Skip to main content

BULLET JOURNAL : PERENCANAAN KEUANGAN ALA ANAK KOST.

Mengawali bulan maret ini, gak ada salahnya kalo gw mulai aktif bikin blog ya.. ?
Ya paling tidak seminggu sekali aja update blognya, hehee..
Selain supaya blog ini tetep hidup, gw juga pingin sharing pengalaman aja, terutama tentang hal-hal baru yang sedang gw pelajari atau gandrungi.

Seperti yang akan gw bahas hari ini.

Masih ingat tentang bullet journal yang gw posting beberapa hari lalu kan.. ? Nah ini lanjutannya sih.

Setelah sebulan mengunakan sistem bullet journal (terlalu dini menyimpulkan sebenarnya, tp gak apa-apa kalo buat catatan kecil gw.)
Gw mulai memahami sistemnya sedikit demi sedikit.
Bullet journal ini memang sistem perencanaan yang fleksible (bisa ditambah dan dikurangi) sesuai kebutuhan kita. Tak hanya sekedar reminder untuk to do list semata, tapi juga bisa digunakan untuk perencanaan keuangan (kalo punyaku masih dalan perencanaan kecil) karena hanya untuk personal aja, perencanaan project baru dan lain sebagainya.

Nah, untuk bulan Maret mendatang , gw pingin menambahkan perencanaan keuangan dalam sistem bullet journal gw.

Sepert ini contohnya..

Gambar di atas adalah contoh montly tracker untuk penggunaan uang, berhubung gw bermasalah dengan masalah keuangan , gw ingin mencoba sistem ini untuk bulan maret.
Amplop yang berwarna biru itu adalah tempat uang (budget) makanan dalam sebulan.
Karena gw anak kost , (yang jarang makan (entah karena pelit atau emang gak mau keluar banyak duit, hiihii..) gw perkiraan setiap hari gw mengeluarkan uang 15.000, kalo hari itu uang tidak terpakai maka uang bisa masuk ke tabunga kecil2an.

Setelah gw pikir-pikir , gw memerlukan apa yang disebut emergency fund , atau uang jaga-jaga. Hihihi.. Gw buat setiap minggunya gw harus menyimpan uang 100 rb.

Kalo gambar diatas adalah tabungan yang gw lagi coba untuk gw sisihkan setiap hari. Minimal 1000 , plus gw kasih tracker, biar seru.. Hehee..

Selain tentang perencanaan keuangan, sistem bullet ini juga bisa buat mngembangkan ide tanpa harus bingung nyisipin kemana , karena ada index yang membantu user untuk mencari dimana letak ide-ide kita itu. Contohnya, seperti berikut

Lumayan asyik ternyata sistemnya, karena sifatnya yang fleksibel jadi kita bisa kotak-katik sesuai keinginan kita.

Hihi..

Baiklah..


Selamat bereksperimen.. !

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.