaatnya tidak langsung terasa, minimal 5 bulan setelah menggunakannya baru terasa manfaatnya. Tapi menurut saya sistem ini sangat membantu saya untuk mengelola keuangan. 

Jika masih bingung dengan bagaimana cara membuat kategorinya , YNAB ada free trial 39 hari untuk softwarenya. Tinggal browsing ke webnya. Atau di youtube juga banyak tutorialnya.

Saya mengadaptasi sistem ini ke bullet journal (secara manual) karena, agak pusing kalo harus buka laptop setiap hari , jadi saya tinggal mencatat secara manual ke dalam buku catatan saya , sebenarnya YNAB ini tersedia juga dalam bentuk aplikasi smartphone berbasis android dan juga iphone. Sayangnya tidak ada untuk windows phone. Karena itu untuk membantu mengkontrol sistem ini saya juga memerlukan bantuan digital selain manual. Saya menggunakan BUDGET PRO sebagai aplikasi smartphone, supaya mudah mentracking keuangan saya. Bisa didownload di windows store bagi pengguna windowsphone.

and you can also cek the free printable expense here. and also you can download it



klik download button to download it

worksheet diatas bisa di edit sesuai kebutuhan sebelum di print. jadi isinya tidak harus sama seperti yang saya buat. tersedia ukuran A5 dan A4. 

Selamat mencoba.

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..