Skip to main content

KARTINI VS KARTONO... ???







R.A. KARTINI ... Siapakah beliau... ?

Ada baiknya membaca informasi berikut ini KARTINI . hihi.. males ngejelasinnya. trus kenapa juga musti ngeposting blog tentang kartini..?
alasan pertama : karena sudah lama gak pernah update blog gw yang cantik ini.
alasan kedua : momentnya pas aja.
alasan ketiga : karena pingin ngeluarin unek-unek yang ada dikepala.

Setiap kali ada peringatan Kartini selalu ada perdebatan tentang emansipasi wanita, kepahlawanannya, kesetaraan derajat, atau apalah itu.
terutama cibiran-cibiran dari kaum Adam, yang seolah-olah tak pernah rela akan adanya atribut "kesetaraannya" terambil.

Banyak pendapat yang menurutku sedikit menggelitik tentang kesetaraan derajat ini.

"mana bisa wanita ganti genteng kalo ada yang pecah.. ?"
"mana bisa wanita menggantikan kedudukan laki-laki..?"
"mana bisa wanita melakukan pekerjaan laki-laki.. ?"

dan.. "mana bisa ...?" yang lainnya.

entah kenapa menurut pengamatan gw, kalimat-kalimat itu adalah cibiran-cibiran yang diperuntukkan untuk kaum perempuan.  terdengar melecehkan.
dan memang benar bahwa perempuan itu tidak akan pernah bisa untuk menggantikan kedudukan seorang pria bagaimanapun caranya.
Seberapapun usaha besar wanita untuk bisa menyamai laki-laki akan selalu ada batas yang memang sudah digariskan sebagai kodrat dari wanita.
meskipun begitu, bukankah setidaknya perempuan diberi kesempatan untuk mendapatkan hak-hak politik dan pendidikan seperti yang diperoleh kaum laki-laki.

dan bukankah sejatinya kata emansipasi itu berarti pembebasan dari perbudakan, dan / atau persamaan hak diberbagai aspek kehidupan bermasyarakat. seperti juga hak yang dimiliki manusia sejak lahir. hak beragama, hak menyatakan pendapat, hak berpolitik, hak mendapatkan pendidikan. yang mana pada masa kartini tumbuh menjadi wanita dewasa, hak-hak tersebut tak dapat dirasakan oleh wanita pada umumnya.

oleh karena itu, kartini membantu perempuan-perempuan Indonesia untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan caranya sendiri. meskipun begitu kartini bukanlah satu-satunya tokoh wanita yang berjuang untuk membantu perempuan-perempuan Indonesia menjadi lebih baik.

konteks emansipasi sendiri tetap memiliki batas pada kesempatan dan hak-hak yang (hampir) sama bukan sebagai hal yang menggantikan peran dan tugas laki-laki. meskipun ada beberapa aspek dimana wanita juga bisa menggantikan peran laki-laki.
yang perlu diingat adalah, ada juga beberapa hal yang mutlak hanya laki-laki saja yang mampu melakukannya.

jadi alangkah baiknya, jika pria dan wanita bekerja sama dan menghormati satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat untuk hidup yang lebih baik dan berkualitas tentunya.

no more war about the gender issue.. don't you think.. ?

entahlah.. selama kalimat-kalimat "mana bisa perempuan bla..bla.." dengan konotosi negatif masih ada, maka, akan selalu ada pula semangat kartini-kartini lain untuk berjuang membuktikannya..


Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.