Tuesday, March 01, 2016

BULLET JOURNAL : PERENCANAAN KEUANGAN ALA ANAK KOST.

Mengawali bulan maret ini, gak ada salahnya kalo gw mulai aktif bikin blog ya.. ?
Ya paling tidak seminggu sekali aja update blognya, hehee..
Selain supaya blog ini tetep hidup, gw juga pingin sharing pengalaman aja, terutama tentang hal-hal baru yang sedang gw pelajari atau gandrungi.

Seperti yang akan gw bahas hari ini.

Masih ingat tentang bullet journal yang gw posting beberapa hari lalu kan.. ? Nah ini lanjutannya sih.

Setelah sebulan mengunakan sistem bullet journal (terlalu dini menyimpulkan sebenarnya, tp gak apa-apa kalo buat catatan kecil gw.)
Gw mulai memahami sistemnya sedikit demi sedikit.
Bullet journal ini memang sistem perencanaan yang fleksible (bisa ditambah dan dikurangi) sesuai kebutuhan kita. Tak hanya sekedar reminder untuk to do list semata, tapi juga bisa digunakan untuk perencanaan keuangan (kalo punyaku masih dalan perencanaan kecil) karena hanya untuk personal aja, perencanaan project baru dan lain sebagainya.

Nah, untuk bulan Maret mendatang , gw pingin menambahkan perencanaan keuangan dalam sistem bullet journal gw.

Sepert ini contohnya..

Gambar di atas adalah contoh montly tracker untuk penggunaan uang, berhubung gw bermasalah dengan masalah keuangan , gw ingin mencoba sistem ini untuk bulan maret.
Amplop yang berwarna biru itu adalah tempat uang (budget) makanan dalam sebulan.
Karena gw anak kost , (yang jarang makan (entah karena pelit atau emang gak mau keluar banyak duit, hiihii..) gw perkiraan setiap hari gw mengeluarkan uang 15.000, kalo hari itu uang tidak terpakai maka uang bisa masuk ke tabunga kecil2an.

Setelah gw pikir-pikir , gw memerlukan apa yang disebut emergency fund , atau uang jaga-jaga. Hihihi.. Gw buat setiap minggunya gw harus menyimpan uang 100 rb.

Kalo gambar diatas adalah tabungan yang gw lagi coba untuk gw sisihkan setiap hari. Minimal 1000 , plus gw kasih tracker, biar seru.. Hehee..

Selain tentang perencanaan keuangan, sistem bullet ini juga bisa buat mngembangkan ide tanpa harus bingung nyisipin kemana , karena ada index yang membantu user untuk mencari dimana letak ide-ide kita itu. Contohnya, seperti berikut

Lumayan asyik ternyata sistemnya, karena sifatnya yang fleksibel jadi kita bisa kotak-katik sesuai keinginan kita.

Hihi..

Baiklah..


Selamat bereksperimen.. !

No comments:

ewafebri newsletter